Info Sehat

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Keseleo, Yuk, Simak Beberapa Tips Berikut

December 19, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mengatasi kaki bengkak keseleo harus dilakukan dengan tepat agar tidak memperburuk kondisi. Keseleo pada kaki biasanya merupakan cedera pada pita jaringan keras atau ligamen yang mengelilingi dan menghubungkan tulang kaki ke kaki.

Cedera bisa terjadi ketika secara tidak sengaja memutar pergelangan kaki dengan cara canggung. Nah, untuk mengetahui cara mengatasi kaki bengkak keseleo, yuk simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Masih Bingung dengan Kencing Batu dan Batu Ginjal? Yuk Pahami Perbedaannya!

Penyebab kaki bengkak keseleo

Dilansir Healthline, keseleo pergelangan kaki seringkali terjadi ketika secara tiba-tiba memutar atau memaksa sendi keluar dari posisi normalnya. Selama melakukan aktivitas fisik, pergelangan kaki dapat berputar ke dalam akibat gerakan tiba-tiba atau tidak terduga.

Kondisi ini dapat menyebabkan satu atau lebih ligamen di sekitar pergelangan kaki meregang atau robek. Beberapa bagian tubuh, seperti tendon, tulang rawan, dan pembuluh darah mungkin juga rusak karena keseleo. 

Pembengkakan pada kaki akibat keseleo dapat terjadi pada siapa saja dari berbagai golongan usia. Berpartisipasi dalam olahraga, berjalan di permukaan tidak rata, atau bahkan memakai alas kaki tidak sesuai bisa mengakibatkan cedera jenis ini.

Bagaimana cara mengatasi kaki bengkak keseleo?

Mengatasi kaki bengkak keseleo dapat membantu meningkatkan pemulihan dan mencegah ketidaknyamanan lebih lanjut. Karena itu, penting untuk tidak membebani area yang cedera selama masa pemulihan dari keseleo pada pergelangan kaki.

Biasanya, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak keseleo. Cara mengatasi kaki bengkak keseleo yang direkomendasikan agar tidak terjadi komplikasi lebih parah, antara lain sebagai berikut:

Pertolongan pertama

Kaki yang bengkak akibat keseleo perlu mendapatkan pertolongan pertama, salah satunya adalah duduk dengan posisi yang nyaman atau pergelangan kaki terangkat. Cara ini dilakukan untuk mencegah atau mengurangi terjadinya pembengkakan.

Setelah itu, obat antiinflamasi non steroid atau NSAID, seperti ibuprofen bisa diberikan untuk membantu meredakan pembengkakan dan nyeri. Jika memungkinkan, kenakan penahan atau perban sementara untuk menopang sendi dan mencegahnya bergerak.

Beberapa orang juga bisa mengenakan kruk apabila tersedia guna membantu keseimbangan dan mobilitas sambil membiarkan pergelangan kaki beristirahat.

Sulit untuk mendiagnosis keseleo pada pergelangan kaki berdasarkan gejala sehingga pemeriksaan bersama dokter perlu segera dilakukan.

Perawatan di rumah

Cara mengatasi kaki bengkak keseleo dapat dilakukan secara mandiri di rumah, terutama jika cedera cukup ringan. Beberapa perawatan rumahan yang direkomendasikan untuk mengobati kaki bengkak, yakni mengoleskan es pada area untuk membantu mengurangi pembengkakan.

Pada hari pertama, kamu perlu mengoleskan es setiap 20 hingga 30 menit selama tiga hingga empat kali dalam sehari. Setelah itu, tempelkan es setiap tiga hingga empat jam selama dua hari berikutnya.

Untuk keseleo ringan, mungkin perlu waktu seminggu hingga 10 hari untuk bisa pulih sepenuhnya. Namun, jika keseleo cukup parah maka biasanya memerlukan waktu hingga beberapa minggu untuk sembuh total.

Pembedahan atau operasi

Tindakan operasi untuk pergelangan kaki yang terkilir atau keseleo sebenarnya jarang terjadi.

Biasanya, pembedahan hanya akan dilakukan ketika kerusakan pada ligamen sudah parah dan terdapat bukti ketidakstabilan atau jika cedera tidak membaik dengan perawatan non-bedah. Pilihan pembedahan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Atroskopi. Ahli bedah akan melihat ke dalam sendi untuk memastikan apakah ada fragmen tulang atau tulang rawan yang lepas.
  • Rekonstruksi. Biasanya, ahli bedah akan memperbaiki ligamen yang robek dengan jahitan.

Setelah operasi, rehabilitasi merupakan bagian penting dari proses pemulihan. Bergantung pada sejauh mana keseleo pergelangan kaki dan jenis pembedahannya, rehabilitasi bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Adakah pencegahan terhadap kaki bengkak akibat keseleo?

Terdapat beberapa aktivitas yang memicu seseorang bisa dengan mudah mengalami keseleo atau cedera pada pergelangan kaki. Untuk itu, pencegahan perlu dilakukan untuk menurunkan risiko keseleo yakni dengan cara berikut ini.

  • Hindari penggunaan sepatu dengan hak tinggi.
  • Lakukan pemanasan sebelum berolahraga.
  • Memakai alas kaki yang kokoh dan berkualitas.
  • Perhatikan permukaan tempat saat berjalan.

Segera hubungi dokter jika merasa pergelangan kaki terkilir akibat beberapa kondisi yang dapat memicu cedera. Jika tidak diobati, keseleo pada pergelangan kaki dapat mengakibatkan nyeri jangka panjang dan ketidakstabilan menopang tubuh sendiri.

Baca juga: Pasien Diabetes Boleh Lahap Makanan Manis? Boleh, Ini Sederet Menunya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2019), diakses 7 Desember 2020. Tips for healing a sprained ankle fast
  2. Healthline (2019), diakses 7 Desember 2020. Ankle Sprain
  3. Webmd (2020), diakses 7 Desember 2020. Sprained Ankle
    register-docotr