Info Sehat

Sering Disepelekan, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

May 25, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Kesehatan gigi dan mulut seringkali terabaikan. Termasuk dimulai dari kebiasaan menyikat gigi yang kurang tepat. Nah, bagaimana sebenarnya cara menyikat gigi yang benar?

Kamu perlu tahu bahwa menyikat gigi dengan tepat juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Ya, kesehatan gigi dan mulut juga memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ketahui cara tepat menyikat gigi dalam penjelasan artikel berikut ini:

Manfaat rutin menyikat gigi dengan tepat

The American Dental Association memberikan rekomendasi untuk menyikat gigi dua kali sehari, masing-masing selama 2 menit.

Saat kamu menyikat dengan benar itu sama saja artinya menghilangkan penumpukan plak dan bakteri yang dapat dikumpulkan di antara gigi dan lidah.

Hal ini dapat mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan gaya hidup yang lebih sehat.

Namun sayangnya walaupun menyikat gigi adalah salah satu kegiatan yang mudah dilakukan, tetapi masih banyak orang yang lalai membersihkan gigi dan mulut hanya karena merasa kondisi mulut sudah bersih.

Padahal, struktur gigi sangatlah rumit sehingga makanan serta kuman akan dengan mudah bersembunyi di sela-sela yang tak terlihat oleh mata.

Cara menyikat gigi yang benar

karang gigi
Rajin menyikat gigi. Sumber foto : https://www.oralcareexpert.com/

Dilansir dhsv.org.au, berikut ini beberapa langkah cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Langkah pertama kamu cukup arahkan sikat gigi pada sudut 45 derajat ke arah garis gusi. Kemudian gunakan pasta gigi secukupnya. Pastikan pasta gigi yang kamu gunakan tidak terlalu banyak(gunakan pasta gigi seukuran kacang polong).

Selanjutnya untuk menggosok gigi dengan sikat gunakan gerakan memutar yang sangat lembut. Ulangi pada permukaan bagian dalam secara merata. Tak hanya itu kamu juga perlu gunakan gerakan maju dan mundur ringan pada permukaan mengunyah.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, keluarkan pasta gigi setelah disikat.

Tidak memakan waktu yang lama, dengan cara mudah kamu sudah bisa menjaga kesehatan tubuh dengan menyikat gigi yang benar.

Jangan lupa rutin mengganti sikat gigi

Selain perlu tahu cara menyikat gigi yang tepat, jangan lupa rutin mengganti sikat gigi 3-4 bulan sekali, ya. Efektivitas menyikat gigi yang baik dan benar tidak akan berhasil jika sikat gigi jarang diganti.

Ketika kamu tidak memerhatikan bagian untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali, hal tersebut akan menyebabkan bersarangnya kuman pada sela-sela bulu sikat gigi.

cara menyikat gigi yang benar
Sikat gigi. Sumber gambar : https://pixabay.com

Sikat gigi cukup dilakukan dua kali sehari yakni setengah jam sesudah sarapan dan sebelum tidur.

Perlu kamu ketahui jika mulut tidak dibersihkan setelah makan, maka kuman akan muncul dalam 72 jam serta menempel pada gigimu.

Demi menjaga kesehatan mulut serta gigi mulailah dengan membiasakan berkumur untuk mencegah kuman perusak gigi berkembang biak dan menyingkirkan makanan yang lengket di gigi.

Vitamin untuk kesehatan gigi dan mulut

Vitamin A sering hanya dikaitkan dengan wortel dan untuk meningkatkan penglihatan yang baik. Namun sebenarnya vitamin ini juga sangat penting untuk menjaga aliran air liur yang mengalir dari mulut.

Vitamin A membantu menjaga selaput lendir agar tetap sehat dengan cara melapisi gusi.

cara menyikat gigi yang benar
Vitamin untuk gigi. Sumber gambar : https://pixabay.com

Tak hanya itu vitamin A juga meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan bakteri dan partikel makanan yang menempel pada gigi dan gusi.

Selain wortel, kandungan vitamin A dalam buah-buahan dan sayuran lainnya ada pada paprika dan kentang manis.

Kamu juga bisa mengonsumsi sayuran lainnya yang memiliki vitamin A seperti kangkung dan bayam.

Vitamin lainnya yang mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi adalah vitamin C. Jika kamu kekurangan vitamin ini gigi bisa longgar, gusi berdarah, dan penyakit gusi bisa menjadi sangat bahaya.

Jadi pastikan kamu mendapatkan cukup makan makanan yang banyak mengandung vitamin C, ya. Beberapa contohnya seperti ubi, paprika, brokoli, beri, jeruk, kangkung, dan beri.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Baca juga : Yuk, Rawat Kesehatan Gigi dengan Beberapa Tips Berikut

Reference
  1. 123dentist.com (2016) diakses 20 Mei 2020. The Best Vitamins & Minerals For Your Teeth
  2. mouthhealthy.org (2020) diakses 20 Mei 2020. Brushing Your Teeth
  3. webmd.com (2016) diakses 20 Mei 2020. Toothbrushing Mistakes You Make and How to Fix Them
  4. healthline.com (2019) diakses 20 Mei 2020. How to Brush Your Teeth Properly
  5. dhsv.org.au (2020) diakses 20 Mei 2020. How to brush your teeth
    Berita Terkait
    register-docotr