Info Sehat

Wajib Tahu! Ini Cara Mengatasi Batu Ginjal Tanpa Operasi yang Bisa Kamu Coba

March 6, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Mengatasi batu ginjal tanpa operasi bisa dilakukan, namun harus diketahui terlebih dahulu ukuran dari batu ginjal yang kamu derita. Semua tetap harus dilakukan berdasarkan pemeriksaan dokter sebagai langkah awal, ya.

Berikut ulasan lengkapnya!

Apa itu batu ginjal?

Batu ginjal merupakan satu material keras yang terbuat dari kristal dan terbentuk di ginjal. Material ini dapat terbentuk di salah satu atau kedua ginjal dan biasanya terdapat pada orang dewasa yang berumur 20-50 tahun.

National Health Service (NHS) Britania Raya menyebut batu ginjal sebagai satu kondisi yang umum. Kondisi ini bahkan bisa terjadi pada 1 dari 10 orang.

Ukuran batu ginjal berbeda-beda, kamu mungkin tidak akan menyadari material ini terbentuk di dalam tubuh kamu kalau ukurannya masih sangat kecil, bahkan batu ginjal ini bisa keluar bersama urine tanpa kamu sadari.

Ketika batu ginjal yang terbentuk termasuk besar, maka gejala yang bisa menimpa kamu adalah:

  • Nyeri di sisi perut
  • Nyeri yang sangat berat yang datang dan pergi
  • Merasa tidak enak badan atau muntah-muntah

Bagaimana cara mengatasi batu ginjal tanpa operasi?

Mengatasi batu ginjal tanpa operasi umumnya dilakukan jika ukuran material ini masih tergolong kecil di dalam tubuh kamu. Namun ada juga prosedur tanpa bedah yang bisa dilakukan untuk menghancurkan batu ginjal berukuran besar. 

Nah, untuk lebih jelasnya, simak info berikut ini:

Tetap jaga hidrasi tubuh

Minum cairan yang banyak adalah salah satu bagian penting dalam mengatasi batu ginjal tanpa operasi. Kebiasaan minum banyak cairan atau air putih pun menjadi satu langkah pencegahan terbentuknya batu ginjal yang baru.

Banyak minum membuat tubuh kamu bisa menyingkirkan racun dan juga membantu menghilangkan batu ginjal dan partikel pembentuknya.

Berikut ini adalah cairan yang bisa kamu andalkan dalam menghilangkan batu ginjal:

Mengatasi batu ginjal tanpa operasi dengan air putih

Untuk mempercepat pengeluaran batu ginjal, kamu bisa meningkatkan asupan air putih harianmu. Dikutip dari Healthline, meningkatkan minum jadi 12 gelas sehari dibanding 8 gelas yang biasanya dilakukan adalah hal yang bisa kamu lakukan di sini.

Ketika batu ginjal sudah keluar, tetaplah minum 8-12 gelas air per hari. Hal ini untuk mencegah dehidrasi yang merupakan faktor risiko utama batu ginjal. Jadi kamu pun bisa mencegah terbentuknya batu ginjal yang baru.

Air perasan lemon

Kamu bisa menambahkan perasan lemon segar ke air putih yang kamu minum sesering yang kamu suka, lho! 

Lemon mengandung garam sitrat, zat kimia yang bisa mencegah pembentukan batu kalsium. Senyawa ini juga bisa menghancurkan batu berukuran kecil sehingga bisa dengan mudah dikeluarkan dari tubuh.

Jus seledri

Jus seledri juga bisa kamu andalkan untuk mengatasi batu ginjal. Minuman ini dapat menjaga kesehatan ginjal.

Tapi, kamu jangan minum campuran ini jika memiliki kelainan perdarahan, tekanan darah rendah atau jadwal operasi.

Memanfaatkan gelombang suara untuk mengatasi batu ginjal tanpa operasi

Cara yang satu ini dilakukan dengan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang disebut shock wave lithotripsy (SWL).

Prosedur yang satu mengirimkan gelombang suara dari mesin dan memecahkan batu ginjal yang berukuran besar supaya bisa dikeluarkan lewat urine. SWL bisa jadi tidak nyaman, karena itu kamu biasanya akan diberikan penghilang rasa sakit sebelum prosedur dilakukan.

Kamu mungkin membutuhkan lebih dari satu sesi SWL untuk bisa mengeluarkan batu ginjal dari tubuh.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang cara mengatasi batu ginjal tanpa operasi yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga tingkat hidrasi tubuh kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 27 Februari 2021. Kidney Stones: Types, Diagnosis, and Treatment
  2. Healthline, diakses 27 Februari 2021. 10 Home Remedies for Kidney Stones
  3. NHS, diakses 27 Februari 2021. Overview – Kidney stones
    register-docotr