Info Sehat

11 Manfaat Minyak Bulus, Atasi Gangguan Ereksi hingga Memperbesar Payudara

October 15, 2020 | Dewi Nurfitriyana
no-image

Manfaat minyak bulus biasanya sangat identik dengan membesarkan payudara. Padahal minyak yang diperoleh dari kura-kura ini, juga punya berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Sejak berabad-abad yang lalu, minyak yang juga dikenal dengan sebutan turtle oil ini memang telah banyak diburu oleh masyarakat kuno dan dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Oleh karena itu, kamu pun tak boleh ketinggalan, dan harus tahu berbagai manfaat minyak bulus bagi kesehatan berikut ini.

Baca juga: Minyak Goreng Harian Kamu Apakah Sudah Sehat? Cek Jenis yang Direkomendasikan dan yang Tidak

Apa itu minyak bulus?

Minyak bulus berasal dari otot dan kelenjar kelamin penyu raksasa yang dilelehkan pada suhu 25 derajat celsius. Di beberapa daerah, minyak ini dibuat dari karapas penyu belimbing, yang dikeringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari.

Asal muasal kata bulus sendiri datang dari bahasa Jawa yang berarti binatang sejenis kura-kura.

Dilansir dari Cosmeticsandskin, dahulu minyak ini diekstraksi dengan memanaskan lemak penyu dan bagian tubuh lainnya dalam ceret yang besar. Kemudian minyak tersebut dipisahkan dan dikeringkan sebelum dikemas ke dalam kaleng.

Banyak minyak yang berasal dari penyu berwarna gelap dan memiliki bau menyengat. Hal ini kemudian diatasi dengan melakukan proses ekstraksi agar minyak yang dihasilkan tidak berbau tengik dan menghasilkan warna yang cantik.

Berbagai karakteristik minyak bulus

Bentuk dan aroma minyak ini sangat tergantung pada jenis penyu yang menjadi bahan utamanya. Penyu tempayan cenderung menghasilkan minyak berwarna hitam pekat dengan bau yang menyengat.

Sementara penyu hijau akan menghasilkan minyak berwarna kuning, dengan tekstur padat dan menimbulkan bau yang khas. Bau ini dapat muncul terus-menerus, namun tidak terlalu amis saat masih segar.

Variasi dalam bau minyak dianggap berasal dari kebiasaan makan berbagai penyu. Penyu hijau adalah vegetarian yang ketat, sedangkan penyu tempayan adalah pemakan bangkai.

Baca juga: Mengenal Manfaat dari Kandungan Gizi Tahu dan Tempe Bagi Kesehatan

Kandungan gizi dalam minyak bulus

Mengingat bahan utama pembuatan minyak ini adalah organ tubuh penyu, maka jika kamu ingin mengetahui apa saja kandungan nutrisi di dalam minyak bulus, kamu bisa melihatnya melalui kandungan gizi yang ada dalam tempurung maupun organ penyu lainnya.

Adapun dilansir dari Itmonline, senyawa kalsium merupakan komponen utama yang membentuk sekitar setengah dari plastron dan karapas penyu. Keduanya merupakan bagian pembentuk struktur tempurung kura-kura.

Selain itu, plastron penyu juga mengandung kolagen, protein berserat yang bisa berubah menjadi gelatin saat direbus bersama air. Kolagen yang terdapat pada penyu berbentuk jaringan serat yang kuat tetapi lentur, di mana sebagian atau seluruhnya dipadatkan oleh kalsium karbonat.

Ada juga sejumlah kecil lemak, magnesium, dan mineral lain, seperti seng, atau vitamin. Beberapa vitamin yang ada misalnya adalah vitamin B6 dan Vitamin D. Ini biasanya banyak ditemukan di dalam cangkang kura-kura.

Baca juga: Sering Dibuang, Ternyata Ini Manfaat Tersembunyi Air Tajin untuk Kecantikan

Manfaat minyak bulus bagi kesehatan dan kecantikan

Dikenal dengan bahan dasarnya yang langka dan proses pembuatannya yang sangat rumit, minyak bulus menjadi salah satu benda yang paling banyak dicari untuk diburu manfaat kesehatannya. Adapun beberapa di antaranya adalah:

Menjaga kesehatan jantung

Menurut aplikasi Hainan Life Nourishing Pharmacy Company, minyak penyu dapat mendukung fungsi sistem peredaran darah dan mencegah perkembangan gangguan fungsi jantung.

