Info Sehat

Punya Darah Rendah, Ini Daftar Makanan yang Baik untuk Kamu Konsumsi

March 22, 2021 | Dani Kosasih | dr. Ario W. Pamungkas
no-image

Saat dokter mendiagnosis hipotensi, dokter akan memberikan kamu rekomendasi beberapa jenis makanan untuk darah rendah.

Tekanan darah normal pada orang sehat berkisar antara 110-120/80 mmHg. Jika tekanan darah kurang 90/60 mmHg, maka kamu mengalami darah rendah.

Apa saja pilihan makanan untuk menaikkan tekanan darah yang bisa kamu konsumsi? Yuk cari tahu dalam ulasan berikut ini!

Gejala tekanan darah rendah

Terkadang, kondisi darah rendah bagi beberapa orang tidak terlalu berbahaya. Namun, pada beberapa kasus, tekanan darah rendah yang tidak normal dapat menyebabkan pusing bahka pingsan. Dalam kasus tertentu, tekanan darah rendah juga dapat mengancam jiwa.

Beberapa gejala umum pada penderita tekanan darah rendah, seperti:

  • Kepala terasa pusing
  • Penglihatan kabur atau memudar
  • Mual
  • Mudah lelah
  • Kurang konsenterasi
  • Pingsan

Makanan untuk darah rendah

Guna mencegah berbagai gejala tekanan darah rendah maka memilih makanan untuk darah rendah secara tepat merupakan salah satu solusi mudah dan alami.

Beberapa makanan untuk darah rendah adalah:

Makanan yang kaya akan vitamin B 12

Saat kamu kekurangan vitamin B12, tubuh akan mudah terserang anemia yang akhirnya menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B 12, seperti:

  • Telur
  • Sereal
  • Produk turunan susu
  • Daging sapi atau daging merah

Bagaimana jika kamu vegan?

Vitamin B-12 termasuk kandungan dalam makanan untuk menaikan tekanan darah. Tapi, kebanyakan sumber dari nutrisi ini adalah daging yang tidak dijamah oleh vegetarian. Itu sebabnya, para vegetarian cenderung mengalami kekurangan vitamin B-12.

Nah, untuk para vegan yang ingin meningkatkan asupan vitamin B-12 untuk menaikan tekanan darah, kamu bisa coba beberapa sumber nutrisi ini dalam:

  • Yoghurt
  • Susu rendah lemak
  • Susu nabati dengan kandungan vitamin B-12
  • Keju
  • Susu
  • Sereal yang diperkaya vitamin B-12

Meskipun rumput laut, alga dan beberapa jamur mengandung vitamin B-12, makanan ini tidak akan memberikan pengaruh banyak. Bahkan, kamu masih bisa mengalami defisiensi vitamin B-12 jika hanya mengandalkan makanan ini.

Makanan untuk menaikkan tekanan darah

Saat tubuh kekurangan folat, efek yang sama akan dirasakan dengan kondisi tubuh saat kekurangan vitamin B12.

Untuk itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan folat menjadi pilihan serius bagi kamu penderita tekanan darah rendah.

Beberapa contoh makanan yang kaya akan folat, adalah:

  • Asparagus
  • Hati
  • Sawi
  • Brokoli
  • Bayam
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Daging merah
  • Ayam
  • Makanan laut
  • Telur
  • Susu dan produk turunan susu

Makanan asin

Makanan asin dapat menjadi bagian dari makanan untuk menaikkan tekanan darah yang bisa kamu konsumsi.

Beberapa contoh makanan asin yang bisa kamu konsumsi, adalah:

  • Ikan asin
  • Ikan asap
  • Makanan kalengan
  • Zaitun
  • Keju cottage sebagai sarapan ringan atau makan siang

Khusus untuk makanan asin, bagi orang dengan usia di atas 30 tahun, makanan asin dapat menyebabkan gangguan jantung dan ginjal.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan garam ke dalam makanan.

Teh licorice

Teh licorice merupakan salah satu teh herbal yang terbuat dari akar tanaman licorice dan penuh khasiat. Teh licorice dapat mengurangi efek aldosteron, yaitu hormon yang membantu mengatur dampak garam pada tubuh.

Licorice dapat meningkatkan tekanan darah, itu sebabnya makanan atau teh yang mengandung licorice tidak disarankan jika kamu berusia lebih dari 40 tahun dan memiliki riwayat maslaah jantung dan tekanan darah tinggi.

National Health Service (NHS) mencatat konsumsi licorice lebih dari 57 gram per hari selama 2 minggu dapat meningkatkan tekanan darah kamu dan memicu terjadinya detak jantung yang tidak beraturan atau arrhythmia.

Menurut British Medical Journal Trusted, mengonsumsi teh licorice dapat meningkatkan tekanan darah kamu secara efisien.

