Info Sehat

Jangan Sembarangan, Simak Cara Menyadarkan Orang Pingsan yang Tepat!

August 23, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Cara menyadarkan orang pingsan bisa dilakukan spontan, namun ada berbagai hal yang perlu diperhatikan lho! Pingsan sendiri terjadi ketika otak untuk sementara tidak menerima suplai darah yang cukup sehingga menyebabkan hilangnya kesadaran.

Ketidaksadaran ini biasanya berlangsung dengan cepat dan jarang membutuhkan pertolongan medis. Namun, ada beberapa cara menyadarkan orang pingsan yang perlu diketahui. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 4 Kondisi Psikologis Berikut Bisa Kamu Pelajari dari Drama Korea It’s Ok Not To Be Okay

Bagaimana cara menyadarkan orang pingsan?

Dilansir dari Mayo Clinic, penyebab seseorang mengalami pingsan bisa dikarenakan adanya kelainan serius yang melibatkan jantung.

Ketidaksadaran dapat diakibatkan oleh berbagai macam kondisi, termasuk penyakit atau cedera besar, penggunaan narkoba atau alkohol, dan tersedak suatu benda. Pingsan singkat seringkali disebabkan oleh dehidrasi, gula darah rendah, atau tekanan darah rendah sementara.

Penyebab pingsan lainnya bisa dikarenakan mengejan saat buang air besar atau vasovagal syncope, batuk sangat keras, dan bernapas sangat cepat atau hiperventilasi. Nah, jika seseorang tidak sadarkan diri maka ada beberapa cara menyadarkan orang pingsan dengan benar yakni sebagai berikut.

Hubungi layanan medis darurat

Sebelum mengetahui cara menyadarkan orang pingsan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi layanan medis darurat. Hubungi sesegera mungkin untuk mencegah kondisi orang yang pingsan semakin memburuk.

Tanda-tanda seseorang yang akan pingsan bisa diketahui dengan mudah, yakni amati kondisi fisiknya. Biasanya, orang yang akan mengalami ketidaksadaran memiliki ciri seperti bibir atau wajah pucat, detak jantung tidak teratur atau lambat, nyeri pada dada, dan sulit bernapas.

Bila seseorang merasa akan pingsan, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Hal yang dianjurkan, antara lain baringkan atau ajak duduk.

Baringkan di tempat aman

Cara menyadarkan orang pingsan selanjutnya adalah buatlah seaman dan senyaman mungkin dengan membaringkannya secara terlentang. Kemudian, posisikan kaki agak tinggi dengan mengangkat atau tahan dengan sesuatu guna membantu aliran darah ke otak kembali normal.

Setelah dibaringkan, coba untuk mengendurkan bagian pakaian yang ketat seperti celana atau baju untuk membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Pastikan untuk selalu menemani orang yang pingsan hingga bantuan darurat datang. Hal ini dilakukan untuk mencegah kondisi orang yang tidak sadarkan diri berlanjut ke tahap serius.

Coba buat orang tersebut sadar

Seseorang yang tidak sadarkan diri bisa dibantu dengan untuk menggoyangkan orang tersebut dengan kuat, tepuk-tepuk, atau bangunkan menggunakan suara yang keras. Jika kesadaran sudah didapatkan, coba untuk tetap tenang dan ajak bicara hingga bantuan medis datang.

Namun, apabila orang tersebut tidak merespons maka tindakan pertama yang dilakukan adalah menelfon nomor telfon emergensi 119 untuk meminta bantuan. Jika saat di periksa orang yang pingsan tidak bernafas bisa dilakukan tindak penanganan darurat seperti CPR. Pemberian pertolongan pertama berupa CPR tidak boleh sembarangan dilakukan sehingga perlu orang yang mengerti cara tepatnya. 

CPR bisa dilakukan jika orang yang pingsan tidak bisa bernapas dengan normal. Lanjutkan CPR sampai bantuan datang atau orang tersebut dapat bernapas kembali. Usahakan untuk tetap konsisten memberikan pertolongan agar tidak terjadi hal yang lebih serius.

Pertolongan setelah siuman

Jika cara menyadarkan orang pingsan sudah berhasil dilakukan, maka segera beri pertolongan pertama setelah siuman. Seseorang yang tidak sadarkan diri bisa diberikan jus buah khususnya jika sudah tidak makan lebih dari 6 jam atau memiliki riwayat diabetes.

Tetaplah bersama orang tersebut dengan menemaninya sampai tenang atau hingga bantuan medis datang.

Meski tidak termasuk kondisi yang serius, ada kalanya untuk memeriksakan diri jika pingsan sering terjadi. Biasanya, hal ini merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan yang bisa mengancam nyawa sehingga perlu penanganan tepat.

Baca juga: Awas, Kenali Bahaya Memakai Kuku Palsu dan Kuteks Terlalu Sering!

Hal yang tidak diperbolehkan ketika menolong orang pingsan

Ketika seseorang pingsan atau tidak sadarkan diri, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan. Hal pertama yang sangat tidak dianjurkan adalah memberi makan atau minum ketika seseorang sedang pingsan.

Hal ini bisa membahayakan karena makanan dan minuman mungkin masuk ke saluran pernapasan dan menghambat jalur udara. Tak hanya itu, jangan pernah meninggalkan orang yang pingsan sendirian.

Selalu dampingi hingga orang tersebut sadarkan diri untuk mencegah kondisi berbahaya lainnya. Tindakan berbahaya selanjutnya yang perlu dihindari adalah menaruh bantal di bawah kepala atau membangunkan orang yang tidak sadar dengan memercikkan air.

Jika tidak mengetahui cara menyadarkan orang pingsan, segera hubungi layanan darurat atau tunggu sampai bantuan lain datang. Orang yang tidak sadarkan diri perlu diberikan pertolongan dengan tepat guna menghindari terjadinya masalah lebih serius lainnya.

Masalah kesehatan lainnya bisa ditanyakan pada dokter melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd (2020), diakses 19 Agustus 2020. Fainting Treatment
  2. Mayo Clinic (2018), diakses 19 Agustus 2020. Fainting
  3. Medline Plus (2019), diakses 19 Agustus 2020. Unconsciousness
    Berita Terkait
    register-docotr