Info Sehat

Sering Uring-uringan dan Mudah Putus Asa, Bisa Jadi Kolesterol Kamu Rendah

July 9, 2020 | Santi Andriani | dr. Vivi Puspita Hartono
no-image

Kolesterol tinggi, kondisi gangguan kesehatan ini umum kita dengar sehari-hari. Tapi kolesterol rendah, apakah kamu sering mendengarnya? Tidak kalah berbahaya dengan kolestrol tinggi, karenanya gejala kolesterol rendah juga wajib kamu ketahui.

Di era sekarang mungkin masyarakat lebih cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Salah satu penyebabnya adalah makanan cepat saji yang sudah sangat mudah kita temukan, terutama di kota besar. 

Akibat mengonsumsi makanan cepat saji dan aktivitas fisik yang kurang karena kesibukan di kantor, banyak masyarakat termasuk kaum milenial menderita kolesterol tinggi.

Baca Juga: Memilih Diet Vegan untuk Menurunkan Darah Tinggi

Kolesterol rendah sama berbahayanya seperti kolesterol tinggi

Tidak hanya kadar kolesterol tinggi dalam darah  yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun kadar kolesterol yang rendah juga berbahaya bagi penderitanya, terutama terjadinya gangguan mood yaitu depresi. 

Sebuah studi pada 2001 yang diterbitkan dalam Psychiatry Research mengamati pasien perawatan primer di Irlandia, menemukan bahwa kadar kolesterol yang rendah dikaitkan dengan peringkat yang lebih tinggi pada skala peringkat depresi.

Lalu apa hubungannya depresi dengan kadar kolesterol darah?

Apa itu kolesterol?

gejala kolesterol rendah
Kolesterol rendah juga berbahaya bagi kesehatan. Foto: https://www.popsci.com/

Kolesterol merupakan molekul lemak yang dilapisi protein dan diproduksi oleh organ hati. Zat ini merupakan prekursor penting dalam tubuh manusia yang secara langsung dan tidak langsung memengaruhi suasana hati dan fungsi otak secara optimal. 

Kolesterol sangat penting untuk sintesis semua hormon steroid dan seks, termasuk DHEA, testosteron, dan estrogen. 

Kolesterol juga dibutuhkan dalam sintesis vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium dan juga penting dalam pertumbuhan sel, terutama pertumbuhan sel-sel di otak. Kolesterol dibutuhkan guna memproduksi hormon serotonin dimana fungsinya untuk memperbaiki suasana hati.

Ada dua jenis utama kolesterol: 

  1. Low-density lipoprotein (LDL) yang biasa disebut dengan lemak jahat yang harus dikeluarkan dari tubuh nilai normal < 100 mg/dL
  2. High-density lipoprotein (HDL) yang biasa disebut lemak baik yang membawa lemak jahat dari aliran darah menuju hati untuk dibuang nilai normal 60 mg/dL atau lebih
  3. Trigleserida normal < 150 mg/dL
  4. Kolesterol total < 200 mg?dL

Fungsi kolesterol dan penyebab kolesterol rendah dalam darah

  1. Antoxidan, sebanyak 60% dari otak adalah lemak yang membuatnya rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas, dan kolesterol memegang peranan penting sebagai antioksidan untuk otak.
  2. Konsentrasi kolesterol tertinggi ditemukan dalam selubung mielin, lapisan isolasi yang membungkus dan melindungi setiap sel saraf.
  3. Barier, mengendalikan zat apa yang dapat masuk dan keluar dari sel, dan memberikan struktur sel.
  4. Kolesterol memastikan bahwa neurotransmiter bekerja dengan baik di antara sinapsis sel saraf.
  5. Digunakan untuk membuat hormon seks dan stres

Penyebab kolesterol rendah dalam darah

  1. Riwayat keluarga
  2. Penggunaan obat golongan statin dan obat-obatan darah tinggi
  3. Pola diet yang tidak baik 

Apa hubungan gejala kolesterol rendah dengan gangguan mood?

gejala kolesterol rendah
Depresi bisa disebabkan karena kolesterol dalam darah rendah. Sumber Foto : https://www.health.harvard.edu/

Seperti yang dijelaskan di awal kolesterol berperan penting dalam memproduksi sel-sel di otak dan juga menghasilkan hormon serotonin. Fungsi hormon ini adalah mengontrol suasana hati, mencegah depresi dan kecemasan, dan jika produksi ini berkurang otomatis dapat terjadi gangguan mood. 

Gejala kolesterol rendah dan tinggi

gejala kolesterol rendah
Suasana hati yang tidak menentu menjadi gejala kolesterol rendah. Foto: https://pixabay.com

Untuk penderita kolesterol tinggi tubuh seringkali memberi tanda seperti adanya nyeri dada dan nyeri kepala. 

Sementara kolesterol yang rendah dalam darah mengalami tanda-tanda gangguan mood seperti:

-mudah putus asa

-gugup

-bingung

-agitasi

-sulit membuat keputusan

-perubahan mood

-sulit tidur

-pola makan terganggu

-bahkan keinginan bunuh diri

Sehingga lebih baik konsultasikan pada dokter dan tidak ada salahnya meminta untuk dilakukan pemeriksaan kolesterol dalam darah agar mendapatkan penangan yang tepat untuk masalah yang dirasakan.

Walaupun masih perlu penelitian lebih lanjut hubungan kolesterol dalam darah rendah dengan gangguan mood tetapi banyak peneliti telah tertarik untuk mengidentifikasi penanda biologis yang dapat dikaitkan dengan gangguan depresi dan perilaku bunuh diri yang dapat digunakan sebagai alat tambahan untuk melakukan pencegahan.

Baca Juga: Konsumsi Minuman Energi saat Puasa? Ini Dampak Positif dan Negatifnya!

Komplikasi lain yang disebabkan oleh kadar kolesterol rendah dalam darah, mencakup:

  1. Perdarahan intraserebral primer 
  2. Berat badan lahir rendah atau resiko kelahiran prematur pada wanita hamil
  3. Gangguan mood, bunuh diri atau perilaku kekerasan.

Bagaimana mengatasi kadar kolesterol darah yang rendah

Untuk mengetahui pasti apakah tubuh mengalami kadar kolesterol yang rendah salah satu caranya adalah dengan memeriksa rutin kolesterol darah. Selain itu lakukan pola diet yang seimbang jika perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Pola hidup yang baik juga dibutuhkan agar terhindar mengonsumsi obat-obatan statin.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Bishnu Prasad Devkota, MD, MHI, FRCS(Edin). “HDL Cholesterol.” medscape (2019). 5 october 2019. <https://emedicine.medscape.com/article/2087757-overview#a4>.

James M. Greenblatt, M.D. “The Implications Of Low Cholesterol In Depression And Suicide.” The Great plains Laboratory, Inc. (November). 5 October 2019. <https://www.greatplainslaboratory.com/articles-1/2015/11/13/the-implications-of-low-cholesterol-in-depression-and-suicide>.

Lake, Dr James. Cholesterol and Mood: What’s the Link? 8 october 2010. 5 october 2019. <https://www.psychiatrictimes.com/depression/cholesterol-and-mood-whats-link>.

MSc, Maria Cross. Why you need cholesterol for your mental health. 24 mei 2017. 5 october 2019. <https://medium.com/feed-your-brain/how-cholesterol-makes-your-brain-smarter-c2bccaeadfe>.

Roland, James. “Can My Cholesterol Be Too Low?” Healthline (2017). 5 october 2019.

    Berita Terkait
    register-docotr