Info Sehat

Khasiat Kayu Bajakah untuk Kesehatan: Sembuhkan Luka dan Bersifat Antibakteri

February 22, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Manfaat kayu bajakah Kalimantan sebagai obat kanker tengah naik daun. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat lainnya dari tanaman yang berasal dari hutan di pedalaman Kalimantan ini.

Adalah 3 pelajar SMA Negeri 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang berhasil mengekspos khasiat kayu bajakah itu dalam ajang World Invention Creativity Olympic, tahun lalu. Mereka menemukan khasiat ini setelah melakukan percobaan terhadap tikus dan uji laboratorium.

Apa itu kayu bajakah Kalimantan?

Kayu bajakah atau Spatholobus littoralis Hassk adalah tumbuhan yang menurut pengguna pengobatan tradisional di Asia, memiliki efek positif bagi kesehatan.

Bentuk tanaman ini merambat ke pohon-pohon lain. Makanya banyak juga yang menyebut kayu atau batang bajakah Kalimantan sebagai akar bajakah karena bentuknya yang menyerupai akar tumbuhan.

Tanaman ini ini berasal dan tumbuh di Jawa, Kalimantan, hingga Filipina. Melansir Kraatje, kayu dan akar bajakah secara tradisional digunakan oleh suku Dayak, yakni suku asli Kalimantan untuk  melawan kanker.

Orang Dayak menggunakan bajakah dalam bentuk teh. Untuk ini, bagian tanaman yang dikeringkan direbus dalam lapisan air.

Baca Juga : Disebut Bisa Jadi Obat Kanker, Ini Fakta Tentang Kayu Bajakah

Kandungan kayu atau akar bajakah Kalimantan

Dalam laman bajakah.info, disebutkan bahwa kayu bajakah (Spatholobus littoralis Hassk) mengandung antioksidan yang tinggi, yang bahkan melebihi kandungan antioksidan tanaman lain yang juga memiliki bersifat antikanker.

Peneliti dari Universitas Lambung Mangkurat, Eko Suhartono, dalam laman tersebut menyebut akar tanaman bajakah ini mengandung banyak komponen kimia kelenjar bawah otak yang berfungsi sebagai antikanker.

Selain itu, terdapat juga komponen tanin dan flavonoid yang berperan dalam melepaskan komponen hidroksil yang akan mengikat sel kanker dan mencegahnya membesar.

Manfaat serta khasiat kayu atau akar bajakah Kalimantan

Berkat kandungan yang ada di dalamnya, kayu bajakah dapat membawa berbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan kita.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat kayu bajakah yang harus kamu tahu!

1. Manfaat kayu bajakah Kalimantan untuk antikanker

Kemampuan ini berhasil ditemukan oleh para pelajar tersebut. Para pelajar memakai dua tikus yang sudah disuntikkan substansi sel kanker yang sudah tumbuh sebagai bahan percobaan mereka.

Sel kanker lalu tumbuh di dalam tubuh tikus, ditandai dengan munculnya bagian tubuh yang membengkak dari ekor hingga ke kepala. Selanjutnya, tikus-tikus ini diberikan dua jenis obat yang berbeda.

Salah satu tikus diberikan bawang dayak yang sudah dibentuk menjadi cairan, sementara tikus lainnya diberikan air rebusan kayu bajakah.

Setelah 50 hari, tikus yang menerima pengobatan bawang mati sementara tikus yang diobati dengan air rebusan kayu bajakah Kalimantan tetap sehat dan dapat berkembang biak.

Khasiat akar bajakah untuk kanker payudara

Khasiat kayu bajakah sebagai antikanker ini sudah dirasakan oleh manusia. Dilansir Kompas.com, khasiat itu dialami oleh seorang warga dari Palangkaraya yang sudah mengalami kanker payudara stadium 4.

Dalam artikel tersebut dikatakan jika efek air rebusan bajakah itu dirasakan hanya dalam waktu satu bulan. Kanker payudara tersebut dikatakan sembuh total hanya dengan konsumsi air rebusan tanaman bajakah.

2. Kayu bajakah dapat menyembuhkan luka

Salah satu khasiat kayu bajakah lainnya adalah menyembuhkan luka. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

Penelitian tersebut menggunakan 24 ekor tikus Wistar yang dibagi menjadi 6 kelompok secara acak dan kemudian masing-masing diberikan luka sayat. Tikus-tikus tersebut diberikan salep yang mengandung ekstrak etanol batang bajakah.

