Info Sehat

Ragam Fungsi Empedu yang Diperlukan Tubuh, Apa Saja?

June 8, 2020 | Nanda Hadiyanti
no-image

Fungsi usus dalam proses pencernaan terdengar lebih familiar dibandingkan dengan fungsi empedu. Padahal fungsi empedu juga penting dalam proses pencernaan di dalam tubuh, lho.

Empedu memiliki peran penting dalam sistem pencernaan dan sistem ekskresi manusia. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai empedu dan juga fungsinya dalam tubuh.

Apa itu empedu?

Empedu adalah cairan kuning-hijau dan bertekstur lengket yang membantu pencernaan makanan. Cairan ini mengandung bilirubin dan biliverdin. Kandungan ini yang membuat urine berwarna kuning dan tinja berwarna coklat.

Cairan ini diproduksi oleh hati dan kemudian disalurkan menuju kantung empedu. Kantung empedu sendiri adalah kantung berbentuk seperti pir dan memiliki dinding tipis berukuran sekitar 7 hingga 10 cm, berada tepat di bawah hati.

Cara kerja empedu dalam tubuh

Kantung empedu dan cairan empedu saling berkaitan dalam menjalankan fungsinya, membantu pencernaan makan. Ketika makanan masuk ke dalam tubuh dan dicerna lambung, kantung empedu akan bereaksi untuk mengeluarkan cairan empedu.

Setelah dikeluarkan dari kantung empedu, cairan ini kemudian akan membantu proses pencernaan sebelum makanan masuk ke dalam usus dua belas jari.

Uniknya, meski seharusnya cairan empedu ditampung di kantung empedu, ternyata manusia bisa hidup tanpa kantung empedu. Ini karena empedu yang berasal dari hati bisa langsung dialirkan menuju usus dua belas jari.

Kondisi hilangnya kantung empedu bisa disebabkan oleh penyakit atau gangguan, seperti terjadinya batu empedu. Dalam kondisi parah, hingga menimbulkan sakit akut, maka dokter akan melakukan pengangkatan kantung empedu atau yang disebut kolesistektomi.

Setiap harinya, hati akan memproduksi sekitar 500-600 mililiter. Kemudian akan ditampung di kantung empedu. Jika masih tersisa setelah digunakan, maka cairan empedu akan tetap disimpan di dalam kantung empedu sampai digunakan kembali oleh tubuh.

Fungsi empedu yang perlu kamu ketahui

Di samping cara kerjanya yang unik, empedu juga sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Berikut ulasannya:

Membantu penyerapan vitamin

Empedu membantu memproses dan mencerna lemak, saat makanan akan diproses di usus dua belas jari. Sebagian besar proses pencernaan terjadi di usus dua belas jari. Termasuk mencerna lemak.

Cairan empedu diperlukan untuk membantu mencerna lemak. Memecah lemak dan membuatnya menjadi partikel yang lebih kecil yang disebut kilomikron.

Dengan memecah lemak, maka cairan empedu juga membantu tubuh dalam menyerap vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E dan K.

Membantu enzim lipase

Enzim lipase adalah enzim yang dihasilkan pankreas untuk mengemulsi lemak. Semantara itu, empedu berfungsi untuk ikut membantu enzim lipase mengemulsi lemak hingga membentuk molekul yang disebul micel.

Kemudian micel akan kembali diproses oleh enzim lipase hingga menjadi kilomikron. Setelah itu lemak bisa disalurkan ke seluruh tubuh.

Selain itu, empedu juga membantu fungsi enzim pencernaan. Karena kemampuan menciptakan sifat basa, ia berfungsi menetralkan sifat asam, dan membuat enzim pencernaan bekerja optimal.

Membantu penyerapan lemak dalam tubuh

Cairan empedu berfungsi mencerna lemak. Setelah dicerna lemak akan melalui proses kembali yang mengubahnya menjadi asam lemak, yang kemudian akan disalurkan ke pembuluh getah bening.

Asam lemak kemudian bisa diserap sistem getah bening untuk membantu melawan infeksi di dalam tubuh. Selain itu asam lemak bisa disalurkan ke aliran darah untuk berbagai fungsi, termasuk untuk membantu pertumbuhan jaringan dan perbaikan sel.

Membuang racun dari tubuh

Fungsi lainnya dari empedu adalah membuang racun dalam tubuh. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa empedu berperan penting dalam proses ekskresi manusia.

Karena racun disekresi ke dalam tubuh melalui empedu, kemudian empedu akan melewati proses pencernaan dan racun tersebut ikut terbawa hingga proses akhir dan dikeluarkan bersama feses.

Oleh sebab itu, tubuh tetap memerlukan cairan empedu. Dikutip dari Healthline, kurangnya cairan empedu dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh.

Satu lagi fungsi empedu menurut buku Future Perspective in Gastroenterology adalah berperan dalam mendistribusikan imunoglobulin dan antioksidan.

Selain fungsi yang telah disebutkan, empedu juga memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari bakteri. Alasannya karena kondisi basa yang mampu diciptakan empedu membuatnya mampu melawan atau menghambat mikroba yang ada di dalam tubuh.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline diakses 5 Juni 2020 Everything You Want to Know About Bile Salts 
  2. Webmd diakses 5 Juni 2020 Gallbladder
  3. Verywellhealth diakses 5 Juni 2020 The Different Ways Bile Helps Your Digestion 
  4. Healthhype diakses 5 Juni 2020 Bile Production, Function, Salts, Storage, Secretion 
    Berita Terkait
    register-docotr