Info Sehat

Ciri-ciri Angin Duduk: Waspadai Gejala Nyeri pada Bagian Dada

November 15, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ciri-ciri angin duduk atau angina umumnya adalah rasa nyeri yang cukup parah di area dada. Hal ini dikarenakan berkurangnya aliran darah dalam tubuh ke otot jantung. Biasanya, angina tidak mengancam jiwa tetapi bisa menjadi pertanda risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Angin duduk dapat dikendalikan dengan melakukan pengobatan dan perubahan gaya hidup. Nah, untuk mengetahui gejala atau ciri-ciri angin duduk lainnya, yuk, simak penjelasan lebih lengkap berikut. 

Baca juga: Makanan Sering Terasa Nyangkut di Dada? Ini Penyebab dan Cara Penanganannya!

Apa saja ciri-ciri angin duduk?

Dilansir dari Healthline, kurangnya aliran darah berarti otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen. Rasa sakit tersebut seringkali dipicu oleh berbagai faktor, seperti aktivitas fisik atau stres emosional.

Angina paling sering disebabkan oleh penyakit arteri koroner yang mendasari. Arteri koroner memasok jantung dengan darah yang kaya oksigen. Ketika kolesterol berkumpul di dinding arteri dan plak keras terbentuk, maka disitulah arteri akan menyempit. 

Pemicu angin duduk umumnya, meliputi mengerahkan tenaga fisik, stres emosional yang parah, paparan suhu ekstrem dan merokok. Beberapa ciri-ciri angin duduk dapat berbeda berdasarkan tipenya, yakni:

Angina stabil atau kronis

Angina stabil terjadi saat jantung bekerja lebih keras dari biasanya, misalnya saat berolahraga.

Ciri-ciri angin duduk tipe ini biasanya memiliki pola yang teratur dan dapat diprediksi terjadi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Istirahat atau pengobatan bersama dokter bisa membantu meredakan gejala.

Angina tidak stabil

Untuk angina tidak stabil, gejalanya tidak mengikuti pola yang teratur atau tidak stabil. Hal ini dapat terjadi saat istirahat dan dianggap kurang umum serta lebih serius karena pengobatan tidak mampu meredakan gejala.

Angina mikrovaskular

Angin duduk jenis ini jarang terjadi dimana biasanya muncul ketika istirahat dan tanpa penyakit arteri yang mendasari.

Angina mikrovaskular disebabkan oleh penyempitan atau relaksasi pembuluh darah yang tidak normal sehingga mengurangi aliran darah ke jantung. Ciri-ciri angin duduk ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi obat.

Sensasi nyeri yang terjadi selama angina stabil sering digambarkan sebagai tekanan atau rasa penuh di bagian tengah dada. Rasa sakit bisa terasa seperti meremas dada atau ada beban berat bertumpu pada dada. Nyeri ini bisa menyebar dari dada ke leher, lengan, serta bahu.

Ciri-ciri angin duduk secara umum dapat berupa sesak napas, mual, kelelahan, pusing, banyak berkeringat, dan kegelisahan. Gejala penyakit ini cenderung sementara atau dalam beberapa kasus dapat berlangsung hingga 15 menit.

Bagaimana penanganan terhadap angin duduk?

Seseorang yang berisiko terkena angin duduk biasanya memiliki riwayat penyakit arteri koroner. Beberapa faktor risiko lainnya, berupa kadar kolesterol tidak sehat, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, dan memiliki sindrom metabolik.

Perawatan angina bertujuan untuk mengurangi rasa sakit, mencegah gejala, dan menurunkan risiko serangan jantung. Obat-obatan, perubahan gaya hidup, dan prosedur medis biasanya dilakukan untuk mengurangi gejala angin duduk.

Obat-obatan

Obat yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi gejala angina adalah nitrogliserin. Obat ini secara efektif dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan angin duduk. Dokter akan memberikan dosis sesuai dengan gejala yang dirasakan penderitanya. 

Perubahan gaya hidup

Penyesuaian gaya hidup dapat membantu mencegah kekambuhan gejala angina di masa mendatang. Perubahan gaya hidup yang dimaksud, termasuk berolahraga secara teratur dan konsumsi makanan sehat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

Operasi

Prosedur invasif minimal yang disebut dengan angioplasti sering digunakan untuk mengobati penyakit dengan ciri-ciri angin duduk. Selama prosedur ini, seorang ahli bedah akan menempatkan balon kecil di dalam arteri.

Balon ini digelembungkan untuk memperlebar arteri dan kemudian dipasang stent atau kumparan kawat kecil agar jalan terbuka.

Baca juga: Kenapa Konsumsi Makanan Pedas Tidak Diperbolehkan Saat Perut dalam Keadaan Kosong?

Informasi kesehatan lainnya bisa ditanyakan langsung pada dokter di Good Doctor. Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. NHS (2018), diakses 6 November 2020. Angina
  2. Medical News Today (2017), diakses 6 November 2020. Everything you need to know about angina
  3. Healthline (2018), diakses 6 November 2020. Stable Angina
    register-docotr