Info Sehat

Gusi Bengkak dan Bernanah? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

April 19, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Gusi bengkak dan bernanah relatif umum terjadi. Kabar baiknya adalah, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di rumah untuk meringankan ketidaknyamanan yang kamu rasakan.

Meski begitu, ada juga yang bertahan sampai berminggu-minggu. Yuk, kenali lebih jauh tentang keluhan kesehatan tersebut dengan membaca ulasan berikut.

Baca juga: Bayi Diare Saat Tumbuh Gigi, Apakah Normal?

Penyebab gusi bengkak dan bernanah

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab gusi bengkak di sekitar satu gigi.

1. Radang gusi

Disebut juga dengan gingivitis, ini adalah penyebab paling umum dari pembengkakan gusi. Banyak orang tidak tahu bahwa mereka menderita radang gusi karena gejalanya bisa jadi sangat ringan.

Namun, jika tidak diobati, gangguan tersebut pada akhirnya dapat menyebabkan kondisi yang jauh lebih serius yang disebut periodontitis dan kemungkinan kehilangan gigi.

Gingivitis paling sering disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, yang memungkinkan penumpukan plak di garis gusi dan gigi.

Plak adalah lapisan yang terdiri dari bakteri dan partikel makanan yang mengendap di gigi dari waktu ke waktu. Jika plak tertinggal di gigi selama lebih dari beberapa hari, itu menjadi karang gigi.

2. Kehamilan

Gusi bengkak dan bernanah juga bisa terjadi selama kehamilan. Hormon yang dihasilkan tubuh selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah di gusi. Peningkatan ini dapat menyebabkan gusi jadi lebih mudah teriritasi, sehingga menyebabkan pembengkakan serta nanah.

Perubahan hormonal ini juga dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi gusi. Ini dapat meningkatkan kemungkinan masalah kesehatan gigi ini terjadi pada dirimu.

3. Infeksi

Infeksi yang disebabkan jamur dan virus berpotensi menyebabkan masalah gusi. Misalnya, jika kamu menderita herpes, hal itu dapat menyebabkan kondisi yang disebut gingivostomatitis herpes akut.

Ini sangat mungkin membuat gusi mengalami infeksi lalu membengkak dan juga bernanah. Sariawan, yang merupakan hasil dari pertumbuhan berlebih jamur alami di mulut, juga dapat menyebabkan masalah ini.

Langkah mengatasi gusi bengkak dan bernanah

Perawatan medis untuk gangguan ini bisa dimulai dengan melakukan pengobatan rumahan seperti:

  • Tenangkan gusi dengan menyikat dan membersihkan gigi dengan benang secara lembut, agar tidak menyebabkan iritasi.
  • Beli benang gigi, lalu bersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan penyebab bakteri menumpuk.
  • Bilas mulut dengan larutan air asin untuk membersihkan mulut dari bakteri.
  • Minum banyak air. Air akan membantu merangsang produksi air liur, yang melemahkan bakteri penyebab penyakit di mulut.
  • Hindari bahan iritan, termasuk obat kumur yang kuat, alkohol, dan tembakau.
  • Tempelkan kompres hangat di wajah untuk mengurangi nyeri gusi. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Pencegahan

Mengambil langkah untuk mencegah keluhan ini terjadi adalah bagian penting dari perawatan gigi apa pun. Tindakan ini di antaranya adalah:

  • Sikat secara teratur, setidaknya dua kali setiap hari atau setelah makan.
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan benang secara teratur.
  • Gunakan produk oral yang lembut seperti pasta gigi dan obat kumur.
  • Hindari minuman manis, karena dapat menyebabkan penumpukan bakteri di mulut.
  • Sebaiknya hindari tembakau, termasuk merokok atau mengunyahnya.
  • Hindari alkohol dan obat kumur beralkohol, karena alkohol dapat mengeringkan dan mengiritasi gusi.
  • Hindari makanan tajam seperti keripik, biji-bijian, dan berondong jagung, yang dapat tersangkut di gigi dan menyebabkan nyeri.

Kapan harus ke dokter?

Meskipun pengobatan rumahan dapat membantu mengatasi gangguan gusi yang menjengkelkan ini untuk sementara waktu. Namun, itu bukanlah pengganti diagnosis dan pengobatan dari ahli kesehatan.

Kondisi yang mendasari terjadinya keluhan ini dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan tepat. Siapa pun yang mengalami gusi bengkak dan bernanah, harus menemui dokter gigi untuk diagnosis dan perawatan lengkap.

Jika masalah ini tetap terjadi selama lebih dari seminggu, buatlah janji dengan dokter gigi untuk mendapatkan rekomendasi perawatan yang tepat.

Jangan lupa untuk untuk mengecek kondisi kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Caranya mudah, cukup download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline, diakses pada 16 April 2021

Medical News Today, diakses pada 16 April 2021

Healthline, diakses pada 16 April 2021

    register-docotr