Info Sehat

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Operasi Gigi Bungsu?

June 9, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Ketika ada lebih dari satu gigi dewasa yang sudah permanen terletak di sudut belakang mulut, biasanya kamu harus melakukan operasi gigi bungsu agar tidak menimbulkan infeksi.

Tindakan ini biasanya dilakukan berdasarkan keluhan dan pemeriksaan yang spesifik oleh dokter gigi. Lalu seperti apa prosedur dan persiapan operasi gigi bungsu yang benar?

Tentang operasi gigi bungsu

Dilansir Mayo Clinic, jika gigi bungsu tidak memiliki ruang untuk tumbuh (gigi bungsu impaksi) akan mengakibatkan rasa sakit, infeksi serta masalah gigi lainnya. Pencabutan gigi bungsu ini dapat dilakukan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut.

Demi mencegah potensi masalah gigi, beberapa dokter gigi dan ahli bedah mulut akan merekomendasikan pencabutan gigi bungsu.

Kamu bisa saja mengalami gigi bungsu yang tumbuh miring ke arah berbeda-beda. Tak hanya itu saja, gigi geraham bungsu juga dapat terjebak di dalam gusi.

Ketika kamu mengalami pertumbuhan gigi bungsu yang tidak semestinya dan menyebabkan rasa sakit, hal ini disebut dengan impaksi gigi. Prosedur operasi impaksi gigi geraham bungsu umumnya membutuhkan teknik yang berbeda dan lebih rumit dari cabut gigi biasa.

Baca juga : Pengen Cabut Gigi? Simak Dulu Penjelasan Ini Sebelum ke Dokter

Persiapan sebelum operasi

Walaupun gigi bungsu tumbuh miring tetapi tidak mengganggu, kemungkinan operasi sangat tidak disarankan. Namun akan melakukan pemeriksaan rutin untuk melihat perkembangan arah tumbuh gigi tersebut.

Biasanya, dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi pada impaksi gigi bungsu bila kamu mengalami infeksi atau penyakit gusi, gigi bungsu mengalami karies, hingga muncul kista atau tumor di sekitar gigi yang bermasalah.

Tak hanya itu saja persiapan lainnya sebelum melakukan operasi, ada beberapa pertanyaan penting yang sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu kepada dokter seperti:

  • Berapa banyak gigi bungsu yang harus dicabut?
  • Apa tipe anestesi yang akan diberikan?
  • Seperti apa prosedur operasinya?
  • Apa saja efek samping setelah operasi?
  • Apakah boleh operasi jika sedang mengonsumsi obat tertentu?

Selain itu kamu yang sedang dalam masa kehamilan, jangan lupa sampaikan ke dokter gigi. Diskusikan dulu tentang apakah operasi bisa dilakukan demi keamanan janin.

Biaya operasi gigi bungsu

Impaksi gigi bungsu memang sebuah kasus yang cukup kompleks dan memerlukan prosedur operasi. Tak hanya sekadar beberapa persiapan di atas kamu juga perlu mempersiapkan biaya untuk melakukan operasi gigi bungsu. 

Pada umumnya, biaya untuk melakukan tindakan operasi gigi ini dimulai dari 2-4 juta rupiah. Semua bergantung pada lokasi operasi dan tingkat kerumitan operasi.

Masa pemulihan

Kebanyakan orang akan pulih dari operasi dalam waktu tiga hingga empat hari. Tak perlu terlalu khawatir dengan rasa sakitnya, karena kamu tetap dapat melanjutkan aktivitas normal sehari-hari sehari setelah operasi.

Beberapa pembengkakan, rasa sakit, dan pendarahan adalah hal yang normal setelah operasi. Segera hubungi dokter gigi jika rasa sakit atau perdarahannya berlebihan dan tak tertahankan.

Gejala-gejala yang kamu alami seharusnya akan membaik pada hari ketiga setelah operasi. Semua rasa sakit dan perdarahan harus hilang dalam waktu seminggu setelah operasi.

Komplikasi setelah operasi

Dilansir Healthline, beberapa komplikasi bisa menjadi tanda infeksi atau kerusakan saraf. Sebaiknya kamu segera mencari bantuan jika mengalami beberapa gejala berikut:

  • Kesulitan menelan atau bernapas
  • Demam
  • Obat tidak efektif untuk menghilangkan rasa sakit
  • Pembengkakan yang semakin memburuk seiring waktu
  • Mati rasa
  • Darah atau nanah keluar dari hidung
  • Pendarahan yang tidak berhenti ketika kamu sudah mencoba menutupnya dengan kain kasa

Demikian informasi tentang serba-serba operasi gigi yang perlu kamu ketahui. Segera cek ke dokter gigi jika ada gigi geraham bungsu yang terasa nyeri dan bengkak, ya!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 8 Juni 2020. How Long Does It Take to Recover from Wisdom Teeth Removal Surgery? 
  2. medicalnewstoday.com (2020) diakses 8 Juni 2020. How long does it take to recover from a wisdom tooth extraction? 
  3. mayoclinic.org (2018) diakses 8 Juni 2020. Wisdom tooth extraction
  4. healthline.com (2019) diakses 8 Juni 2020. What You Should Know About an Impacted Wisdom Tooth 
    Berita Terkait
    register-docotr