Info Sehat

8 Daftar Manfaat Tamanu Oil, Termasuk Baik untuk Kesehatan Kulit

May 14, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Beberapa minyak dari tumbuhan seperti tea tree oil dan minyak kelapa dikenal dengan beberapa manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu ada juga yang namanya tamanu oil. Tentunya ada sejumlah manfaat tamanu oil yang mendukung kesehatan.

Kamu mungkin masih asing dengan manfaat tamanu oil, di beberapa tempat di Asia, Afrika dan Kepulauan Pasifik telah menggunakan minyak tamanu untuk pengobatan. Apa itu minyak tamanu dan apa saja manfaat minyak tamanu? 

Mengenal minyak tamanu

Minyak tamanu adalah minyak yang berasal dari biji yang tumbuh di pohon cemara tropis. Biasanya disebut pohon kacang tamanu. 

Sejak lama, orang percaya pada manfaat minyak tamanu. Terutama manfaatnya untuk kulit. Selain itu ada banyak manfaat minyak tamanu lainnya dari baik untuk kulit hingga mengatasi kutu air. Berikut beberapa manfaat minyak tamanu. 

Manfaat tamanu oil

Meski ada banyak manfaatnya, tapi tidak semua telah dibuktikan melalui penelitian ilmiah. Karenanya, penggunaan minyak tamanu ini dipercaya secara tradisional dan umumnya tidak digunakan dalam pengobatan Barat. Penggunaan minyak ini antara lain untuk:

1. Mengatasi jerawat

Sebuah studi 2015 mengamati lima minyak tamanu yang berasal dari lima bagian berbeda pasifik selatan. Dari pengamatan itu ditemukan bahwa  minyak tersebut memiliki aktivitas antibakteri dan penyembuhan luka yang tinggi terhadap strain bakteri yang ada dalam jerawat. 

Strain bakteri tersebut seperti Propionibacterium acnes dan Propionibacterium granulosum. Kemampuan untuk membunuh bakteri tersebut juga dibarengi dengan kemampuannya membantu mengatasi jerawat yang meradang. 

2. Manfaat minyak tamanu untuk bekas jerawat

Sejumlah penelitian biologis menunjukkan minyak tamanu berkhasiat untuk menyembuhkan luka dan regenerasi kulit. Secara ilmiah telah terbukti meningkatkan proliferasi sel dan produksi komponen tertentu pada kulit, termasuk kolagen dan glikosaminoglikan. 

Selain itu minyak tamanu juga kaya akan antioksidan yang telah terbukti memiliki manfaat dalam perawatan jerawat dan jaringan parut.

3. Mengatasi kutu air

Kutu air adalah infeksi jamur yang menyerang kulit kaki dan menular. Secara ilmiah masih belum cukup bukti untuk mengklaim khasiat minyak tamanu untuk kutu air. Tapi penggunaannya untuk mengatasi kutu air telah dipercaya sejak lama. 

4. Bermanfaat sebagai anti penuaan

Minyak tamanu digunakan dalam banyak krim perawatan kulit. Karena asam lemak yang ada di dalam minyak dipercaya dapat menjaga kelembapan kulit. 

Selain itu penggunaannya dalam produk perawatan kulit karena kandungan antioksidannya yang ampuh untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. 

Selanjutnya, minyak tamanu juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang berperan dalam anti penuaan dan regenerasi kulit. 

Minyak tamanu terbukti dapat membantu mencegah kerutan akibat kerusakan akibat sinar matahari. Sebuah studi in-vitro tahun 2009 menemukan bahwa minyak tersebut mampu menyerap sinar UV dan menghambat 85 persen kerusakan DNA yang disebabkan oleh radiasi UV.

5. Minyak tamanu untuk flek hitam

Flek hitam di kulit tentu saja mengganggu dan membuat kurangnya percaya diri. Penggunaan minyak tamanu dipercaya dapat mengurangi munculnya flek hitam. Sayangnya belum ada bukti ilmiah dalam manfaat yang satu ini. 

6. Untuk mengatasi eksim 

Karena sifat antiinflamasinya, minyak tamanu dipercaya dapat mengatasi kondisi kulit yang meradang. Salah satunya kulit meradang akibat eksim. Tapi masih belum banyak bukti yang dapat menguatkan klaim tersebut. 

7. Manfaat tamanu oil untuk rambut

Menggunakan minyak tamanu untuk rambut dipercaya dapat memperlambat kerontokan, tetapi belum ada penelitian yang membuktikannya. 

8. Memudarkan stretch mark

Sama seperti halnya mengatasi bekas jerawat, menggunakan minyak ini juga dipercaya bisa membantu memudarkan stretch mark,

Manfaat tamanu oil ini dipercaya karena adanya kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada minyak tamanu. Tapi masih dibuktikan penelitian ilmiah untuk membuktikan manfaat ini. 

Selain yang sudah disebutkan minyak tamanu juga dipercaya dapat mengobati sengatan serangga, mengatasi luka terbakar matahari atau luka bakar lainnya dan dipercaya dapat meningkatkan penyembuhan luka. Tapi manfaat ini masih harus diteliti lebih dalam lagi.

Demikian daftar manfaat tamanu oil yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu ingin mencoba manfaat tersebut? Jika ragu, konsultasikan terlebih dahulu kondisimu dengan dokter, ya. 

Konsultasikan masalah kesehatan Moms dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 11 Mei 2021
Everything You Need to Know About Tamanu Oil
Drugs.com, diakses 11 Mei 2021
Tamanu Oil
Verywellhealth, diakses 11 Mei 2021
The Health Benefits of Tamanu Oil

    register-docotr