Meningkatan daya tahan tubuh

Dilansir dari Healthbenefitstime, minyak bulus mengandung vitamin B6 yang sangat penting bagi kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin ini akan memicu tubuh menjadi rentan terkena infeksi.

Mengatasi disfungsi ereksi pada pria

Menurut Edrugstore, minyak bulus juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi gangguan ereksi pada pria.

Meskipun hal ini dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti muncul ruam kemerahan, sakit punggung atau otot, sakit kepala, sakit perut, hidung tersumbat, dan lain-lain. Namun efek-efek tersebut dianggap relatif ringan dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh.

Perlu diingat bahwa pria yang tidak memiliki tekanan darah normal, atau menggunakan obat-obatan untuk penyakit ginjal harus berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi mereka sebelum memakai minyak ini.

Baik bagi kesehatan tulang

Selain vitamin B6, minyak yang dibuat dari kura-kura ini juga mengandung kalsium. Kalsium sendiri dikenal sangat berperan dalam menjaga pertumbuhan tulang.

Kalsium juga mampu membantu menjaga kepadatan tulang belakang. Ini sangat baik bagi kaum hawa yang memasuki masa menopause, agar tidak terlalu berisiko terkena osteoporosis.

Selain itu kalsium juga dapat membuat tulang rahang kuat dan merangsang gigi tumbuh dalam posisi yang pas.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan fosfor di dalam minyak bulus dapat membantu memperbaiki dan memelihara sel-sel tubuh yang mudah robek, misalnya mata. Cara kerjanya adalah dengan merangsang pertumbuhan sel baru dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Membantu mengatasi reumatik

Dilansir dari Researchgate, minyak bulus banyak dicari, salah satunya karena dipercaya dapat digunakan untuk mengobati rematik dan efektif saat dipakai pijat untuk luka memar, atau artritis.

Mengatasi jerawat

Jerawat yang muncul di wajah memang sangat mengganggu penampilan. Apabila setelah mencoba berbagai produk atau obat-obatan, kamu masih tidak bisa menghilangkan jerawat yang ada. Coba hentikan pemakaian obat-obatan tersebut dan beralihlah pada minyak bulus.

Caranya usapkan minyak bulus hanya pada area wajah yang berjerawat secara rutin. Jangan lupa untuk mencuci wajah dan tangan dengan bersih terlebih dahulu. Kandungan anti bakteri di dalamnya dipercaya bisa membantu mengatasi jerawat sampai tuntas.

Mengencangkan kulit

Kandungan kolagen di dalam minyak bulus terbukti secara ilmiah bukan hanya bisa mengembalikan kelenturan kulit, tapi juga membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak agar kembali normal.

Tak heran jika ini membuat minyak bulus menjadi salah satu andalan kaum hawa untuk menjaga wajahnya agar tetap cantik dan memesona.

Mengencangkan payudara

Ini adalah salah satu manfaat minyak bulus yang sangat populer. Biasanya kaum hawa mencari kegunaan yang satu ini setelah mengalami payudara menurun akibat menyusui si Kecil.

Minyak bulus sendiri diketahui cukup efektif merawat payudara agar tetap kencang secara alami. Cara pemakaiannya hanya dengan mengoleskannya secara rutin pada area payudara dan memijatnya secara perlahan.

Menjaga suhu tubuh

Zat besi yang ada di dalam minyak bulus juga sangat penting untuk mengatur suhu tubuh. Ini dapat berdampak pada metabolisme tubuh dalam menyerap gizi dan enzim yang efisien.

Tak hanya itu, zat besi juga diketahui berperan penting untuk mengirim oksigen ke sel tubuh dan membantu berbagai organ untuk berfungsi sebagaimana mestinya.

Mengobati luka pada kulit

Masih dengan kandungan kolagen dan anti bakteri di dalamnya, minyak bulus juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka akibat goresan, sayatan, terjatuh, atau sebab lainnya.

Caranya pun sama mudahnya dengan untuk mengatasi jerawat. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak bulus pada area kulit yang terluka secara berkala sampai lukamu benar-benar pulih seutuhnya.

