Info Sehat

Mengenal Teh Cascara: Kulit Biji Kopi dengan Segudang Manfaat

February 17, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Cascara merupakan kulit biji kopi yang dikeringkan dan biasanya digunakan sebagai bahan pembuat teh. Di sisi lain, cascara ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk melindungi dari kondisi medis tertentu lho!

Baca juga: Catat, Ini 8 Efek yang Dialami Tubuh saat Kamu Memutuskan Berhenti Minum Kopi

Apa itu cascara?

Seperti yang sudah diketahui bahwa cascara adalah kulit biji kopi yang dikeringkan. Dalam bahasa Spanyol cascara berarti “kulit”. Biasanya cascara digunakan untuk membuat minuman teh. Teh cascara juga seringkali disebut sebagai coffee cherry tea.

Teh cascara yang biasanya dikonsumsi secara teknis bukanlah berasal dari tanaman teh. Teh berasal dari daun tanaman Camellia sinensis. Sedangkan, cascara berasal dari kulit buah tanaman kopi, yang dikenal sebagai ceri kopi.

Meskipun berasal dari tanaman kopi, teh cascara tidak memiliki rasa seperti kopi. Sebaliknya, cascara dikenal memiliki rasa manis dan hampir mirip dengan rasa kismis.

Rasa dari teh cascara ini tidak lepas dari lokasi penanaman buah kopi, cara panen, serta bagaimana buah kopi diproses.

Manfaat cascara

Cascara mengandung antioksidan, terutama polifenol. Kandungan antioksidan pada cascara diklaim 50 persen lebih tinggi dibandingkan dengan cranberry.

Meskipun demikian, data terkait nutrisi dari teh cascara sendiri masih kurang, sehingga masih sulit untuk mengetahui jumlah kandungannya secara spesifik.

Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi makanan atau minuman kaya akan kandungan polifenol dalam jangka panjang mampu untuk memberikan perlindungan terhadap perkembangan kondisi tertentu, seperti:

  • Perkembangan kanker
  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Osteoporosis
  • Penyakit neurogeneratif

Efek samping teh cascara

Teh cascara juga mengandung kafein, meskipun kandungannya dapat dikatakan rendah. Mengonsumsi minuman apapun yang memiliki kandungan kafein dapat menimbulkan efek samping bagi sebagian orang.

Adapun beberapa efek samping dari kafein di antaranya adalah:

  • Peningkatan detak jantung (takikardia)
  • Palpitasi atau jantung berdegup kencang
  • Gelisah
  • Gugup
  • Gangguan tidur
  • Sakit kepala

Akan tetapi, karena kandungan kafein yang terdapat pada teh cascara lebih rendah dibandingkan dengan kopi, maka efek samping di atas kecil kemungkinan terjadi.

Meskipun demikian, sebaiknya janganlah sembarangan dalam mengonsumsi teh ini. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, ya.

Bagaimana dengan cascara sagrada?

Satu lagi yang perlu kamu ketahui adalah cascara sagrada. Teh cascara dan cascara sagrada memiliki perbedaan. Teh cascara tidak dibuat dari cascara sagrada (Rhamnus purshiana). Cascara sagrada biasanya dijual sebagai suplemen makanan.

Namun terkadang, cascara sagrada juga dikonsumsi sebagai teh. Jika cascara merupakan kulit biji kopi kering, maka cascara sagrada adalah kulit pohon kering yang tumbuh di Amerika Utara.

Baca juga: Membandingkan Komposisi Teh dan Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

Manfaat cascara sagrada

Sama seperti teh cascara, cascara sagrada juga memiliki manfaatnya tersendiri. Dilansir dari Healthline, cascara sagrada dapat membantu untuk menangani kondisi medis tertentu, seperti:

  • Sembelit
  • Nyeri pada sendi dan otot
  • Batu empedu
  • Disentri

Efek samping cascara sagrada

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsi cascara sagrada. Sebab, cascara sagrada memiliki beberapa efek samping, seperti kram pada perut, kehilangan elektrolit, atau bahkan ketergantungan.

Penggunaan cascara sagrada lebih dari satu atau dua minggu juga tidak disarankan. Ini karena penggunaan dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping serius, termasuk masalah pada jantung.

Di sisi lain, menggunakan cascara sagrada lebih dari dua minggu justru dapat menyebabkan susah buang air besar.

Cascara sagrada juga tidak boleh digunakan untuk mengobati inflammatory bowel diseases (IBD), penyubatan pada usus, sakit perut yang tidak diketahui penyebab pastinya, penyakit ginjal, dan radang usus buntu.

Dosis dan cara mengonsumsi cascara

Untuk mengetahui dosis yang tepat untuk mengonsumsi cascara sagrada, sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter. Sedangkan untuk teh cascara, dapat dikonsumsi dalam kondisi hangat ataupun dingin. Nah, berikut ini adalah dosis serta cara membuat teh cascara.

Teh cascara hangat

  • Masukkan 3 sdm teh cascara pada saringan teh, atau kamu juga dapat meletakan langsung teh cascara ke dalam cangkir
  • Tuangkan sekitar 8-10 ons air hangat
  • Tunggu selama 5-7 menit
  • Kemudian saring teh cascara, dan teh siap untuk diminum

Teh cascara dingin

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menyajikan teh cascara dalam kondisi dingin. Pertama, kamu dapat menyeduh terlebih dahulu teh cascara hangat, kemudian menunggu teh cascara hingga dingin dan tambahkan es batu.

Kedua, masukan sekitar 6 sdm teh cascara ke dalam 12 ons air dingin, dan diamkan semalaman atau sekitar 12-16 jam.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Fresh Cup Magazine (2014). Diakses pada 16 Januari 2021. What is Cascara?

Healthline (2016). Diakses pada 16 Januari 2021. Constipation and Cascara Sagrada 

Very Well Fit (2020). Diakses pada 16 Januari 2021. Cascara Benefits, Side Effects, and Preparations

Pandey, Kanti Bhooshan, Syed Ibrahim Rizvi (2009). Plant Polyphenols as Dietary Antioxidants in Human Health and Disease. Hindawi (diakses pada 16 Januari 2021)

    Berita Terkait
    register-docotr