Info Sehat

Mandi Air Belerang, Bermanfaat Tapi Juga Berisiko untuk Kesehatan

May 14, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pemandian air panas umum biasanya mengandung mineral alami dan salah satunya adalah belerang. Beberapa orang meyakini air dengan kandungan mineral tersebut bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. 

Di satu sisi memang ada manfaatnya, tetapi kamu juga harus waspada dengan beberapa risikonya. Berikut penjelasan manfaat dan risiko dari mandi air belerang di pemandian umum. 

Berendam di pemandian air panas

Mandi atau berendam di pemandian air panas alami berbeda dengan mandi dengan air biasa. Orang menyebut berendam di pemandian air panas dengan istilah balneoterapi. 

Balneoterapi ini bermanfaat karena sejumlah mineral, seperti belerang yang ada di dalam air dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Selain belerang, ada mineral lain seperti kalsium, bikarbonat, silikat, garam natrium dan magnesium. 

Apa saja manfaat mandi air belerang untuk tubuh?

Pemandian air panas alami sudah ada sejak berabad-abad lalu. Di beberapa tempat seperti di Jepang dan Islandia, pergi ke pemandian air panas bahkan menjadi budaya. 

Karena mandi dengan air panas yang mengandung mineral alami memiliki banyak manfaat.

“Ini menawarkan berbagai manfaat untuk kulit. Seperti efek menenangkan dan anti-inflamasi,” kata Joshua Zeichner MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi Rumah sakit Mount Sinai. 

Karena itu, mandi dengan air yang mengandung belerang dan mineral lainnya, dikenal dengan sejumlah manfaat seperti meredakan gejala:

Manfaat mandi air belerang lainnya

Seiring dengan berkembangnya penelitian, mandi dengan air yang mengandung mineral alami diketahui memiliki manfaat lainnya. Di antaranya:

  • Memberi dampak pada sistem kekebalan dan hormon tubuh
  • Bekerja untuk memberikan efek antiinflamasi
  • Meredakan nyeri
  • Bermanfaat sebagai antioksidan
  • Mengatasi fibromyalgia atau rasa sakit di seluruh tubuh

Selain itu, mandi air panas dengan berbagai kandungan mineral di dalamnya, mungkin bermanfaat untuk:

  • Memperbaiki kerusakan akibat paparan UV: Kandungan mineral tampaknya memiliki sifat antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas dan mungkin mengurangi risiko sengatan matahari. 
  • Perawatan masalah kulit: Dapat membantu perawatan kulit, misalnya membantu mengatasi iritasi kulit akibat penggunaan retinoid atau mengurangi peradangan akibat eksim.
  • Menyeimbangkan mikrobioma: Mandi air panas alami dapat membantu menyeimbangkan mikrobioma atau tingkat bakteri sehat dan tidak sehat yang ada di kulit. Ini juga dapat membantu mengatasi masalah kulit tertentu seperti psoriasis. 

Penelitian juga terus dikembangkan untuk mengetahui potensi atau kemungkinan penggunaan air belereng untuk mengobati kondisi tertentu pada organ dalam manusia.

Risiko mandi air belerang

Walaupun ada sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi mandi air belerang di pemandian umum juga memiliki risiko yang membahayakan. Risiko tersebut di antaranya:

Adanya kandungan hidrogen sulfida

Ini ditemukan pada pemandian air panas dengan kandungan belerang yang tinggi. Hidrogen sulfida ini adalah gas tidak berwarna yang memiliki ciri khas berbau busuk. 

Gas ini beracun, mudah terbakar dan korosif dalam konsentrasi tertentu. Efek toksiknya sebanding dengan karbon dioksida dan sianida dalam konsentrasi tertentu.

Jika terkena paparan akut tingkat tinggi dapat mengancam jiwa. Semenrata jika terpapar dalam jangka panjang dapat merugikan kesehatan manusia. 

Walaupun dalam tingkat tertentu, yang sangat rendah, dapat memberikan efek positif untuk tubuh, termasuk mendorong proses penyembuhan atau efek terapi. 

Suhu yang dapat membahayakan

Pemandian air belerang umumnya berupa pemandian air panas yang suhunya cukup panas. Tanpa disadari, air bisa menjadi lebih panas dan mampu membuat kulit melepuh. Bisa menyebabkan luka bakar serius atau bahkan bisa menyebabkan kematian. 

Tingkat keasaman 

Setiap pemandian air panas alami memiliki kandungan mineral yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya ada yang memiliki tingkat keasaman tinggi. Ini bisa mengiritasi kulit dan mata saat kamu berendam di dalamnya. 

Risiko adanya mikroorganisme berbahaya

Mata air alami mengandung banyak mikroorganisme berbeda. Mereka dapat menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui air. Dapat menyebabkan ruam, infeksi bahkan penyakit saluran pencernaan. 

Apakah ada alternatif lain? 

Jika kamu ingin menghindari mandi air belerang di pemandian umum, saat ini sudah ada beberapa pilihan alternatif. 

Kemajuan teknologi membantu orang untuk menciptakan sanus per aquam (SPA). Pastinya kamu sudah tidak asing dengan SPA, yang sebenarnya memiliki arti health through water alias sehat melalui air. 

Nah kamu bisa merasakan sensasi berendam air panas di SPA. Bahkan beberapa SPA juga sudah mengadopsi balneoterapi, yang memungkinkan kamu berendam dalam air bermineral. 

Selain itu, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat belerang tanpa harus berendam. Kamu bisa menggunakan sabun mandi dengan kandungan belerang dan tetap mendapat manfaatnya. 

Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit oles dengan kandungan belerang. Kandungan belerang di dalamnya akan tetap memberikan manfaat untuk kesehatan kulitmu. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr