Info Sehat

Manfaat Filter Air Minum untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

October 24, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Air adalah komponen kimia utama pada tubuh yang membentuk sekitar 50 persen hingga 70 persen berat badan. Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Oleh karenanya, mencukupi asupan air setiap hari merupakan hal penting.

Namun, agar terhindar dari kontaminan dan zat berbahaya, kamu harus jeli dalam memehuhi asupan air dalam tubuh. Di sinilah peran filter air sangat dibutuhkan.

Baca juga: Jangan Terlewat, Ini 5 Manfaat Konsumsi Air Putih untuk Moms dan Janin

Berbagai manfaat filter air minum

Baik kamu mengonsumsi air dalam kemasan, maupun air keran yang telah dimasak, memerhatikan air minum yang kamu konsumsi itu sangat penting lho.

Filter air dirancang untuk menghilangkan jenis kontaminan air tertentu. Air yang bebas kontaminan ataupun zat-zat berbahaya memiliki banyak sekali manfaat. Nah, berikut adalah manfaat filter air minum yang wajib kamu ketahui.

1. Menghilangkan kontaminan dan zat berbahaya

Air yang difilter tidak mengandung bahan kimia maupun kontaminan air seperti fluoride dan chloride, bahan kimia ini biasanya digunakan untuk membersihkan air keran dari kontaminan. Ini bekerja dengan baik, tetapi kedua bahan kimia tersebut juga tidak terlalu sehat.  

Tak hanya itu, manfaat filter air minum lainnya yakni dapat mengurangi risiko kanker kolorektal, kanker usus besar, serta kanker kandung kemih dengan cara menhilangkan chlorine dari air minum.

Air yang difilter juga tidak mengandung:

  • Arsenik: Karsinogenik yang kuat, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker
  • Aluminum: Jika pasokan air difilter dengan cara yang buruk, ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi aluminum, yakni logam yang telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer, ketidakmampuan belajar pada anak-anak, masalah pada kulit, atau bahkan penyakit hati
  • Cryptosporidium dan giardia: Manfaat filter air minum juga dapat mengurangi risiko penyakit gastrointestinal hingga lebih dari 33 persen dengan cara menghilangkan cryptosporidium dan giardia

2. Memiliki rasa dan bau yang lebih baik

Karena kotoran sudah dihilangkan, filter air juga dapat membuat air minum memiliki rasa dan bau yang lebih baik. Rasa yang lebih menyegarkan memberikan kepusan tersendiri setelah meminum air yang telah difilter.

Air keran cenderung memiliki rasa dan bau seperti chlorine, sedangkan air suling sebagian besar mineralnya hilang. Nah, air yang difilter ini memang dapat menghilangkan kontaminan, namun tetap meninggalkan mineral yang membuat air memiliki rasa lebih baik.

3. Meningkatkan metabolisme

Air yang difilter dapat membantu mempercepat metabolisme, yang mana hal ini sangat penting untuk berfungsinya tubuh. Nah, dengan mempercepat metabolisme, air yang difilter dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, metabolisme yang cepat juga tidak hanya menjaga fungsi tubuh saja, tetapi juga membantu pencernaan yang lebih baik.

Baca juga: Diet Cuma dengan Air Putih Bisa Punya Tubuh Ideal? Bisa Kok, Asal…

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat filter air minum yang juga bisa kamu peroleh adalah dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Seperti yang kita tahu bahwa industri kosmetik kini semakin berkembang, banyak wanita yang menginginkan kulit yang sehat. Namun, ini tidak akan terbantu jika terus mengonsumsi minuman manis dan bersoda.

Tetapi kamu tak perlu khawatir, karena hal tersebut dapat dibantu dengan minum air yang telah disaring atau difilter. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan hidrasi dan kesehatan kulit.

5. Mengeluarkan racun dari tubuh

Detoksifikasi yang tepat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meminum air yang telah difilter adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Air yang difilter tidak hanya dapat menghilangkan bahan kimia dan kontaminan dari air saja, tetapi juga dapat membantu menjaga simpanan mineral yang sehat untuk kesejahteraan tubuh.

Tak hanya itu, air yang difilter juga dapat menjaga keseimbangan pH yang sehat dalam tubuh lho.

6. Meningkatkan kesehatan tubuh

Meminum air yang telah difilter sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama bagi anak-anak. Filter air menyediakan air sehat untuk sistem kekebalan anak yang sedang berkembang.

Memberikan anak air berkualitas tinggi adalah salah satu cara terbaik untuk perkembangan tubuh anak.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat filter air minum. Memenuhi asupan air dalam tubuh memang penting, namun perhatikan juga kualitasnya ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Cleanwater.ie. Diakses pada 15 Oktober 2020. 7 Benefits of Filtered Water

Drink Filtered (2020). Diakses pada 15 Oktober 2020. The Health Benefits of Drinking Filtered Water 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 15 Oktober 2020. Water: How much should you drink every day? 

Watercare (2018). Diakses pada 15 Oktober 2020. 6 Real Benefits of Filtered Tap Water 

 

    register-docotr