Baca juga: Inilah Deretan Buah, Mengandung Vitamin C Tinggi

Beberapa klaim manfaat minyak bulus yang masih harus dibuktikan secara medis

Meski dianggap memiliki berbagai khasiat, namun tidak semua klaim yang diberikan dari minyak bulus sudah terbukti secara ilmiah, misalnya beberapa yang tercantum di bawah ini:

Membuat wajah terlihat lebih muda

Seperti bahan yang berasal dari alam pada umumnya, sifat dan kualitas minyak penyu sangat bervariasi. Semua kembali lagi pada sumber dan bagaimana metode pemurnian yang dipakai.

Adapun klaim bahwa minyak ini bisa membuat wajah terlihat lebih muda, masih perlu penelitian lebih lanjut.

Hal ini karena beberapa bahan aktif termasuk yang diambil dari kelenjar penyu bisa hilang seiring dengan proses pemanasan dan kimiawi saat organ penyu diekstraksi dan dimurnikan.

Kaya akan vitamin A

Minyak bulus juga sering diklaim kaya akan kandungan vitamin A. Fakta ini tidak sepenuhnya salah mengingat tempurung kura-kura memang memiliki kandungan vitamin tersebut.

Akan tetapi sering terjadinya proses pemanasan, terutama saat minyak disaring melalui kaolin atau arang untuk memperbaiki warna dan baunya, vitamin A tersebut pun menjadi menguap dan hilang.

Bagaimana cara menggunakan minyak bulus?

Dilansir dari Healthfully, minyak penyu dapat dikonsumsi secara oral sebagai kapsul padat atau dalam bentuk cair. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya secara eksternal melalui aplikasi topikal produk kulit yang mengandung minyak bulus.

Minyak ini juga dapat dikonsumsi misalnya dengan menjadikan lemaknya sebagai bahan pembuatan sup penyu.

Apabila kamu ingin memperoleh manfaat minyak bulus bagi kesehatan ataupun kecantikan, maka beberapa hal yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Memastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu
  2. Menggunakan atau mengonsumsi minyak ini dalam jumlah yang telah disetujui oleh dokter
  3. Jika muncul reaksi alergi selama kamu memakai minyak ini, segera hentikan pemakaian minyak tersebut.

Reaksi alergi

Saat kamu memakai minyak bulus baik secara oral maupun eksternal, terdapat kemungkinan kamu akan mengalami reaksi alergi.

Hal ini sangat wajar, karena minyak ini sampai dengan saat ini belum diuji pada manusia, sehingga sedikit yang diketahui tentang kemungkinan reaksi alergi yang bisa muncul.

Adapun tanda-tanda reaksi alergi serius yang bisa terjadi di antaranya termasuk kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah dan tenggorokan, gatal-gatal, dan ruam kulit.

Jika kamu merasa ada reaksi alergi terhadap minyak ini, segera dapatkan bantuan medis untuk memproleh penanganannya.

Pertimbangan etis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak ini dibuat dengan cara mengekstrak otot dan jaringan genital penyu raksasa.

Hal ini menjadi perhatian khusus mengingat keberadaan penyu raksasa sendiri saat ini termasuk sebagai spesies yang terancam punah di banyak wilayah di dunia.

Oleh karena itu, pembelian minyak bulus semakin dilarang karena bisa mendorong perburuan penyu dan dapat mempercepat kepunahan spesies tersebut.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Turtle Oil, https://www.cosmeticsandskin.com/cdc/turtle.php diakses pada 12 Oktober 2020

 

Green Turtle facts, https://www.healthbenefitstimes.com/green-turtle/ diakses pada 12 Oktober 2020

 

Turtle Oil’s Qualities for Lungs, https://healthfully.com/267745-turtle-oils-qualities-for-lungs.html diakses pada 12 Oktober 2020

 

Eating Turtles to Cure Erectile Dysfunction, https://www.edrugstore.com/blog/erectile-dysfunction/cialis/eating-turtles-to-cure-erectile-dysfunction/ diakses pada 12 Oktober 2020

 

TORTOISE SHELL with Brief Reports on Treating Aplastic Anemia and Parkinson’s Disease, http://www.itmonline.org/arts/tortois2.htm diakses pada 12 Oktober 2020

 

    Berita Terkait
    register-docotr