Info Sehat

6 Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi, Ini Daftar Lengkapnya!

January 13, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh tak boleh dibiarkan terlalu lama, karena bisa memicu timbulnya berbagai penyakit. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi asupan makanan tertentu. Ya, ada beberapa makanan pantangan kolesterol yang sebaiknya dihindari.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja makanan tersebut, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Sekilas tentang kolesterol

Kolesterol merupakan zat lilin berlemak yang secara alami dihasilkan oleh hati, serta dapat ditemukan pada produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Kolesterol memainkan peran penting dalam produksi hormon, vitamin D, dan empedu untuk mencerna lemak.

Karena kolesterol tidak bisa bercampur dengan baik pada darah, maka zat itu diangkut oleh partikel yang disebut lipoprotein, yaitu lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL).

LDL sering dikategorikan sebagai ‘kolesterol jahat’, karena bisa memicu penumpukan plak di pembuluh darah arteri. Sedangkan HDL, membantu mengeluarkan kelebihan kolesterol dari tubuhmu, maka disebut dengan ‘kolesterol baik’.

Kadar kolesterol tinggi sendiri mengacu pada terlalu banyaknya LDL di dalam darah, yaitu di atas 160 mg/dL. Jika dibiarkan, keadaan tersebut dapat meningkatkan sejumlah penyakit serius, terutama yang berhubungan dengan organ kardiovaskular seperti jantung.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh! Ini 5 Efek Kolesterol Tinggi Terhadap Kesehatan

Daftar makanan pantangan kolesterol

Mengutip dari Healthline, 25 persen kolesterol di dalam tubuh manusia berasal dari makanan. Saat kadarnya sudah tinggi, penting untuk membatasi atau bahkan menjauhi secara total asupan tersebut. Berikut adalah beberapa makanan pantangan kolesterol yang perlu dihindari:

1. Daging

Meski beberapa kalangan masih membolehkan konsumsi daging pada seseorang yang memiliki kolesterol tinggi, Harvard School of Public Health menyarankan untuk menghindarinya.

Daging mengandung lemak jenuh tidak sehat, yang asupannya dapat memicu peningkatan kolesterol jahat. Jika memiliki kadar LDL tinggi, cobalah untuk menghindari produk daging-dagingan, terutama yang memiliki garis putih (lemak).

Daging sapi bukan hanya pantangan untuk penderita kolesterol tinggi, tapi juga pasien diabetes dan penyakit jantung.

2. Jeroan atau organ dalam

Meski menjadi favorit banyak orang, jeroan atau organ dalam bisa memperburuk kondisi seseorang dengan kadar kolesterol tinggi, lho. Organ hati misalnya, salah satu jeroan yang sebaiknya benar-benar dihindari.

Menurut Kementerian Kesehatan, organ hati seberat 100 gram mengandung setidaknya 564 mg kolesterol, setara dengan 188 persen dari total konsumsi harian.

3. Telur

Satu telur besar utuh mengandung sekitar 187 mg kolesterol. Jumlah itu hampir menyentuh batas maksimal total konsumsi kolesterol harian yaitu 200 mg. Meski, sebagian dokter terkadang masih membolehkan konsumsinya dengan pola diet yang sangat ketat.

Menurut studi pada 2019 yang menganalisis data selama 30 tahun tentang konsumsi telur, asupan yang tinggi sangat berkaitan dengan berbagai gangguan organ kardiovaskular. Itulah alasan mengapa telur menempati urutan teratas dalam daftar makanan berkolesterol tinggi.

4. Udang

Meski nikmat, udang merupakan salah satu makanan pantangan kolesterol yang sebaiknya dihindari. Mengutip dari Health Grades, 3,5 ons udang yang dikukus mengandung sekitar 211 mg kolesterol. Jika diolah menggunakan tepung, keadaannya bisa lebih buruk, karena mendapat tambahan lemak.

5. Makanan yang mengandung lemak jahat

Makanan yang memiliki kandungan lemak jahat (terutama lemak trans) bisa menjadi pantangan untuk seseorang dengan kolesterol tinggi. Lemak jahat bisa memicu peningkatan LDL. Salah satu makanan dengan kandungan tersebut yang kerap disukai banyak orang adalah gorengan.

Semua makanan yang diolah dengan cara digoreng hampir pasti mengandung lemak trans. Sebab, lemak tersebut terbentuk dari proses hidrogenisasi. Molekul pada minyak yang telah dipanaskan mengontaminasi dan mengikat partikel lemak pada makanan.

6. Makanan penutup (dessert)

Es krim, pastry, cookies, dan kue manis lainnya adalah makanan tidak sehat yang cenderung tinggi kolesterol. Belum lagi, menurut Healthline, makanan itu juga tinggi lemak dan kalori yang tidak sehat.

Gula adalah salah satu komponen utama dalam pembuatan dessert. Berdasarkan sebuah studi pada 2016, konsumsi gula terlalu sering dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan kemampuan kognitif, hingga kanker.

Selain itu, makanan penutup mulut sering kali tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung proses metabolisme, misalnya, vitamin, mineral, protein, dan lemak sehat.

Nah, itulah daftar makanan pantangan kolesterol yang sebaiknya dihindari jika kamu memiliki kadar LDL tinggi. Sebaliknya, perbanyak asupan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Kementerian Kesehatan, diakses 1 Januari 2021, Hindari Makanan Tinggi Kolesterol ini.
  2. Healthline, diakses 1 Januari 2021, 11 High-Cholesterol Foods. 
  3. Healthline, diakses 1 Januari 2021, The Recommended Cholesterol Levels by Age.
  4. Health Grades, diakses 1 Januari 2021, 6 Foods to Avoid When You Have High Cholesterol.
  5. Everyday Health, diakses 1 Januari 2021, Best and Worst Foods for People With High Cholesterol.
  6. Harvard School of Public Health, diakses 1 Januari 2021, Cholesterol.
  7. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 1 Januari 2021, Relationship between Added Sugars Consumption and Chronic Disease Risk Factors: Current Understanding.
  8. JAMA Network, diakses 1 Januari 2021, Associations of Dietary Cholesterol or Egg Consumption With Incident Cardiovascular Disease and Mortality.

    Berita Terkait
    register-docotr