Hasilnya, setiap salep ekstrak etanol batang bajakah memiliki efektivitas terhadap penyembuhan luka sayat. Hal ini, dikatakan dalam penelitian tersebut, disebabkan oleh adanya kandungan saponin dan tanin.

Kedua senyawa tersebut dikatakan dapat merangsang terjadinya angiogenesis yang merupakan salah satu bagian dalam proses proses penyembuhan luka.

3. Kemampuan antibakteri

Kayu bajakah Kalimantan juga memiliki manfaat sebagai antibakteri, lho. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang juga dilakukan di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan adanya aktivitas antibakteri dari ekstrak etanol batang bajakah terhadap bakteri Escherichia coli. Beberapa senyawa di dalam batang bajakah yang membuat aktivitas ini memungkinkan adalah flavonoid, saponin dan tanin.

Berdasarkan cara kerjanya, flavonoid akan bereaksi dengan merusak membran mikroba dan saponin akan merusak dinding bakteri dan membuatnya pecah. Sementara tanin akan menghambat pembentukan sel bakteri.

Dengan kemampuan ini, maka kayu bajakah memiliki potensi untuk menangani berbagai penyakit infeksi. Selama ini, beberapa masyarakat setempat masih cenderung memanfaatkan kayu bajakah sebagai obat sakit perut, diare maupun disentri.

Baca Juga : Kaya akan Herbal, Seperti Apakah Manfaat Minyak Kutus-Kutus?

Khasiat akar bajakah masih butuh penelitian lebih lanjut

Associate Professor in Community Medicine and Healthcare Policy Universitas Andalas, Hardisman Dasman dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh The Conversation Indonesia menyebut masih butuh beberapa penelitian lebih lanjut untuk mengetahui khasiat kayu bajakah.

Terutama, kata dia, untuk efek antikanker yang membuat kayu ini sekarang diburu di pasaran. Menurutnya diperlukan beberapa tahapan penelitian agar suatu bahan atau zat dapat direkomendasikan sebagai bahan pengobatan.

Tahapan tersebut mulai dari penelitian dasar, termasuk pada hewan, ekstraksi kandungan bahan alamnya, uji efektivitas zat yang terkandung pada hewan percobaan hingga uji klinis atau uji obat tersebut pada manusia.

Demikianlah keterangan khasiat kayu bajakah yang memiliki potensi sebagai pengobatan alternatif bagi kanker dan penyakit lainnya. Tetap saja, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memantapkan kegunaan tanaman endemik dayak ini.

Efek samping kayu bajakah Kalimantan

Meski diklaim punya manfaat dan khasiat yang bagus untuk tubuh, kayu atau akar tanaman bajakah Kalimantan ini juga punya potensi efek samping.

Dalam hal pengobatan, kayu atau akar bajakah Kalimantan ini bisa dikategorikan sebagai obat herbal. Meski herbal dan dicap alami, bukan berarti aman lho.

Staf Khusus Menteri Kesehatan bidang Peningkatan Pelayanan Kesehatan, Prof. Akmal Taher menyebut terlalu dini melakukan klaim kayu bajakah bisa dipakai sebagai obat penyembuh kanker

Dalam menentukan sebuah obat, kata dia, perlu dilihat dua sisi yaitu efek samping dan khasiatnya, termasuk kayu bajakah ini. “Untuk kayu bajakah ini tinggal bagaimana penelitian pada manusia, karena itu harus dibuktikan,” kata Prof. Akmal dalam laman Sehat Negeriku

Berikut beberapa kemungkinan efek samping dari kayu atau akar bajakah Kalimantan:

  • Keracunan. Tidak semua jenis kayu bajakah itu aman, karena ada jenis tertentu yang beracun lho. Ada banyak jenis kayu bajakah, beberapa di antaranya punya sifat racun.
  • Interaksi obat. Jika digunakan bersamaan dengan obat untuk kanker lainnya, akar kayu bajakah dapat menimbulkan interaksi. Hal ini dapat memengaruhi kemampuan penyerapan, pendistribusian, metabolisme dan ekskresi dari obat kanker lainnya dalam tubuh.
  • Meningkatkan sensitivitas sel kanker. Selain menimbulkan interaksi obat, penggunaan herbal pada pasien kanker juga dapat meningkatkan sensitivitas kemo dari sebuah sel kanker, maka ini akan memengaruhi daya hambat obat kemo terhadap pertumbuhan kanker.

