Info Sehat

Jangan Langsung Tergiur, Simak Penjelasan Manfaat Detox Kaki Tempel yang Perlu Kamu Tahu

February 24, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Detox kaki tempel merupakan satu produk yang digadang-gadang dapat menarik racun, produk sampah dari tubuh dan logam berat melalui kaki saat kamu tertidur. Meskipun demikian, beberapa manfaatnya masih perlu dikritisi lebih lanjut.

Apa itu detox kaki tempel?

Detox kaki tempel merupakan produk yang disebut oleh produsennya mampu menarik kotoran dan racun melalui telapak kaki. Kamu biasanya menempelkan benda yang mirip koyo ini di kaki sebelum tidur dan dia akan bekerja sepanjang malam.

Situs kesehatan Healthline menyebut popularitas detox kaki tempel terus meningkat selama satu dekade terakhir. 

Meskipun demikian, sama seperti produk kesehatan lainnya yang menjanjikan efek kesehatan tanpa perlu usaha yang sangat besar, kamu harus meninjau lebih lanjut manfaatnya.

Baca Juga: Jari Tabuh Bisa Menjadi Tanda Penyakit Tertentu Lho, Ini Penjelasannya!

Apa saja efek dan manfaat produk ini?

Beberapa produsen produk ini menyebut kalau apa yang mereka jual dapat membantu menyingkirkan racun tubuh. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang dapat mendukung hal ini, tapi beberapa bahan baku yang mereka pakai mungkin memiliki manfaat tersendiri.

Kandungan jahe

Sebagai contoh, beberapa produk detox kaki tempel ini mengandung jahe. Tanaman ini memang mengandung properti antiinflamasi, sehingga bisa sangat berguna dalam mengatasi gejala osteoarthritis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Holistic Nursing menyebut aplikasi langsung jahe pada bagian tubuh yang bermasalah dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan.

Kajian ini pun menemukan bagaimana jahe dapat menurunkan nyeri dari penyakit osteoarthritis kronis.

Kandungan lavender

Beberapa produk detox melalui kaki ini pun mengandung minyak lavender. Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Alternative and Complementary Medicine disebutkan kalau lavender bisa menurunkan rasa letih dan meningkatkan kualitas tidur.

Kandungan turmalin

Turmalin merupakan bahan baku lain yang dipakai dalam produk koyo tersebut. Mineral ini dapat menghasilkan radiasi infra merah saat disajikan dalam bentuk bubuk.

Sebuah kajian terhadap literasi ilmiah pada 2012 menemukan bukti bagaimana bubuk turmalin dapat menurunkan nyeri penderita rheumatoid arthritis dan nyeri karena datang bulan.

Apakah detox kaki tempel ampuh?

Sayangnya, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang dapat menunjukkan bahwa benda ini seampuh yang diiklankan

Bahkan, salah satu merek produk ini, Kinoki, telah dilarang Federal Trade Commission (FTC) Amerika Serikat. Pasalnya, Kinoki kedapatan mengiklankan manfaat produk ini dengan bukti ilmiah yang palsu.

Beberapa substansi membahayakan yang disebut Kinoki dapat diangkat lewat produk mereka antara lain:

  • Racun
  • Sampah metabolisme
  • Logam berat
  • Zat kimia 

Tidak hanya itu, FTC juga menyebut khasiat Kinoki dalam mengatasi beberapa penyakit dan kondisi ini menyesatkan, seperti:

  • Sakit kepala
  • Depresi
  • Parasit
  • Letih
  • Insomnia
  • Diabetes
  • Arthritis
  • Tekanan darah tinggi 
  • Selulit
  • Berat badan berlebih.

Pendapat ahli lain

Situs kesehatan Healthline mewawancarai Dr Debra Rose Wilson, PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, seorang associate professor dan holistic healthcare practitioner serta Dena Westphalen, PhamD, seorang clinical pharmacist terkait keampuhan detox kaki tempel ini.

Senada dengan temuan FTC, pada dasarnya Dr. Debra menyebut kajian ilmiah belum bisa menemukan manfaat cara detox melalui kaki ini. “Tidak, benda ini tidak ampuh untuk men-detox tubuh,” kata dia.

Dr. Dena pun menyatakan hal yang sama. “Aku yakin benda ini tidak memiliki efek khusus dalam men-detox tubuh,” ucap dia.

Baca Juga: Jika Mencukur Membuat Ketiak Hitam, Bagaimana dengan Krim Perontok dan Waxing?

Risiko dan efek samping detox kaki tempel

Banyak produk yang mirip koyo ini mengandung cuka kayu atau bambu. Yang harus kamu ketahui, bahan aktif cuka kayu merupakan asam pyroligneous. Saat menyentuh kulit, bahan aktif ini dapat menyebabkan iritasi dan sensasi terbakar.

Beberapa orang mungkin bisa merasakan reaksi alergi karena produk ini. Jika kamu mengalami efek samping menggunakan detox di kaki ini, segeralah hentikan pemakaian secepatnya.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang detox kaki tempel yang ternyata masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Selalu kritisi tiap produk kesehatan yang kamu beli, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 19 Februari 2021. 5 questions answered about detox foot pads
  2. MedicalNewsToday, diakses 19 Februari 2021. Do detox foot pads work? Claims, benefits, and side effects
  3. National Library of Medicine, diakses 19 Februari 2021. Topical Ginger Treatment With a Compress or Patch for Osteoarthritis Symptoms
  4. National Library of Medicine, diakses 19 Februari 2021. Effect of Inhaled Lavender and Sleep Hygiene on Self-Reported Sleep Issues: A Randomized Controlled Trial
  5. National Library of Medicine, diakses 19 Februari 2021. Far infrared radiation (FIR): its biological effects and medical applications
    register-docotr