Memilih Diet Vegan untuk Menurunkan Darah Tinggi

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Diet vegan, menjadi diet yang sangat populer dikalangan masyarakat. Beberapa orang pun memilih diet vegan untuk menurunkan darah tinggi.

Semakin banyak orang memutuskan menjadi vegan dengan alasan, lingkungan ataupun kesehatan. Cara hidup yang berupaya menyingkirkan segala bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap binantang, baik untuk makanan atau pakaian, membuat sebagian orang memilih Diet Vegan. 

Dikarenakan alasan seperti itu, banyak orang yang memilih menu makanan vegan yang  tidak mengandung produk hewani, termasuk daging, telur dan susu. 

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Mengganggu Penampilan

Memilih diet vegan untuk menurunkan darah tinggi

Apabila diet vegan dilakukan dengan benar, menu makanan ini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan lho, termasuk menurunkan berat badan, mengontrol gula darah dan darah tinggi (Hipertensi).

Menurut sebuah penelitian dalam bidang  Study JAMA Internal Medicine,  orang yang mengikuti pola makan vegan cenderung menurunkan hipertensi. Dikarenakan seorang vegan menghindari mengonsumsi daging, tapi menyantap makanan dari tanaman seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan dalam menu diet.

Lantas apakah hipertensi itu ? 

diet vegan untuk menurunkan darah tinggi
Orang memilih diet vegan untuk menurunkan darah tinggi. Foto: https://pixabay.com

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang sudah umum, berbahaya dan mematikan. Di seluruh dunia, diperkirakan bahwa satu miliar orang menderita hipertensi dan sekitar 80 juta orang Amerika berusia 20 tahun atau lebih menderita hipertensi. 

Survei kesehatan dan nutrisi nasional ( National health and nutrition ) menemukan bahwa  54% orang dewasa di Amerika Serikat mengalami tekanan darah tinggi dan 17% yang tidak terdiagnosis.

Survei ini memberikan hasil buruk terhadap angka kematian akibat hipertensi yang meningkat 35% dari tahun ke tahun. 

Hipertensi diindentifikasi sebagai faktor resiko nomor satu di seluruh dunia yang mengakibatkan kematian dan kecacatan seumur hidup. Hal ini karena hipertensi dapat memicu penyakit gagal jantung, maupun stroke bahkan dapat mengalami kerusakan ginjal.

Berdasarkan penelitian, hipertensi dapat dikendalikan tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Riset menunjukkan beragam perubahan gaya hidup, dan mengubah menu makanan, secara efektif dapat menurunkan tekanan darah.

Mengubah kebiasaan dalam gaya hidup untuk mengurangi risiko hipertensi

Beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi resiko hipertensi:

diet vegan untuk menurunkan darah tinggi
Kosumsi makanan dengan kadar garam berlebih jadi penyebab hipertensi. Foto: https://www.healthline.com/
  1. Kurangi mengonsumsi garam
  2. Hindari menggunakan tembakau dan penggunaan alkohol yang berbahaya.
  3. Beraktivitas fisik secara rutin dan teratur.
  4. Pertahankan berat badan yang sehat
  5. Makan makanan yang seimbang.

Diet vegan adalah yang terbaik dilakukan bagi penderita hipertensi tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

Apa yang menyebabkan diet vegan untuk menurunkan darah tinggi?

Diet vegan untuk menurunkan darah tinggi. Foto: https://pixabay.com

Para peneliti mempertimbangkan sejumlah alasan mengapa menu makanan vegan bisa efektif untuk mengendalikan tekanan darah. 

Vegetarian pada umumnya memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dan risiko obesitasnya yang lebih rendah daripada yang mengonsumsi menu hewani. Ini dikarenakan diet vegan memiliki serat yang lebih tinggi dan kandungan lemak yang lebih rendah, juga pola makan yang sehat. 

Pola makan dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan sering kali mengandung lebih banyak serat dan sedikit lemak sehingga lebih sedikit kalori. Akhirnya berat badan yang sehat turut menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Juga, buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan natrium yang rendah tetapi kaya kalium, yang membantu menurunkan tekanan darah. 

diet vegan untuk menurunkan berat badan
Diet vegan juga harus disandingan dengan rutin berolahraga. Foto: https://www.shutterstock.com

Pastikan pula diet vegan yang kamu lakukan disandingkan dengan penerapan gaya hidup sehat. Tetap melakukan olahraga secara rutin, istirahat yang cukup serta hindari rokok maupun alkohol. 

Diet vegan memang dapat menurunkan kualitas hidup penderita hipertensi. Namun, pola makan tinggi serat dan buah ini tidak benar-benar dapat menyembuhkan hipertensi. Tapi bagaimanapun hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi penyakit yang dapat dikendalikan.

Alina Petre, MS, RD (CA). “The Vegan Diet — A Complete Guide for Beginners.” Healthline (2016).

McNamee, David. “Vegetarian diet could be used to lower blood pressure.” Medical News Today (2014). Nov 2019.

Sarah Alexander, 1,* Robert J Ostfeld,2 Kathleen Allen,3 and Kim A Williams1. “A plant-based diet and hypertension.” Journal of Geriatric Cardiology (2017). Nov 2019. <https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5466938/>.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin