Info Sehat

Obat Bisul di Apotek, dari Antibiotik Hingga Penghilang Rasa Sakit

January 23, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bisul adalah benjolan berisi nanah yang terbentuk di bawah permukaan kulit dan menimbulkan rasa sakit. Untuk mengobatinya, kamu bisa menggunakan obat bisul di apotek dan ikuti petunjuk pada kemasan obat.

Kamu jangan memecahkan bisul secara paksa karena dapat menginfeksi area di sekitarnya. Berikut daftar obat yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan bisul.

Daftar obat bisul di apotek

Kebanyakan bisul disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus. Bakteri ini dikenal dengan sebutan staph. Tapi ada beberapa jenis staph yang kebal dengan pengobatan antibiotik.

Meski begitu, antibiotik adalah obat yang umum digunakan untuk mengobati bisul. Selain antibiotik, obat penghilang rasa sakit juga bisa kamu gunakan untuk meredakan nyeri akibat bisul. Berikut daftar selengkapnya.

1. Antibiotik dengan resep dokter

Bisul yang disebabkan oleh bakteri staph, biasanya akan diobati dengan antibiotik oles, oral atau intravena. Dilansir dari Healthline, antibiotik tersebut antara lain:

  • Amikacin
  • Amoksisilin (Amoxil, Moxatag)
  • Ampisilin
  • Cefazolin
  • Cefotaxime
  • Ceftriaxone
  • Cephalexin
  • Doksisiklin
  • Eritromisin
  • Gentamisin
  • Levofloxacin
  • Sulfamethoxazole
  • Trimethoprim
  • Tetrasiklin

Meski termasuk obat bisul di apotek, tetapi kamu baru bisa mendapatkannya jika diresepkan oleh dokter. Penggunaannya pun harus sesuai dengan petunjuk dokter.

2. Obat bisul di apotek tanpa resep dokter

Jika di atas adalah obat bisul dengan resep dokter, berikut beberapa pilihan obat bisul di apotek yang bisa didapatkan tanpa resep dokter dan masih masuk dalam kategori antibiotik, antara lain:

Neosporin

Obat yang termasuk antibiotik ini bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi kulit pada area yang tidak terlalu luas. Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter.

Namun jangan gunakan produk ini pada area yang luas dan sebaiknya konsultasikan pada dokter jika kamu mengalami infeksi kulit serius.

Bacitracin

Sama seperti neosporin, bacitracin dapat digunakan untuk mengobati infeksi kecil pada kulit. Obat ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri tertentu dan masuk kategori antibiotik. Obat ini bukan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus dan jamur.

Polysporin

Polysporin dapat digunakan untuk membantu penyembuhan luka ringan pada kulit. Obat yang juga termasuk ke dalam obat antibiotik ini bekerja dengan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri pada luka.

3. Obat penghilang sakit

Selain menggunakan antibiotik, obat yang bisa kamu gunakan adalah penghilang sakit. Obat penghilang rasa sakit yang umum digunakan antara lain ibuprofen atau acetaminophen.

Apakah ada pengobatan lain selain menggunakan obat bisul di apotek?

Untuk bisul kecil, selain menggunakan obat bisul di apotek kamu bisa melakukan perawatan rumahan. Beberapa cara pengobatan rumahan antara lain:

Kompres hangat

Kompres bisul dengan waslap basah hangat sekitar 10 menit. Lakukan beberapa kali sehari. Ini membantu membuat bisul lebih cepat pecah secara alami.

Tea tree oil

Tea tree oil dapat dioleskannya secara langsung atau diteteskan pada perban.

Bubuk kunyit

Caranya campur bubuk kunyit dengan jahe yang dihaluskan sampai berbentuk pasta, lalu diamkan pada bisul 5-10 menit sehari.

Demikian daftar obat-obatan untuk mengatasi bisul yang bisa kamu dapatkan di apotek.

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 15 Januari 2021
Antibiotics for Boils: Prescribed and Over-the-Counter
Mayoclinic, diakses 15 Januari 2021
Boils and carbuncles
Medical News Today, diakses 15 Januari 2021
Home remedies for boils
Webmb, diakses 15 Januari 2021
Polysporin
Webmd, diakses 15 Januari 2021
Bacitracin
Webmd, diakses 15 Januari 2021
Neosporin

    register-docotr