Info Sehat

Ini Lho Cara Tepat Menghilangkan Gelambir pada Area Lengan

May 8, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Grace Nikensari
no-image

Gelambir diakibatkan oleh menurunnya tingkat metabolisme serta gaya hidup yang tidak aktif seiring dengan bertambahnya usia. Gelambir memang tidak sedap untuk dilihat serta menghilangkan gelambir pada lengan bukan pekerjaan mudah lho.

Nah, berikut ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk menghilangkan gelambir pada lengan.

1. Fokus untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan

Teknik spot reduction dapat meningkatkan angka kehilangan lemak secara keseluruhan, sementara pada bagian tubuh yang dilatih justru tidak berdampak signifikan. Karena distribusi pembakaran lemak setiap orang berbeda beda.

Maka dari itu, sebaiknya kamu fokus pada latihan pembentukan otot lengan dengan menggunakan beban sambil menurunkan kadar lemak badan secara keseluruhan.

2. Mulai berolahraga pembentukan otot di sekitar lengan

Olahraga yang bisa kamu lakukan antara lain angkat berat dan bodyweight exercise. Angkat berat adalah salah satu bentuk latihan ketahanan yang mampu mengurangi total lemak dalam tubuh secara keseluruhan dan membentuk massa otot.

Dengan demikian, metabolisme dapat meningkat dan lebih banyak kalori yang terbakar sepanjang hari. Contoh olahraga angkat berat adalah:

  • Bicep curls
  • Overhead triceps extensions
  • Overhead presses
  • Upright rows

Sementara itu, bodyweight exercise adalah olahraga yang menggunakan berat tubuh sebagai tumpuan ketahanan. Salah satu jenis olahraga bodyweight exercise olahraga adalah  push up.

Tidak hanya mudah dan murah, tapi bodyweight exercise juga mendatangkan banyak manfaat dan merupakan olahraga yang efektif meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

3. Olahraga kardio

Olahraga kardio adalah jenis olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung untuk membakar lebih banyak kalori. Berbarengan dengan latihan pembentukan otot, kardio dapat mempercepat penurunan berat badan dan meningkatkan massa tubuh tanpa lemak.

Idealnya, olahraga kardio dilakukan selama 20-40 menit per hari atau 150-300 menit per minggu.

4. Banyak minum

Mengonsumsi air sebanyak 500 ml terbukti dapat meningkatkan tingkat metabolisme hingga 30% selama kurang lebih 35 menit. Kebiasaan minum air ketika makan juga dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi kalori yang dikonsumsi.

Namun, penting untuk diingat agar cairan yang dikonsumsi berasal dari air putih, teh, dan minuman lainnya tanpa pemanis karena minuman manis memiliki kandungan kalori yang tinggi.

5. Perhatikan asupan makanan dan kalori harian

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan yang kamu konsumsi tidak kalah penting untuk diperhatikan lho. Tingkatkan asupan serat dari sayur, buah, dan kacang-kacangan serta protein untuk membuat tubuh tetap kenyang dalam waktu lama.

6. Tidur cukup dan terjadwal

Mengontrol waktu tidur agar terjadwal cukup memainkan peranan penting dalam mengurangi berat badan secara keseluruhan. Tidur, selain mampu mengontrol rasa lapar, juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menurunkan berat badan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Aerobic exercise alone results in clinically significant weight loss for men and women: Midwest Exercise Trial-2. Diakses pada 12 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3665017/.

Water-induced thermogenesis. Diakses pada 12 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14671205.

    Berita Terkait
    register-docotr