Info Sehat

Bukan Cuma COVID-19, Berikut 4 Daftar Penyakit Akibat Serangan Virus

September 29, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

COVID-19 boleh jadi adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang penularannya sangat tinggi. Meskipun demikian, masih ada beberapa penyakit menular karena virus lain yang juga mesti kamu waspadai, lho.

Kementerian Kesehatan sendiri memang menyatakan kalau tren penyakit di Indonesia masih didominasi oleh penyakit tidak menular sebesar 69,91 persen. Namun, bukan berarti penyakit menular, termasuk yang disebabkan oleh virus boleh dianggap enteng.

Penyakit yang disebabkan oleh virus

Setiap penyakit yang disebabkan oleh virus adalah penyakit menular. Penularan yang disebabkan oleh virus terjadi melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi, lewat udara maupun dengan gigitan hewan seperti nyamuk atau anjing. 

Untuk lebih jelasnya, ini empat penyakit yang disebabkan oleh virus:

1. Penyakit flu

Kamu tentu pernah menderita flu, kan? Flu merupakan penyakit paling sering dialami oleh semua orang karena muncul di saat musim-musim tertentu seperti pancaroba. 

Virus influenza ini menyebar melalui droplet yang keluar dari mulut atau hidung dan masuk ke tubuh orang lain. Pada saat itulah virus akan mulai berkembang di dalam tubuh.

Gejala dari penyakit flu muncul dengan sangat cepat. Antara lain:

  • Letih
  • Badan terasa sakit dan kedinginan
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Demam

Untuk menyembuhkan penyakit ini, kamu bisa pakai obat yang dapat dibeli tanpa resep seperti dekongestan. Kamu pun dapat mendatangi dokter untuk diperiksa dan diberikan resep obat saat terkena flu.

2. Demam berdarah

Penyakit demam berdarah masih menjadi momok di Indonesia. Hingga bulan Juli tahun 2020 saja Kementerian Kesehatan mencatat 71.633 kasus telah terjadi sejak Januari.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat penyakit demam berdarah ini mengalami kenaikan di seluruh dunia selama beberapa dekade terakhir. Sekitar 100-400 juta kejadian selalu terjadi setiap tahunnya.

Saat ini belum ada penanganan spesifik untuk penyakit yang disebabkan oleh virus DENGUE ini. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah mencegah nyamuk aedes aegypti yang membawa virus ini berkembang biak.

Berikut ini adalah gejala dari demam berdarah yang harus kamu waspadai:

  • Demam tinggi, bisa mencapai 40 derajat celsius
  • Sakit kepala berat
  • Nyeri di belakang mata
  • Nyeri di otot dan persendian
  • Mual
  • Muntah
  • Pembengkakan kelenjar
  • Ruam merah di permukaan kulit

3. HIV dan AIDS

HIV (human immunodeficiency virus) merupakan jenis virus yang menyerang sistem imun tubuh. Jika HIV tidak ditangani, maka dapat menyebabkan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) sehingga tubuh terlalu lemah untuk melawan infeksi penyakit.

HIV ditularkan melalui cairan tubuh, di antaranya darah, semen, cairan vagian dan rektal serta ASI. Penanganan dengan obat antiretrovirus dapat mencegah berkembangnya AIDS di dalam tubuh, sayangnya saat ini belum ada obat untuk mengatasi AIDS.

Untuk mencegah penyakit ini, kamu harus membiasakan diri untuk melakukan hubungan seksual yang aman dengan kondom serta biasakan jangan berbagi jarum suntik untuk keperluan apapun.

4. Herpes

Ada dua jenis herpes yang umum terjadi, yaitu herpes oral dan genital yang disebabkan oleh dua jenis virus berbeda. Pada herpes oral, penyebabnya adalah herpes simplex virus (HSV)-1, sementara HSV-2 menyebabkan herpes genital.

Saat kamu terkena penyakit ini, maka virus tersebut akan selamanya ada di dalam tubuh kamu. Saat ini belum ada obat untuk mengatasi penyakit ini.

Meskipun demikian, penanganan yang dilakukan untuk penyakit ini berfokus untuk meringankan gejala atau mengurangi periode timbulnya penyakit ini. WHO mencatat setidaknya 67 persen penduduk dunia terinfeksi HSV-1 sementara HSV-2 dialami oleh 13 persen populasi dunia.

Demikianlah beberapa jenis penyakit karena virus yang umum terjadi. Selalu waspada terhadap segala penyakit, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019) diakses 28 September 2020. Penyakit Menular Masih Jadi Perhatian Pemerintah
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2020) diakses 28 September 2020. Hingga Juli, Kasus DBD di Indonesia Capai 71 Ribu
  3. Healthline (2020) diakses 28 September 2020. Early Flu Symptoms
  4. WHO (2020) diakses 28 September 2020. Dengue and severe dengue
  5. Healthline (2018) diakses 28 September 2020. A Comprehensive Guide to HIV and AIDS
  6. CDC (2020) diakses 28 September 2020. About HIV
  7. MedicalNewsToday (2020) diakses 28 September 2020. Symptoms, causes, and treatment of Herpes
  8. WHO (2020) diakses 28 September 2020. Herpes simplex virus

 

    Berita Terkait
    register-docotr