Info Sehat

Pantangan Sakit Tipes yang Wajib Dihindari Agar Cepat Sembuh!

April 21, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Saat menderita sakit tipes, umumnya kamu akan dianjurkan untuk istirahat total di rumah. Tetapi tidak hanya istirahat saja, namun ada beberapa pantangan sakit tipes yang harus dihindari agar bakteri tidak kembali masuk ke dalam tubuh. 

Penyebab tipes 

Melansir penjelasan dari laman Mayo Clinic, demam tifoid disebabkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhi. Bakteri ini terkait dengan bakteri yang menyebabkan salmonellosis, infeksi usus serius lainnya, tetapi keduanya tidak sama.

Kebanyakan orang di negara maju terkena bakteri tifoid saat mereka sedang bepergian. Setelah terinfeksi, mereka dapat menularkannya kepada orang lain melalui jalur fecal-oral.

Ini berarti Salmonella typhi ditularkan melalui tinja dan kadang-kadang dalam urin orang yang terinfeksi.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang telah dimasak oleh seseorang yang menderita demam tifoid dan tidak mencuci tangan dengan baik setelah menggunakan toilet, hal itu dapat membuat kamu terinfeksi.

Di negara berkembang, kebanyakan orang terinfeksi dengan meminum air yang terkontaminasi. Bakteri juga dapat menyebar melalui makanan yang terkontaminasi dan melalui kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi.

Baca juga: Apakah Tifus Bisa Kambuh Kembali Saat Puasa?

Pantangan sakit tipes

Hindari jajan sembarangan 

Perlu kamu ketahui bahwa penyakit tipes ini disebabkan karena bakteri Salmonella typhi yang umumnya terdapat pada makanan yang kebersihannya kurang dijaga. Oleh sebab itu, ketika menderita penyakit tipes penting untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Agar tetap terjaga kebersihannya, kamu bisa mengolah masakan sendiri di rumah. Dengan cara itu, tentu saja kamu dapat menjamin kebersihannya.

Jangan minum sembarangan air 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, kamu bisa terinfeksi tipes apabila mengonsumsi minuman atau makanan dari seseorang yang sedang mengalami penyakit tersebut.  

Pantangan selanjutnya jika kamu tidak ingin gejala tipes semakin parah, hindari minum air yang tidak higenis atau minum minuman milik orang lain. Sebaiknya hindari mengonsumsi air yang tidak matang seperti air keran atau air galon kemasan isi ulang eceran.

Mengonsumsi minuman yang dijual sembarang di pinggir jalan atau minum air yang tidak jelas sumbernya dari mana, bisa membuat tipes semakin parah karena berisiko terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi

Hindari beberapa makanan ini 

Seperti dilansir dari laman MedLife, ada beberapa makanan yang juga sebaiknya kamu hindari saat terinfeksi tipes. Makanan yang mungkin mengganggu pengobatan tipes meliputi:

  • Makanan berserat tinggi, seperti sereal gandum dan roti gandum dapat mengganggu sistem pencernaan karena sulit dicerna. Makanan yang kaya serat harus dihindari.
  • Makanan berminyak, seperti gorengan, mentega harus dihindari saat demam tifoid.
  • Rempah-rempah, sama seperti makanan berminyak, bumbu penyedap, dan makanan yang mengandung asam asetat dapat memperburuk peradangan di usus. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari makanan seperti cabai, lada, cabai rawit, cuka, saus pedas, saus salad, buah-buahan dan sayuran kalengan.
  • Sayuran mentah, seperti kubis, capsicum, lobak. Sayuran ini harus dihindari karena bisa menyebabkan kembung.

Jaga kebersihan dengan mencuci tangan setelah dari toilet 

Dikatakan sebelumnya bahwa penularan penyakit tipes bisa dari tinja seseorang yang telah terinfeksi. Oleh sebab itu jangan sampai lupa untuk cuci tangan setelah dan sebelum dari toilet.

Apabila Anda menyentuh dan menggunakan benda lain sehabis dari toilet, bakteri bisa berpindah ke orang sehat lainnya. Penting untuk selalu langsung cuci tangan sesudah dari toilet pakai air dan sabun demi mencegah penyebaran tipes.

Jangan lakukan aktivitas berlebihan 

Menurut Condition Health, saat terinfeksi tipes umumnya kamu akan dianjurkan untuk istirahat total sehingga cara paling tepat dengan mengambil cuti kerja atau absen sekolah agar bisa istirahat semaksimal mungkin di rumah. 

Kamu juga harus memperhatikan aktivitas yang dilakukan, pastikan tidak melakukan kegiatan terlalu berat karena dapat memperlambat proses penyembuhan tipes.

Tidur dan istirahat di rumah dapat membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak karena infeksi bakteri penyakit tipes ini. Sehingga ini dapat mempercepat pemulihan sakit tipes Anda.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org (2020) diakses pada 19 April 2021. Typhoid fever
  2. Conditions.health.qld.gov.au (2018) diakses pada 19 April 2021. Typhoid and Paratyphoid Fever
  3. Medlife.com (2019) diakses pada 19 April 2021. Foods for Typhoid: What to Eat and What to Avoid
  4. Cdc.gov (2019) diakses pada 19 April 2021. Symptoms and Treatment 
    register-docotr