Info Sehat

Mengenal Jenis Kacamata untuk membantu Penderita Buta Warna

April 26, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kacamata buta warna dikatakan dapat membantu penderita buta warna untuk melihat warna dengan lebih akurat. Saat ini, telah tersedia beberapa jenis kacamata khusus untuk penderita buta warna, apa saja?

Agar kamu dapat memahami mengenai kondisi ini sekaligus jenis kacamata untuk membantu penderita buta warna, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Serba-serbi Penyakit Buta Warna: Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Pemeriksaannya

Mengenal kondisi buta warna

Buta warna adalah kondisi ketika kemampuan untuk melihat warna menurun. Kondisi ini terjadi ketika seseorang kesulitan dalam membedakan warna-warna tertentu, biasanya warna merah, hijau, atau biru.

Perlu diketahui bahwa di retina terdapat dua jenis sel yang dapat mendeteksi cahaya, yakni sel batang (rods) dan sel kerucut (cones). Sel batang hanya mendeteksi warna yang terang dan gelap serta sangat sensitif terhadap tingkat cahaya redup.

Sementara itu, sel kerucut mendeteksi warna yang terkonsentrasi di dekat pusat penglihatan. Terdapat 3 jenis warna yang dapat dideteksi oleh sel kerucut, di antaranya adalah merah, hijau, dan biru. Otak menggunakan input dari sel kerucut untuk menentukan persepsi warna.

Buta warna dapat terjadi ketika satu atau lebih dari sel kerucut warna tidak ada, tidak berfungsi, atau mendeteksi warna yang berbeda dibandingkan dengan biasanya.

Buta warna dapat terjadi akibat faktor genetik. Namun, menurut American Academy of Ophtalmology, kondisi ini juga dapat terjadi di kemudian hari, misalnya saja karena cedera atau kondisi medis yang memengaruhi penglihatan.

Baca juga: Tes Buta Warna: Kenali Ragam Jenis dan Pentingnya Cek Sejak Dini

Mengenal jenis kacamata untuk membantu orang buta warna

Kacamata buta warna adalah kacamata dengan lensa yang memiliki filter khusus untuk membantu penderita buta warna, sehingga mereka dapat melihat warna dengan lebih akurat. Kacamata buta warna dapat membantu bagi seseorang yang menderita buta warna sebagian.

Kacamata buta warna tidak dapat menyembuhkan buta warna, akan tetapi kacamata buta warna dapat membantu seseorang yang mengalami kondisi ini untuk melihat spektrum warna yang lebih luas dan akurat.

Di sisi lain, kacamata buta warna juga memiliki aplikasi yang sangat praktis, misalnya saja dapat membantu penderita memilih dan mencocokan warna dan pola pada pakaian.

Berikut ini adalah beberapa jenis kacamata untuk membantu penderita buta warna.

1. EnChroma

EnChroma merupakan salah satu produk kacamata buta warna yang mengklaim dapat membantu mendeteksi perbedaan antar warna. EnChroma merupakan produk yang paling terkenal saat ini.

Dikutip dari laman All About Vision, menurut EnChroma, penyebab yang mendasari sebagian besar kasus buta warna adalah respons abnormal yang tumpang tindih terhadap cahaya oleh sel-sel khusus di retina yang dikenal sebagai cone photoreceptors (fotoreseptor kerucut).

Hal tersebut seringkali memengaruhi sel kerucut yang biasanya sensitif terhadap panjang gelombang cahaya merah atau hijau.

Untuk mengimbangi respons tumpang tindih tersebut, lensa EnChroma didesain dengan menggunakan bahan optik eksklusif yang secara selektif dapat menyaring panjang gelombang cahaya tertentu tepat di lokasi terjadinya tumpah tindih terhadap cahaya tersebut.

Sehingga, nantinya persepsi warna akan lebih akurat. Penelitian terdahulu memang menunjukkan bahwa kacamata dapat membantu, tetapi tidak untuk semua orang dan untuk tingkat tertentu.

Dalam sebuah studi pada 2017 terhadap 10 orang dewasa dengan penurunan kemampuan untuk melihat warna merah dan hijau, menunjukkan bahwa kacamata EnChroma hanya menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam membedakan warna pada dua orang.

Mengenai hal tersebut pun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami efektivitas lebih lanjut dari kacamata EnChroma untuk membantu menangani gangguan penglihatan warna.

2. Color Correction System (CCS)

Kacamata kedua untuk membantu penderia buta warna adalah CCS. Kacamata jenis ini dikembangkan oleh seorang ahli optometri.

Sama halnya seperti kacamata EnChroma, CCS juga menggunakan filter khusus yang dirancang agar sesuai dengan panjang gelombang cahaya yang tepat untuk kebutuhan masing-masing individu. Filter yang dimiliki oleh CCS dapat diterapkan pada lensa kontak ataupun kacamata.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis kacamata untuk membantu orang buta warna. Sebelum memutuskan untuk menggunakan kacamata tersebut, sebaiknya berkonsulasi terlebih dahulu pada dokter ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

American Academy of Ophtalmology (2021). Diakses pada 23 April 2021. What Is Color Blindness? 

All About Vision (2021). Diakses pada 23 April 2021. Color blind glasses: Help for the colorblind? 

Healthline (2018). Diakses pada 23 April 2021. Do EnChroma Glasses Work for Color Blindness? 

 

    register-docotr