Info Sehat

Apakah Kista Ginjal Bisa Sembuh? Berikut Penjelasannya

June 13, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kista bisa tumbuh di beberapa organ tubuh, termasuk di dalam ginjal. Tetapi, umumnya kista ginjal bisa sembuh dan tidak berbahaya.

Kista ginjal bisa sembuh tergantung dari kondisi kista itu sendiri. Untuk lebih mengenal kondisi tersebut, berikut penjelasan selengkapnya mengenai kista ginjal. 

Apa itu kista ginjal?

Kista ginjal adalah kantung berisi cairan yang tumbuh di ginjal. Ada dua jenis kista ginjal yang mungkin tumbuh, yaitu kista ginjal sederhana dan kista ginjal polikistik.

Kista ginjal sederhana

Hanya satu kista yang terbentuk di ginjal. Kantung kista memiliki dinding tipis dan mengandung cairan. Biasanya kista ini tidak merusak ginjal dan tidak memengaruhi fungsinya. Kista ginjal bisa sembuh dengan beberapa pengobatan.

Kista ginjal polikistik

Untuk kista jenis ini biasanya merupakan penyakit bawaan keluarga. Jika memiliki kista ginjal polikistik, dapat mengganggu fungsi ginjal.

Apakah kista ginjal bisa sembuh? Jawabannya, untuk jenis ini, baru tersedia pengobatan untuk mengelola gejala dan menghindari komplikasi.

Penyebab kista ginjal

Tidak diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan munculnya kista ginjal. Tapi ada beberapa penjelasan yang dianggap menjadi penyebab kista ginjal. Salah satunya, karena tersumbatnya tubulus. 

Tubulus adalah penyaring senyawa di dalam ginjal. Tubulus akan mengembalikan senyawa bermanfaat ke dalam darah dan membuang limbah menjadi urine. 

Penjelasan lain yang mungkin menjadi penyebab kista ginjal adalah karena kantung di area tubulus melemah dan terisi dengan cairan.

Selain itu, ada juga faktor risiko yang membuat seseorang memiliki kista ginjal, yaitu pertambahan usia. Walaupun kista ginjal bisa muncul di usia berapa saja.

Tapi, menurut penjelasan Healthline, sekitar 25 persen orang berusia 40 tahun, memiliki kista ginjal. Sementara di usia 50 tahun, sekitar 50 persen orang memiliki kista ginjal. 

Jenis kelamin juga berpengaruh pada kondisi ini. Karena pria lebih berisiko memiliki kista ginjal dibandingkan wanita. 

Gejala kista ginjal

Meski kebanyakan kista ginjal tidak menimbulkan gejala, tetapi beberapa orang mungkin mengalami gejala seperti:

  • Nyeri di punggung 
  • Nyeri di bagian perut atas atau pinggul
  • Demam jika sudah terjadi infeksi
  • Darah dalam urine
  • Sering buang air kecil

Kista ginjal bisa sembuh dengan sejumlah pengobatan

Seperti yang sudah disebutkan, kista ginjal bisa sembuh, jika termasuk dalam jenis sederhana. Pengobatan bisa dilakukan dengan konsultasi dengan dokter spesialis yang disebut urologi. 

Kabar baiknya, untuk kista ginjal sederhana, bahkan seringkali tidak membutuhkan pengobatan. Jika kista sederhana tidak menyebabkan gejala, Kista ginjal juga tidak memerlukan pengobatan selama tidak mengganggu fungsi ginjal. 

Bahkan kista ginjal bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, dokter akan meminta pasien melakukan tes berkala untuk melihat apakah terjadi pembesaran pada kista.

Karena kista sederhana mungkin membesar dan menyebabkan gejala. Saat itulah baru membutuhkan pengobatan, seperti:

Kista ginjal bisa sembuh dengan tindakan skleroterapi

Skleroterapi adalah proses pengeringan kista. Pasien akan diberikan anestesi lokal, lalu dokter akan memasukkan jarum hingga mencapai kista dan mengeluarkan cairan. Kadang, dokter mengisi kista dengan alkohol untuk mencegahnya tumbuh kembali.

Kista ginjal bisa sembuh setelah melalui proses ini. Proses tidak membutuhkan waktu yang lama. Setelah skleroterapi, pasien diperbolehkan pulang di hari yang sama.

Kista ginjal bisa sembuh dengan tindakan operasi

Pada proses ini pasien akan dibuat tidur, sementara dokter akan melakukan pengangkatan kista. Prosesnya seringkali menggunakan metode laparoskopi. 

Laparoskopi adalah tindakan dengan menggunakan alat dan kamera. Dokter hanya memerlukan sayatan kecil dan memasukan alat lewat sayatan dan melakukan operasi lewat alat tersebut.

Biasanya setelah prosedur dilakukan, pasien perlu beristirahat satu atau dua hari di rumah sakit, sebelum pulang ke rumah. 

Mengelola kista ginjal

Kista ginjal bisa sembuh jika termasuk dalam jenis sederhana. Tapi, jika jenisnya adalah kista ginjal polikistik, yang bisa dilakukan hanya mengelola gejala dan menghindari komplikasi. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Memberikan obat pereda nyeri, kecuali ibuprofen. Karena ibuprofen dapat memperburuk penyakit ginjal
  • Pemberian obat tekanan darah
  • Antibiotik
  • Diet rendah natrium
  • Mengonsumsi diuretik, untuk membantu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh
  • Operasi pengeringan kista dan membantu meringankan ketidaknyamanan

Kista ginjal polikistik biasanya diturunkan dari keluarga. Bisa juga terjadi pada orang dengan masalah ginjal lainnya. Misalnya pada orang yang mengalami gagal ginjal atau yang sedang melakukan dialisis atau yang dikenal dengan cuci darah. 

Jika kista ginjal polikistik tidak dikelola, lama-kelamaan kondisi akan bertambah parah. Dalam kondisi yang parah, transplantasi ginjal mungkin diperlukan. 

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayoclinic, diakses 11 Juni 2021
Kidney Cycts
Healthline, diakses 11 Juni 2021
Kidney Cyct
Healthline, diakses 11 Juni 2021
Polycystic Kidney Disease
Medical News Today, diakses 11 Juni 2021
What’s to know about kidney cysts?

    register-docotr