Info Sehat

Ini Penyebab Kuku Kaki Menghitam dan Cara Mengatasinya

June 12, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kuku kaki yang menghitam bisa tidak sedap dipandang dan umumnya kan menimbulkan rasa sakit. Berikut ini beberapa penyebab kuku kaki menghitam yang perlu kamu ketahui. 

Penyebab kuku kaki menghitam 

Penting bagi seseorang yang mengalami kuku hitam untuk memahami beberapa penyebab potensialnya. Melansir dari laman Medical News Today berikut ini penyebab kuku kaki menghitam: 

Trauma pada kuku yang terjadi berulang

Ketika seseorang memakai sepatu yang tidak pas, mereka mungkin berisiko mengalami kuku kaki hitam karena trauma berulang. Tekanan jangka panjang pada jari kaki dari sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari lecet kecil hingga berdarah di bawah kuku.

Dalam kasus ringan, kuku hitam akan tumbuh secara alami dari waktu ke waktu tanpa pengobatan. Dalam kasus yang parah, seperti ketika kuku mulai terlepas dari dasar kuku, seseorang sangat disarankan untuk segera melakukan perawatan ke dokter. 

Cedera kuku

Dalam beberapa kasus, trauma dapat berupa cedera benda tumpul misalnya, jika seseorang menjatuhkan benda berat ke kaki atau jari kaki mereka. Ketika ini terjadi, pembuluh darah di dasar kuku pecah, menyebabkan darah menggenang pada bagian tersebut. 

Jari kaki yang terluka akan mulai terasa sakit dan darah menggenang di bawah kulit. Penumpukan darah akan menyebabkan jari kaki terasa nyeri dan bengkak. Seorang dokter dapat mengobati kondisi ini dengan menguras darah menggunakan tusukan jarum.

Infeksi jamur

Infeksi jamur adalah masalah umum lainnya yang dapat menyebabkan kuku kaki menghitam terbentuk. Biasanya, infeksi jamur menyebabkan perubahan warna putih atau kekuningan. Namun, puing-puing dapat menumpuk di dekat infeksi, menyebabkan kuku tampak hitam.

Kuku kaki sangat rentan terhadap infeksi jamur, karena kaus kaki dan sepatu dapat menjadi tempat berkembang biak yang hangat dan lembab bagi jamur untuk berkembang biak. Infeksi jamur biasanya dapat dicegah dengan perawatan kaki yang tepat.

Melanoma

Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku hitam dapat disebabkan oleh melanoma. Melanoma adalah bentuk paling agresif dari kanker kulit.

Melanoma menyebabkan kulit mengembangkan satu atau lebih bercak gelap, kulit tampak tidak teratur. Dalam beberapa kasus, bagian kulit yang gelap tumbuh di bawah dasar kuku.

Melanoma berkembang perlahan, dan tanpa gejala lain, sehingga sering tidak disadari pada tahap awal, terutama jika berasal dari bawah kuku.

Perubahan pigmentasi

Warna kulit seseorang secara alami dapat berubah seiring waktu. Untuk orang dengan kulit lebih gelap, bercak gelap dapat berkembang di bawah kuku kaki. 

Perubahan pigmentasi biasanya terjadi bersamaan, jadi jika hal itu mempengaruhi jari kaki di satu kaki, biasanya akan mempengaruhi jari kaki yang cocok di kaki lainnya. Kuku juga dapat mengembangkan tambalan yang lebih gelap di bawahnya.

Kondisi yang mendasari

Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kuku kaki hitam, antara lain: 

  • Diabetes
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit jantung
  • Anemia

Dalam kebanyakan kasus, mengendalikan kondisi yang mendasarinya akan membantu kuku mendapatkan kembali warna aslinya.

Cara mengatasi kuku kaki menghitam 

Perawatan untuk kuku kaki hitam akan bervariasi tergantung pada penyebabnya seperti dilansir dari Medical News Today

  • Dalam kasus cedera benda tumpul, dokter akan membuat lubang kecil di kuku menggunakan jarum. Lubang ini yang akan membuat darah mengalir dan mengurangi banyak tekanan yang menumpuk seiring waktu.
  • Dalam kasus yang lebih parah saat infeksi telah berkembang, dokter umumnya akan meresepkan obat tambahan untuk membantu menyembuhkan cedera.
  • Jika seseorang mengalami cedera berulang, akibat memakai sepatu yang tidak pas, kemungkinan besar dokter akan merekomendasikan untuk mengistirahatkan kaki dan mengganti sepatu.
  • Kondisi yang mendasari seperti diabetes perlu ditangani terlebih dahulu oleh dokter, yang mungkin juga menyesuaikan rezim pengobatan reguler seseorang.

Seseorang mungkin dapat mengobati infeksi jamur di rumah. Krim dan salep bisa cukup untuk membunuh jamur dan membuat kuku sembuh. Ini tersedia untuk pembelian di konter dan online.

Namun, jika infeksi tidak hilang setelah beberapa hari, seseorang harus berkonsultasi dengan dokter. Dalam kasus di mana kuku yang menghitam telah menjadi kanker, dokter akan meninjau semua pilihan pengobatan yang tersedia.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kuku Agar Kuat dan Tidak Mudah Patah

Pencegahan agar kuku kaki tidak menghitam

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi risiko terkena kuku hitam. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan: 

  • Memakai tabir surya dan menghindari paparan sinar UV yang berlebihan.
  • Memakai sepatu yang pas.
  • Mengenakan alas kaki yang tepat di gym dan bekerja.
  • Mengobati kondisi medis yang mendasarinya

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2017) diakses pada 9 Juni 2021. Black toenail: Causes and treatment
  2. Healthline.com (2019) diakses pada 9 Juni 2021. Black Toenail

 

    register-docotr