Info Sehat

Jamur Lingzhi Punya Banyak Manfaat, Salah Satunya Tingkatkan Kekebalan Tubuh!

January 10, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tak hanya memiliki bentuk yang unik saja, manfaat jamur lingzhi ternyata sangat berlimpah, lho. Mulai dari tingkatkan sistem kekebalan hingga menjaga kesehatan jantung. Yuk simak fakta selengkapnya menyenai jamur lingzhi di sini.

Baca juga: Manfaat Ajaib Jamur Tiram: Jaga Imun dan Sehatkan Jantung!

Mengenal jamur lingzhi

Jamur lingzhi (Ganoderma lucidum) adalah jamur yang telah lama digunakan sebagai tanaman obat di China, Jepang, ataupun negara Asia lainnya. Di China, Ganoderma lucidum dikenal sebagai lingzhi. Sedangkan, di Jepang jamur lingzhi disebut dengan reishi.

Jamur lingzhi merupakan jenis jamur yang langka. Jamur ini bewarna gelap, berukuran besar, serta bertekstur seperti kayu dengan efek mengkilap. Jamur lingzhi biasanya tumbuh di area yang panas dan lembap.

Kandungan jamur lingzhi

Sudah lama digunakan sebagai jamur herbal, lingzhi memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari laman NCBI, berikut adalah beberapa kandungan nutrisi jamur lingzhi.

  • Karbohidrat: 26-28 persen
  • Lemak kasar: 3-5 persen
  • Serat kasar: 59 persen
  • Protein kasar: 7-8 persen

Di sisi lain, mayoritas jamur juga mengandung beberapa mineral, seperti kalium, kalsium, fosfor, magnesium, air, selenium, zat besi, serta zinc. Sebagai tambahan, jamur lingzhi juga mengandung berbagai vitamin, serat makanan, serta asam amino.

Di dalam jamur lingzhi, terdapat beberapa molekul bioaktif, seperti tripetinoid, polisakarida, serta peptidoglikan yang menunjang manfaat kesehatan. Memiliki banyak kandungan nutrisi penting, maka tak heran jika manfaat jamur lingzhi sangat banyak.

Manfaat jamur lingzhi untuk kesehatan

Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat jamur lingzhi bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat penting yang dimiliki oleh jamur lingzhi adalah meningkatkan sistem imun. Pada penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa jamur lingzhi dapat memengaruhi gen yang terdapat di dalam sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Lebih lanjut, penelitian tersebut juga menemukan bahwa beberapa bentuk dari jamur lingzhi dapat mengubah jalur peradangan pada sel darah putih.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan pada pasien kanker telah menunjukkan bahwa beberapa molekul yang ditemukan di dalam jamur lingzhi dapat meningkatkan sejenis sel darah putih yang disebut sebagai sel pembunuh alami, yang dapat melawan infeksi dan kanker.

Dalam penelitian lainnya, jamur lingzhi dapat meningkatkan fungsi limfosit, yang dapat membantu melawan infeksi ataupun kanker pada atlet.

2. Membantu melawan kanker

Kebanyakan orang mengonsumsi jamur yang juga dikenal sebagai reishi ini untuk memperoleh manfaat anti-kanker yang dimilikinya.

Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 4.000 pejuang kanker payudara, sekitar 59 persen mengonsumsi jamur lingzhi.

Manfaat jamur lingzhi juga telah dipelajari karena perannya dalam mencegah atau melawan kanker kolorektal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengobatan satu tahun dengan jamur lingzhi dapat menurunkan jumlah dan ukuran tumor pada usus besar.

Laporan rinci dari berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa jamur lingzhi dapat bermanfaat bagi pasien kanker. Manfaat ini meliputi, peningkatan aktivitas sel darah putih di dalam tubuh, yang dapat membantu melawan kanker.

Baca juga: Kantong Teh Mengandung Zat Karsinogenik Pemicu Kanker: Mitos atau Fakta?

3. Membantu mengatasi kelelahan dan depresi

Manfaat lain dari jamur lingzhi adalah dapat meredakan kelelahan serta depresi, yang mana hal ini bisa meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik.

Satu studi meneliti manfaat jamur lingzhi terhadap 132 orang dengan neurastenia, yakni kondisi yang dikaitkan dengan rasa sakit, pusing, sakit kepala, serta mudah tersinggung.

Peneliti menemukan bahwa, kelelahan dapat berkurang dan kesejahteraan dapat meningkat setelah 8 minggu pastisipan mengonsumsi suplemen G. lucidum.

Studi lain juga menemukan bahwa kelelahan dapat berkurang setelah 4 minggu mengonsumsi bubuk lingzhi pada kelompok yang terdiri dari 48 penderita kanker payudara. Partisipan juga mengalami lebih sedikit kecemasan dan depresi.

4. Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa molekul yang terkandung dalam jamur lingzhi dapat menurunkan gula darah. Beberapa penelitian awal pada manusia juga melaporkan temuan yang serupa.

Meskipun demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat ini. Sebab, beberapa penelitian menemukan hasil yang berbeda.

5. Menjaga kesehatan jantung

Satu studi yang dilakukan selama 12 minggu terhadap 26 orang menunjukkan bahwa jamur lingzhi dapat meningkatkan kolesterol HDL “baik” sekaligus menurunkan trigliserida.

Meskipun demikian, penelitian lainnya yang dilakukan terhadap orang dewasa sehat tidak menunjukkan perbaikan pada faktor tersebut.

6. Antioksidan pada jamur lingzhi

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan penting dalam pemcegahan kanker ataupun penyakit lainnya. Antioksidan dapat melindungi komponen seluler dari kerusakan oksidatif.

Berbagai komponen jamur lingzhi, khususnya polisakarida dan triterpenoid menunjukkan aktivitas antioksidan.

Meskipun demikian, beberapa penelitian tidak menemukan perubahan pada tingkat dua enzim antioksidan penting di dalam darah setelah mengonsumsi jamur lingzhi selama 4 hingga 12 minggu.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat jamur lingzhi. Jamur lingzhi tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Hal ini dilakukan guna menghindari efek samping yang mungkin saja dapat ditimbulkan.

Selain itu, ibu hamil atau menyusui, seseorang dengan kelainan darah, seseorang yang akan menjalani operasi atau memiliki tekanan darah rendah juga disarankan untuk menghindari konsumsi jamur ini.

Punya pertanyaan lebih lanjut terkait kesehatan? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 30 Desember 2020. 6 Benefits of Reishi Mushroom (Plus Side Effects and Dosage) 

Medical News Today (2019). Diakses pada 30 Desember 2020. Everything you need to know about reishi mushrooms 

NCBI. Diakses pada 30 Desember 2020. Ganoderma lucidum (Lingzhi or Reishi) 

    register-docotr