Info Sehat

Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

January 7, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Manfaat sarang burung walet sangat berlimpah sehingga menjadi salah satu makanan paling mahal saat ini. Perlu diketahui, khasiat sarang burung walet ini didapatkan dari cara pembuatannya yakni dengan menggunakan air liur.

Secara tradisional, sarang burung walet bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan sebagai sup.

Nah, untuk mengetahui manfaat sarang burung walet yang lebih lengkap yuk simak penjelasannya berikut!

Baca juga: Manfaat Buah Lontar, sebagai Pemanis bagi Penderita Diabetes hingga Cegah Dehidrasi!

Apa itu sarang burung walet?

Dilansir Letters In Health and Biological Sciences, sarang burung walet yang dapat dimakan atau EBN ini terbuat dari air liur burung kecil penghuni gua yang sering disebut sebagai burung walet.

Konsumsi pertama EBN berasal dari Dinasti Tang dan disajikan di istana kekaisaran Tiongkok sebagai makanan lezat tertinggi. Sejak saat itu, manfaat obat dari EBN telah didokumentasikan dengan hati-hati dan kemudian diakui sebagai pengobatan tradisional Tiongkok.

Selama mungkin hampir 1.200 tahun, masyarakat Tiongkok telah menyiapkan dan memakan sarang burung walet sebagai sup. Sarang tersebut dianggap memiliki nilai gizi dan obat yang diyakini mampu mengatasi penuaan, kanker, dan meningkatkan libido.

Manfaat sarang burung walet yang perlu diketahui

Komponen utama dari sarang burung walet adalah karbohidrat dan glikoprotein, bersama dengan elemen penting lainnya seperti kalsium, natrium, magnesium, seng, mangan, dan besi.

Tak hanya itu, sarang burung walet juga mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki efek untuk meningkatkan kesehatan.

Beberapa senyawa bioaktif yang dimaksud seperti glukosamin, laktoferin, asam sialat, asam amino, asam lemak, triasilgliserol, vitamin, mineral, dan antioksidan lainnya. Protein menjadi penyusun paling melimpah dari sarang burung walet yang mengandung semua asam amino esensial. 

Sarang burung walet mengandung karbohidrat dan molekul alami yang mengandung lemak. Beberapa manfaat sarang burung walet lainnya yang mungkin perlu kamu ketahui antara lain sebagai berikut:

Sebagai antivirus alami

Pada tahun 2006, sebuah penelitian dilakukan untuk mempelajari khasiat antivirus dari sarang burung walet alami dan yang dibudidayakan. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak EBN dapat secara efektif menghambat infeksi influenza.

Dalam percobaan tersebut, ekstrak EBN yang diobati dengan protease pancreatin telah menunjukkan aktivitas penghambatan lebih kuat terhadap virus influenza.

Sebaliknya, ekstrak EBN diperlakukan dengan neuraminidase atau NA yang membelah residu asam sialat terminal menyebabkan penurunan aktivitas pengikatan virus. 

Hal ini menunjukkan bahwa efek pengikatan virus dari sarang burung walet terkait dengan keberadaan asam sialat. Secara umum, aktivitas penghambatan virus dari ekstrak EBN liar lebih tinggi daripada yang dibudidayakan. 

Mencegah peradangan

Manfaat sarang burung walet selain aktivitas antivirus, namun juga terkenal karena sifat antioksidannya.

Sebuah studi yang dilakukan untuk menjelaskan efek antioksidan dan anti-inflamasi dari EBN pada stres oksidatif yang diinduksi oleh diet tinggi lemak dan peradangan pada model tikus.

Hasilnya menunjukkan bahwa EBN melemahkan stres oksidatif yang diinduksi HFD dan peradangan hati. Singkatnya, penelitian tersebut mendukung penggunaan EBN sebagai suplemen yang efektif untuk pencegahan peradangan terkait obesitas dan stres oksidatif.

Manfaat sarang burung walet juga menunjukkan efek protektif terhadap toksisitas yang diinduksi hidrogen peroksida dalam sel. Efek perlindungan ini menunjukkan bahwa EBN memiliki kemampuan untuk menangkis radikal bebas dan menurunkan spesies oksigen radikal.

Efek pada penyakit kardiometabolik

Sampai saat ini, beberapa penelitian yang menggunakan model tikus melaporkan bahwa sarang burung walet mungkin memiliki efek menguntungkan pada penyakit kardiometabolik. Penyakit kardiometabolik yang dimaksud, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Dalam penelitian tersebut, EBN telah terbukti meningkatkan profil lipid dan indeks metabolik pada tikus, dibandingkan dengan kelompok yang tidak diobati. Efeknya mungkin dimediasi melalui regulasi gen terkait koagulasi dan gen pensinyalan insulin.

Memperkuat tulang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat sarang burung walet adalah memberikan efek regenerasi tulang. Pemberian suplemen EBN pada tikus yang diteliti dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Selain itu, penyelidikan EBN sebagai agen kondroprotektif dilakukan secara in vitro dengan menggunakan kondrosit artikular manusia yang diisolasi dari sendi lutut pasien osteoartritis.

Penambahan EBN ke kultur sel memperlambat perkembangan osteoartritis dan membantu regenerasi tulang rawan.

Baca juga: Pilihan Terapi untuk Mengatasi Saraf Kejepit, Apa Saja?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Berita Terkait
register-docotr