Info Sehat

Sederet Manfaat Daun Bidara, dari Obat Jerawat hingga Mencegah Kanker

May 12, 2020 | Santi Andriani
no-image

Tanaman bidara atau nama latinnya Ziziphus Mauritiana memiliki segudang manfaat. Termasuk manfaat daun bidara dalam bidang kesehatan, seperti membantu menyembuhkan luka hingga mencegah kanker.

Bagi umat muslim sendiri, nama bidara atau widara barangkali bukan lagi sesuatu yang asing. Nama tumbuhan ini disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits yang notabene adalah petunjuk hidup bagi umat Islam.

Memiliki kandungan protein, asam amino, flavonoid, alkaloid, glikosida, hingga terpenoid, saponin, serat, tanin dan senyawa fenolik, bidara terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Sebelum Dikonsumsi, Pelajari Dulu Obat Pengencer Dahak Acetylcysteine

Manfaat daun bidara untuk kesehatan

Manfaat daun bidara untuk kesehatan. Foto: https://www.hear.org

1. Mengatasi jerawat

Hampir semua orang terutama yang menginjak usia pubertas memiliki masalah yang satu ini. Tidak mengganggu kesehatan memang, tetapi cukup memengaruhi penampilan. Sehingga perlu segera dibereskan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan daun bidara.

Caranya lumatkan daun bidara yang sudah dicuci bersih, sampai halus, kemudian jadikanlah masker, tunggu  sampai agak mengering kemudian bilas dengan air bersih. Lakukanlah secara teratur untuk hasil yang optimal.

2. Menyembuhkan luka

manfaat daun bidara
Ilustrasi menghilangkan bekas luka. Foto: https://www.popsci.com/

Daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Kedua kandungan ini efektif digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka. Bila ada bagian tubuh kamu yang terluka entah karena sayatan, lecet atau akibat goresan, remaslah daun bidara dan tempelkan pada luka tersebut.

Selain itu, daun bidara juga bisa kamu gunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Bahkan bisa mencegah bekas luka bakar pada kulit.

3. Mencegah diabetes

manfaat daun bidara
Daun bidara mengobati diabetes. Foto: https://www.eatthis.com

Diabetes adalah ancaman penyakit serius yang sangat mengkhawatirkan. Bukan hanya yang berusia tua, mereka yang masih berusia muda pun sudah mulai berisiko menderita penyakit ini.

Untuk menurunkan risiko terkena diabetes, kamu bisa mengonsumsi daun bidara. Caranya rebus beberapa helai daun bidara dan konsumsi secara rutin. Jangan lupa kurangi konsumsi karbohidrat dan gula.

4. Mencegah kanker

Kanker adalah pembunuh nomor satu tidak hanya di Indonesia, melainkan juga dunia. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengonsumsi daun bidara. 

Menurut studi Farmakognostik di India, membuktikan daun Ziziphus mauritiana mengandung antioksidan secara spektrofotometri yang dapat mencegah penyakit kanker.

5. Menyehatkan lambung

manfaat daun bidara
Menjaga kesehatan lambung. Foto: https://www.shutterstock.com

Lambung termasuk organ vital tubuh manusia, maka menjaga kesehatan lambung adalah hal yang semestinya dilakukan karena organ ini selalu dilibatkan kinerjanya setiap asupan makanan masuk.

Untuk menjaga kesehatan lambung, salah satu caranya adalah mengonsumsi daun bidara ini. Untuk kamu yang terkena maag atau meningkatnya asam lambung, rutinlah meminum ramuan daun bidara. Cara ini terbukti ampuh mengatasinya.  

6. Manfaat daun bidara untuk mengatasi gangguan tidur

Buat kamu yang bermasalah dengan tidur layaknya gangguan tidur atau insomnia, atasi dengan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa kamu dapatkan dengan dibuat teh dan diminum sebelum tidur.

Teh daun bidara diketahui mengandung saponin. Sebuah senyawa yang dapat memberikan efek menenangkan. Dengan begitu kamu merasa lebih rileks dan siap tidur.

7. Perawatan rambut

untuk menjaga kesehatan rambut. Foto: https://pixabay.com

Rambut indah dan lebat bisa kamu wujudkan bila dirawat dengan baik. Salah satu usaha perawatan rambut yang hemat dan alami adalah menggunakan daun bidara. Daun ini bisa membuat rambut menjadi hitam, panjang dan bersinar karena kandungan fitokimia di dalamnya.

8. Manfaat daun bidara untuk menjaga kesehatan mulut

Apakah kamu pernah mengalami gangguan mulut bau dan dan tenggorokan tidak nyaman, atau sering sariawan? Meminum ramuan daun bidara dapat mengurangi panas dalam, sariawan dan bakteri yang menetap di dalam mulut.

9 . Mengobati flu

Daun bidara untuk mengatasi flu. sumber foto: next care

Daun bidara mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa mencegah flu bahkan bagi kamu yang sudah terkena dapat sembuh bila rutin meminum ramuan daun bidara ini.

10. Manfaat daun bidara untuk menurunkan kolesterol jahat

Kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh kamu bisa diturunkan dengan rajin mengonsumsi serat yang larut dalam air. Serat tersebut bisa kamu dapatkan dari teh daun bidara.

Caranya cukup rebus daun bidara dan minum. Ramuan ini akan mengikat kolesterol yang ada dalam sistem pencernaan dan membuangnya bersama dengan feses.

11. Mengobati wasir

Untuk mengobati wasir. Foto: https://parenting.firstcry.com

Manfaat daun bidara selanjutnya adalah dapat mengatasi wasir. Memang ini bukan penyakit yang mematikan. Tetapi jelas sangat mengganggu aktivitas penderitanya.

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan daun bidara. Bisa juga dengan menempelkan daun bidara langsung ke bagian anus yang membengkak.

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Diare Bisa Sebabkan Komplikasi

12. Membantu menurunkan berat badan

Buat kamu yang sedang bermasalah dengan berat badan, konsumsilah air rebusan daun bidara yang telah direndam semalaman. Bisa juga dengan mengonsumsi teh bidara. Dengan cara ini, kamu akan merasa kenyang lebih lama dan proses pembakaran lemak jadi lebih cepat.

Dengan kandungan yang sangat istimewa tak salah bila daun bidara memiliki banyak sekali manfaat kesehatan dan digunakan pada industri obat farmasi. Semoga kamu juga mendapatkan manfaatnya.  

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Berita Terkait
register-docotr