Info Sehat

Punya Kebiasaan Membunyikan Jari? Ini Deretan Fakta yang Perlu Kamu Tahu!

March 27, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Membunyikan jari atau sendi merupakan satu kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Secara tidak sadar mungkin kamu pun melakukan hal ini hanya sekadar untuk melepaskan energi berlebih atau sebagai cara mengimbangi stres yang sedang kamu hadapi.

Namun, tidak semua orang merasa nyaman dengan kebiasaan ini. Beberapa di antaranya terganggu jika ada orang yang membunyikan jari dan berkembang pula pendapat kalau kebiasaan ini tidak baik.

Baca Juga: Penyakit Osteoarthritis, Cegah Bahaya Nyeri pada Persendian!

Apakah membunyikan jari berdampak buruk?

Tidak banyak penelitian yang dapat menunjukkan dampak dari kebiasaan membunyikan sendi ini. Penelitian terkait hal ini terbatas dan yang berhasil dibuktikan adalah kebiasaan membunyikan jari ternyata tidak berbahaya.

Salah satu bukti yang meyakinkan kalau membunyikan jari ini tidak berbahaya berasal dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatism. Penelitian ini dilakukan oleh dokter asal California, Amerika Serikat, terhadap dirinya sendiri.

Sepanjang masa hidupnya, peneliti hanya membunyikan jari dari satu tangan saja. Kemudian dirinya melakukan pemeriksaan X-ray setelah 50 tahun mempraktikkan kebiasaan membunyikan sendi ini.

Hasilnya, peneliti tidak menemukan adanya perbedaan sendi-sendi di antara kedua tangannya. Penelitian dengan skala yang lebih besar yang diterbitkan dalam The Western Journal of Medicine pun memiliki kesimpulan yang serupa. 

Apakah membunyikan jari menyebabkan radang sendi?

Sampai saat ini, belum ada kaitan antara radang sendi dengan membunyikan jari. Hal ini bahkan disampaikan dalam penelitian yang diterbitkan Swiss Medical Journal. Kajian literatur ini tidak menemukan kaitan kedua hal itu dalam penelitian-penelitian yang sudah ada.

Meskipun demikian, beberapa laporan medis memang ada yang menunjukkan kaitan kebiasaan membunyikan sendi dengan masalah kesehatan. Dalam hal ini, seperti apa tekanan dan teknik khusus yang dilakukan untuk membunyikan sendi berperan dalam menimbulkan masalah kesehatan.

Salah satu contohnya ditemukan melalui penelitian yang diterbitkan dalam Annual of the Rheumatic Disease. Penelitian ini menyebut 74 orang yang biasa membunyikan sendi memiliki cengkeraman yang lebih lemah serta mudah mengalami pembengkakan di tangan.

Sementara 226 orang subjek penelitian yang tidak memiliki kebiasaan membunyikan sendi tidak mengalami hal yang serupa. Meskipun demikian, dari kedua kelompok ini terdapat insiden radang sendi yang sama.

Kenapa orang cenderung membunyikan sendi?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Board of Family Medicine menyebut 54 persen orang memiliki kebiasaan membunyikan jari mereka. 

Adapun alasan melakukan kebiasaan ini adalah:

  • Suara: Beberapa orang senang terhadap suara yang dihasilkan dari kebiasaan membunyikan sendi ini
  • Sensasi yang dirasakan: Beberapa orang mengira kebiasaan ini dapat membuat sedikit ruang di sendi mereka. Dengan demikian, tekanan akan berkurang dan sendi akan menjadi lebih bebas
  • Gugup: Seperti halnya menggulung rambut atau meremas tangan saat kamu sedang gugup, membunyikan sendi pun menjadi satu cara untuk mengalihkan rasa gugup
  • Stres: beberapa orang membutuhkan pelampiasan stres mereka lewat membunyikan jari
  • Kebiasaan: Ketika kamu membunyikan sendi dengan berbagai alasan di atas, maka selanjutnya hal ini akan menjadi kebiasaan yang kamu lakukan tanpa sadar.

Dari mana bunyi itu berasal?

Alasan timbulnya suara ketika kamu membunyikan sendi masih tidak diketahui secara menyeluruh. Banyak orang yang mengaitkan suara yang timbul dengan gelembung nitrogen yang terbentuk atau pecah di cairan sendi.

Penelitian dalam jurnal PLOS ONE menggambarkan bagaimana para peneliti menggunakan MRI untuk mengawasi jari yang sedang dibunyikan. Mereka menemukan adanya rongga yang terbentuk karena tekanan negatif saat sendi ditarik secara cepat.

Para peneliti beranggapan rongga ini lah yang menimbulkan suara saat jari dibunyikan. Meskipun demikian, mereka tidak bisa menjelaskan kenapa suara yang timbul bisa sangat keras.

Baca Juga: Macam Gerakan Senam Osteoporosis yang Mudah Dilakukan

Efek samping membunyikan sendi

Membunyikan jari tidak menimbulkan rasa sakit, pembengkakan atau bahkan perubahan bentuk sendi. Jika ada salah satu di antaranya yang terjadi saat kamu membunyikan sendi, maka ada sesuatu yang salah terjadi.

Meskipun kemungkinannya kecil, tapi ketika kamu terlalu keras menarik jari dari sendi, maka kamu bisa mencederai ligamen di sekitar sendi.

Jika kamu merasakan nyeri atau pembengkakan saat membunyikan jari, bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti arthritis atau asam urat.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Harvard Health Publishing, diakses 18 Maret 2021. Knuckle cracking: Annoying and harmful, or just annoying? – Harvard Health Blog
  2. Healthline, diakses 18 Maret 2021. Cracking Knuckles: Causes, Side Effects, and Tips to Stop
  3. National Library of Medicine, diakses 18 Maret 2021. Effect of habitual knuckle cracking on hand function
  4. National Library of Medicine, diakses 18 Maret 2021. The Consequences of Habitual Knuckle Cracking
  5. National Library of Medicine, diakses 18 Maret 2021. Does knuckle cracking lead to arthritis of the fingers?
  6. National Library of Medicine, diakses 18 Maret 2021. [« My joints are cracking, is it serious doctor ? » A review about sounds produced by joints]
  7. JABFM, diakses 18 Maret 2021. Knuckle Cracking and Hand Osteoarthritis | American Board of Family Medicine
  8. PLOS ONE, diakses 18 Maret 2021. Real-Time Visualization of Joint Cavitation. PLoS ONE
    register-docotr