Info Sehat

Meski Terkadang Tidak Serius, Ini Beberapa Penyebab Kuku Bergelombang yang Perlu Kamu Ketahui

February 4, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Penyebab kuku bergelombang kebanyakan tidak berbahaya. Tapi jangan anggap remeh, munculnya fenomena ini justru menunjukkan padamu kalau tubuh sedang tidak baik-baik saja.

Kuku bergelombang merupakan kondisi abnormal yang terjadi di kuku dan bisa terjadi secara vertikal ataupun horizontal. Secara umum, kelainan ini bisa terjadi pada salah satu atau kedua tangan.

Apa saja penyebab kuku bergelombang?

Kuku terbentuk dari sel kulit yang hidup di jari. Jadi beberapa masalah pada kulit seperti eksim dapat menjadi penyebab kuku bergelombang. Kulit yang kering pun terkadang bisa memicu kondisi ini. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab kuku bergelombang berdasarkan tipenya:

Penyebab kuku bergelombang secara vertikal

Seperti kulit yang bisa menunjukkan tanda-tanda penuaan, kuku dan alas kuku pun juga bisa berubah karena penuaan. Beberapa perubahan yang bisa terjadi pada kuku adalah:

  • Menjadi tebal atau menipis
  • Kehilangan bentuknya yang halus
  • Menjadi pecah
  • Terbentuk celah
  • Mudah patah

Selain itu, penuaan pun bisa menimbulkan gelombang vertikal pada kuku. Bentuk gelombangnya memanjang dari ujung jari hingga ke bagian bawah kuku.

Kondisi ini biasanya bukan satu hal yang mengkhawatirkan. Tapi, kamu bisa pergi ke dermatologist jika timbul gejala yang membuat tidak nyaman seperti nyeri atau kuku yang tidak sedap dipandang.

Penyebab lainnya

Penyebab lain kuku yang bergelombang vertikal biasanya juga akan menimbulkan gejala lain. Misalkan pada penderita anemia, gelombang di jari yang timbul biasanya diikuti dengan perubahan warna atau tekstur dari kuku.

Selain itu, ada juga splinter hemorrhage atau perdarahan yang terpecah. Kondisi ini biasanya menimbulkan pembekuan darah berukuran kecil dan menciptakan bercak vertikal di bawah kuku.

Beberapa kelainan kesehatan lain yang dapat menyebabkan gelombang vertikal timbul di kuku adalah:

Penyebab kuku bergelombang horizontal

Garis kuku yang bergelombang secara horizontal disebut dengan beau. Gelombang ini biasanya terlihat dalam dengan banyak garis.

Kuku yang bergelombang secara horizontal biasanya merupakan pertanda masalah kesehatan. Pada beberapa kasus, kuku akan berhenti tumbuh sampai penyebabnya berhasil diatasi.

Beberapa penyebab kuku yang bergelombang secara horizontal adalah:

  • Penyakit ginjal akut
  • Diabetes
  • Penyakit tiroid

Pada pasien kemoterapi, biasanya garis beau ini juga dapat muncul di kuku mereka. Penyakit gondok dan sifilis juga bisa memunculkan gelombang di kuku jari tangan dan kaki, lho!

Penyebab dan gejala lain

Situs kesehatan MedicalNewsToday menyebut penderita psoriasis juga bisa mengalami masalah dengan kuku dan bantalan kuku mereka. Psoriasis sendiri merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan sel tumbuh dengan cepat di kulit.

Selain itu, penyakit kulit lain seperti eksim pun bisa menimbulkan gelombang dan warna belang di kuku beserta dengan gejala lain di kulit.

Dilansir laman MedicalNewsToday, berikut ini beberapa penyebab dan gejala lain dari kuku bergelombang:

Masalah pencernaan

Masalah pencernaan yang memengaruhi penyerapan nutrisi juga bisa berpengaruh pada kulit, lho! Contoh-contoh kelainan yang membuat tubuh kesulitan menyerap nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi adalah:

  • Penyakit Chron
  • Penyakit celiac
  • Ulcerative colitis

Nutrisi yang kurang dan tubuh yang tidak bisa membuat sel baru karena kelainan-kelaianan tersebut pada akhirnya akan berpengaruh pada kulit dan kuku.

Cedera

Gelombang di kuku juga bisa timbul karena adanya cedera. Beberapa kecelakaan seperti menjatuhkan buku ke kuku jari dapat menimbulkan ruam di bawah kuku dan bisa merubah bentuknya secara temporer.

Ruam dapat menimbulkan bintik cokelat di bawah kuku. Kondisi ini bisa hilang secara perlahan karena sel mulai sembuh dan kuku pun tumbuh.

Jika belang-belang ini muncul tanpa adanya cedera atau kecelakaan di kuku, bisa jadi ini disebabkan oleh hal-hal yang lebih serius. Warna cokelat gelap, ungu atau bintik merah di bawah kuku bisa jadi satu masalah serius seperti melanoma atau endocarditis.

Demikianlah berbagai penyebab kuku bergelombang yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kesehatan dan perhatikan tanda penyakit yang muncul di tubuh, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. MedicalNewsToday, diakses 31 Januari 2021. Ridges in fingernails: Types, causes, and treatment
  2. Healthline, diakses 31 Januari 2021. Ridges in Fingernails: Symptoms, Causes, and Treatments
  3. MedicalNewsToday, diakses 31 Januari 2021. Psoriasis: Symptoms, types, and treatment
    Berita Terkait
    register-docotr