Makanan dan minuman berkafein untuk meningkatkan tekanan darah

Makanan dan minuman mengandung kafein sangat bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah. Kafein bekerja dengan cara merangsang sistem kardiovaskular untuk meningkatkan detak jantung.

Meskipun kafein dapat meningkatkan tekanan darah secara dramatis dalam waktu singkat, tapi penyebab pasti efek ini masih belum diketahui.

Situs kesehatan mayoclinic menyebut beberapa peneliti percaya jika kafein dapat menghambat hormon yang dapat melebarkan arteri. 

Sementara lainnya beranggapan kalau kafein dapat menyebabkan kelenjar adrenalin untuk melepaskan lebih banyak adrenalin yang meningkatkan tekanan darah.

Apa saja makanan yang mengandung kafein?

Berikut ini adalah makanan yang mengandung kafein yang bisa kamu andalkan untuk meningkatkan tekanan darah:

  • Kacang cola
  • Cokelat
  • Guarana
  • Kopi
  • Teh

Tidak berlaku pada semua orang

Tidak semua orang merasakan efek yang sama dari kafein ini. Untuk memastikan bahwa kefein termasuk makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah kamu, cobalah untuk mengukur tekanan darah sebelum mengonsumsi makanan yang mengandung kafein.

Lalu ukur kembali 30-120 menit setelahnya dan lihat perbandingan keduanya. Jika tekanan darah naik sekitar 5-10 poin, maka kamu termasuk orang yang sensitif terhadap efek kafein terhadap tekanan darah ini.

Makanan dan minuman yang kaya kandungan air

Mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan air sangat disarankan apabila kamu memiliki kondisi tekanan darah rendah. Karena dehidrasi akan menurunkan volume darah hingga menyebabkan tekanan darah turun.

Beberapa jenis makanan untuk darah rendah yang kaya akan air, seperti:

  • Semangka
  • Stroberi
  • Jeruk
  • Tomat
  • Paprika
  • Mentimun
  • Anggur
  • Selada
  • Seledri
  • Yoghurt tanpa rasa

Memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih secukupnya sangat disarankan bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah.

Setiap hari, perempuan membutuhkan 11,5 gelas air per hari untuk tetap dalam kadar hidrasi yang baik. Sementara laki-laki membutuhkan 15,5 gelas air per hari. Jumlah ini akan meningkat kalau kamu memiliki aktivitas yang tinggi yang dapat meguras cairan tubuh.

Faktor risiko dehidrasi

Jika kamu memiliki tekanan darah rendah, kamu harus berhati-hati terhadap faktor risiko dehidrasi berikut ini:

  • Pekerja luar ruangan yang terekspos panas yang berlebihan
  • Lansia
  • Memiliki penyakit kronis
  • Atlet
  • Bayi dan anak kecil
  • Tinggal di dataran tinggi

Tips untuk menghindari tekanan darah rendah

Selalu konsultasikan kondisi kesehatan dan tekanan darah kepada dokter. Konsultasi diperlukan untuk mengetahui makanan apa yang baik untuk penderita tekanan darah rendah.

Olahraga aerobik setidaknya 30 menit secara rutin juga berdampak baik bagi kesehatan pembuluh darah.

Selain, itu, ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan agar tekanan darah tetap terjaga.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai langkah awal mengubah pola konsumsi makanan dan minuman untuk meningkatkan tekanan darah:

  • Makanlah dalam porsi kecil lebih sering.
  • Hindari mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan.
  • Minumlah lebih banyak air dan batasi alkohol.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait jenis dan aturan dalam membuat daftar makanan untuk darah rendah, kamu bisa  berkonsultasi bersama dokter di layanan aplikasi Good Doctor.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. mayoclinic.org. Diakses 29 Mei 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20355465
  2. healthline.com (2017). Diakses 29 Mei 2020. https://www.healthline.com/health/low-blood-pressure-diet#what-to-eat
  3. ncbi.nlm.nih.gov. Diakses 29 Mei 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4480140/
  4. mayoclinic.org. Diakses 29 Mei 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/diagnosis-treatment/drc-20355470
  5. MedicalNewsToday, diakses 21 Maret 2021. Vitamin B-12 foods for vegetarians and vegans
  6. Healthline, diakses 21 Maret 2021. Dehydration: Causes, Symptoms, Treatment, and More
  7. WebMD, diakses 21 Maret 2021. 5 Foods High in Caffeine and Why You Should Avoid Them
  8. MayoClinic, diakses 21 Maret 2021. Caffeine: How does it affect blood pressure?
  9. NHS, diakses 21 Maret 2021. Can eating too much black liquorice be bad for you?
    Berita Terkait
    register-docotr