Info Sehat

Pembalut Sebaiknya Dicuci Dulu atau Langsung Dibuang? Ini Jawabannya!

April 10, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Baru-baru ramai diperbincangkan di media sosial tentang kebiasaan mencuci pembalut terlebih dahulu atau langsung membuangnya saja. Sebagian ada yang langsung membuangnya dan sebagian lagi beranggapan bahwa mencucinya terlebih dahulu adalah hal yang tepat. 

Apa itu pembalut? 

Pembalut adalah bantalan berbentuk persegi panjang yang dikenakan di antara vulva dan pakaian dalam. Kebanyakan pembalut dilengkapi dengan petunjuk penggunaan yang mudah diikuti.

Dalam kebanyakan kasus, pembalut memiliki perekat yang menempel pada celana dalam, sementara yang lain memiliki sayap yang membungkus di bawah celana untuk menjaga agar posisinya tetap di tempatnya. Pembalut biasanya diganti setiap 4 hingga 8 jam agar tidak terlalu basah.

Apakah pembalut lebih baik dicuci dahulu atau langsung dibuang saja?

Menurut Kids Health, pembalut yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia, adalah barang disposable yang artinya dapat langsung dibuang. Kamu bisa langsung membuangnya dengan dibungkus kertas atau plastik yang ramah lingkungan. 

Namun, bagi sebagian orang masih ada yang nyaman untuk mencucinya terlebih dahulu karena dianggap lebih bersih. Selain itu, mencuci darah kotor pada pembalut juga sering dikaitkan dengan hal-hal mistis yang sudah dipercayai sejak dahulu. 

Seperti penjelasan di atas, kedua kebiasaan ini diperbolehkan. Tak ada salahnya bagi kamu yang ingin langsung membuang pembalut karena memang fungsinya hanya untuk sekali pakai.

Begitu juga bagi yang ingin mencucinya terlebih dahulu, tetapi perhatikan cara mencuci yang aman agar tidak menimbulkan penyakit, ya. 

Cara membuang pembalut yang tepat dan aman

Melansir penjelasan dari laman Sofy, pembalut terbuat dari bahan yang mengharuskan kamu membuangnya dengan cara aman. Berikut ini beberapa tips aman yang bisa kamu ikuti sebelum membuang pembalut:

Gunakan penutup tangan 

Pertama dan terpenting, saat mencuci pembalut bekas, pastikan tangan tertutup dengan benar. Gunakan segala jenis penutup plastik. Kebersihan diri sendiri adalah yang terpenting. 

Bungkus pembalut dengan kantong 

Sebelum membuang pembalut, pastikan kamu sudah membungkusnya dengan plastik ramah lingkungan atau kertas. 

Buang produk di tempat sampah dan pastikan semuanya tetap higienis serta bersih. Simpan dua tempat sampah terpisah sehingga dapat membuang sampah biasa dan produk sanitasi secara terpisah.

Jangan membuang pembalut bekas ke tempat buang air karena dapat menyebabkan penyumbatan besar, meluap, dan akhirnya merusak kamar mandi.

Bersihkan tempat sampah setiap 2 hari sekali

Tujuan membersihkan tempat sampah setiap 2 hari sekali membantu mencegah bau tak sedap dan pelepasan penyakit yang ditularkan melalui udara.

Terakhir, pastikan kamu selalu cuci tangan setelah membuang pembalut bekas untuk menjaga kebersihan dan menghindari dari berbagai macam penyakit yang bisa ditularkan melalui darah kotor dalam pembalut. 

Baca juga: Pembalut Kain: Plus dan Minus Pemakaiannya yang Perlu Diketahui

Alasan harus mengganti pembalut setiap 4 hingga 8 jam sekali 

Mengganti pembalut setiap 4 hingga 8 jam sekali apalagi saat awal menstruasi merupakan kebersihan yang baik dan membantu mencegah bau tak sedap. 

Sering mengganti pembalut juga membantu mencegah kebocoran yang tidak disengaja saat kamu sedang beraktivitas. Jika menstruasi tiba-tiba menjadi lebih berat saat kamu tidak menduganya, sangat disarankan untuk mengenakan pembalut baru yang dapat menyerap aliran ekstra.

Hingga saat ini diketahui bahwa ada beberapa gadis merasa malu karena harus membawa-bawa atau mengganti pembalut di sekolah. Namun sebagai alternatif, kamu bisa mulai simpan pembalut di dalam tas rias kecil atau pouch sehingga tidak akan ada orang yang melihatnya. 

Begitu juga saat kamu akan membuka bungkus pembalut di kamar mandi, kecil kemungkinannya ada orang yang mendengarkan apa yang kamu lakukan. Dan hal ini bukanlah hal yang tabu karena setiap wanita memang diharuskan untuk mengganti pembalut saat sedang menstruasi. 

Seperti hal lain yang mungkin tampak canggung pada awalnya, mengganti pembalut di sekolah semakin mudah jika kamu mulai membiasakannya. Utamakan kebersihan dan kesehatan bagian sensitif, karena akan berdampak pada kesehatan tubuh. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Kidshealth.org (2014) diakses pada 9 April 2021. Pads and Tampons
  2. Sofy.in (2019) diakses pada 9 April 2021. Disposing of Your Hygiene Products Safely
  3. Plannedparenthood.org (2021) diakses pada 9 April 2021. How do I use tampons, pads, period underwear, and menstrual cups?
  4. Kidshealth.org (2018) diakses pada 9 April 2021. Can I Wear the Same Pad All Day?
  5. Menstrupedia.com (2021) diakses pada 9 April 2021. How to use a sanitary pad? 
    register-docotr