Baca Juga : Tidak Hanya Berkhasiat, Ada Potensi Efek Samping Kayu Bajakah bagi Kesehatan

Cara minum kayu bajakah

Kayu atau akar bajakah Kalimantan biasanya dikonsumsi menjadi minuman teh herbal. Banyak juga produk di pasaran yang menjual ekstrak akar bajakah yang sudah berbentuk halus.

Berikut contoh cara mengolah dan minum kayu bajakah dalam bentuk teh:

  • Campurkan 2 sendok bubuk akar bajakah dengan 1 cangkir air
  • Rebus perlahan selama 40-45 menit, tambahkan lemon jika perlu
  • Tuang melalui saringan dan siap
  • Jika perlu, bumbui dengan gula, madu, atau sedikit kayu manis.

Kayu bajakah disebut memiliki senyawa fenolik positif, flavonoid, tanin, dan saponin. Saponin dan tanin inilah yang merangsang angiogenesis, bagian penting dari proses penyembuhan luka.

Akar bajakah Kalimantan bukan pengganti obat

Memang, pada penelitian awal akar atau kayu bajakah Kalimantan ini disebut punya khasiat sebagai penangkal kanker.

Namun, jika kamu kini tengah dalam perawatan kanker, bijaklah sebelum minum kayu bajakah sebagai alternatif cara pengobatan herbal.

Konsultan Hematologi dan Onkologi RS Kanker Dharmais Jakarta, dr. Ronald A. Hukom melalui Jawa Pos mengingatkan, bahwa akar bajakah tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan kanker.

Pengobatan herbal seperti akar bajakah Kalimantan ini boleh saja digunakan, namun hanya sebagai pelengkap. Selain itu, kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga : Benarkah Rokok Herbal Itu Sehat? Awas Jangan Tertipu

Cara memilih pengobatan herbal secara aman

Beberapa jenis obat herbal dapat membuat kamu merasa lebih baik dan membantu kamu tetap sehat.

Tetapi kamu harus menjadi konsumen yang cerdas. Melansir Medlineplus, berikut tips saat memilih pengobatan herbal.

  • Perhatikan dengan seksama klaim yang dibuat tentang produk. Bagaimana produk dijelaskan? Apakah itu pil “ajaib” yang “meluruhkan” lemak? Akankah ini bekerja lebih cepat dari perawatan biasa? Klaim seperti itu adalah tanda peringatan. Jika ada sesuatu yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin tidak.
  • Ingat “cerita kehidupan nyata” bukanlah bukti ilmiah. Banyak produk dipromosikan dengan kisah kehidupan nyata. Meskipun kutipan tersebut berasal dari penyedia, tidak ada bukti bahwa orang lain akan mendapatkan hasil yang sama.
  • Sebelum mencoba suatu produk, bicarakan dengan dokter dulu ya. Minta pendapat mereka. Apakah produknya aman? Seberapa besar kemungkinan itu akan berhasil? Apakah risikonya? Akankah itu berinteraksi dengan obat lain? Apakah itu akan mengganggu perawatan kamu?
  • Beli hanya dari perusahaan yang memiliki sertifikasi pada labelnya seperti cap BPOM dan bagi muslim tambahan label halal dari MUI. Perusahaan dengan sertifikasi ini berarti setuju untuk menguji kemurnian dan kualitas produk mereka.
  • Jangan memberikan suplemen herbal kepada anak-anak atau menggunakannya jika kamu berusia di atas 65 tahun. Bicarakan dengan dokter terlebih dahulu.
  • Jangan menggunakan herbal tanpa berbicara dengan dokter terutama kalau kamu sedang mengonsumsi obat apa pun.
  • Jangan gunakan jika kamu sedang hamil atau menyusui.
  • Jangan menggunakannya jika kamu sedang menjalani operasi.
  • Selalu beri tahu dokter tentang herbal apa yang kamu gunakan. Mereka dapat memengaruhi obat-obatan yang kamu minum serta perawatan apapun yang kamu terima.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr