Info Sehat

Jangan Ditunda, Ini Cara Menjalankan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

September 22, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Ario W. Pamungkas
no-image

Ada beberapa cara untuk menjalankan pola hidup sehat. Mulai dari latihan fisik hingga memerhatikan asupan makanan yang kamu pilih setiap harinya.

Bagi banyak orang, pola hidup sehat artinya menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental supaya mereka berfungsi dengan baik, terutama di masa pandemi. Tujuan dari keseimbangan ini adalah untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Tips dan cara menjalankan hidup sehat

Supaya kamu bisa memperoleh kedua tujuan itu, simak cara menjalankan pola hidup sehat berikut ini:

1. Olahraga rutin

Salah satu cara menjalankan pola hidup sehat adalah dengan berolahraga. Dengan melakukannya minimal 3 kali seminggu, kamu akan dapat mempertahankan kebugaran dan kesehatan, lho!

Aktivitas fisik sendiri sangat penting untuk mencegah penyakit jantung, stroke serta untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. 

Berdasarkan rekomendasi dari The American Heart Association, kamu bisa melakukan aktivitas fisik ini satu jam sekali selama 3 kali seminggu, atau bisa satu kali seminggu dengan durasi 150 menit. Jika jadwal padat, kamu bisa berolahraga selama 30 menit sehari, lakukan 5 kali seminggu.

Memang sulit untuk berolahraga di tengah jadwal dan kegiatan harian yang sudah menguras energi, tapi kamu bisa melakukan aktivitas fisik menyenangkan seperti yoga, dansa dan berlari. Kalau sudah sering, olahraga dapat membuat kamu lebih berenergi dan melepaskan endorfin.

2. Perbanyak minum air putih

Minum air putih dapat memberikan banyak manfaat bagi hidup sehat. Cairan yang paling alami dan bebas kalori ini lebih direkomendasikan ketimbang minuman tinggi gula seperti soda atau jus.

Air putih dapat menyuplai nutrisi dan membuat tubuh tetap hidrasi. Beberapa manfaat dari minum air putih bagi tubuh adalah:

  • Membersihkan racun dari tubuh
  • Mengontrol kalori
  • Memberikan energi pada otot
  • Menyeimbangkan cairan tubuh

Biasakan diri untuk meminum 8 gelas atau 2 liter air putih sehari untuk mendapatkan manfaat-manfaat air putih yang sudah disebutkan di atas.

3. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi seperti vitamin dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini akan membuat kamu lebih berenergi dan bertenaga.

Antioksidan di dalam buah dan sayur baik untuk kesehatan mata, sistem imun, dan kesehatan kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan buah dan sayur dimasukan dalam diet harian kamu.

Menurut WHO, konsumsi buah yang kurang selalu dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang buruk. Makan buah dan sayur dapat membuat kamu mengurangi risiko penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, upayakan agar mengonsumsi 5-9 porsi aneka buah dan sayur sehari sebagai salah satu cara mempertahankan pola hidup sehat kamu, ya!

4. Pertahankan kesehatan mental

Cara lain menjalankan pola hidup sehat adalah dengan memperhatikan kondisi suasana hati atau mood kamu. Kalau kamu sedang dalam kondisi mood yang tidak baik, maka akan ada efek negatif dalam kehidupan harian dan interaksi kamu dengan seksama.

Untuk itu, penting agar kamu bisa mengenali dan takar kondisi mood kamu setiap harinya. Lakukan beberapa hal ini untuk membuat mood tetap stabil:

  • Tidur 7-8 jam sehari
  • Ikut serta dalam aktivitas sosial yang menyenangkan
  • Olahraga
  • Bila diperlukan, kamu bisa cari tenaga konseling profesional
  • Habiskan waktu dengan orang terkasih
  • Coba hal-hal baru
  • Biasakan untuk mensyukuri pencapaian yang sudah kamu raih

5. Kelola stres

Keberhasilan dalam mengelola stres merupakan cara yang baik dalam mempertahankan dan menjalankan pola hidup sehat. Kalau kamu sedang dilanda stres, biasakan untuk beristirahat setelah hari yang kamu alami.

Kamu bisa mengelola stres dengan cara mendengarkan musik, meditasi, membaca, berolahraga hingga menonton acara atau film komedi. Aktivitas-aktivitas ini akan membantu kamu melepaskan endorfin yang menstimulasi rasa senang dan nyaman dalam diri.

6. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Oleh karena itu, cara untuk menjalankan pola hidup sehat adalah dengan menghindari kedua hal ini.

Memang efek dari menghentikan pola hidup tidak sehat ini tidak langsung kamu rasakan. Untuk rokok saja, kalau kamu berhenti saat ini, butuh waktu 15 tahun agar kamu bisa meraih level risiko penyakit jantung yang kembali normal.

Manfaat menerapkan gaya hidup sehat

Melakukan gaya hidup sehat nyatanya bisa memberikan manfaat pada tubuh kamu, lho. Baik manfaat kesehatan secara fisik maupun mental.

Berikut beberapa manfaat gaya hidup sehat agar kamu makin semakin terpacu untuk menjalani cara hidup sehat:

1. Meningkatkan kualitas tidur dan level energi

Istirahat malam yang baik menentukan tingkat energi kamu untuk keesokan harinya. Tidur adalah bagian dari gaya hidup sehat yang dapat ditingkatkan melalui olahraga dan pola makan sehat.

Melansir National Sleep Foundation, aktivitas fisik yang teratur menghasilkan kualitas tidur yang lebih lama dan lebih baik. Mereka yang berolahraga secara teratur juga menurunkan risiko terkena gangguan tidur seperti insomnia.

Olahraga setidaknya 10 menit latihan aerobik tambahan di siang hari akan membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari. Kualitas tidur dan tingkat energi juga dapat ditingkatkan dengan diet sehat.

2. Mampu turunkan berat badan secara sehat

Bagi kamu yang sedang dalam program menurunkan atau menjaga berat badan agar tetap ideal, gaya hidup sehat adalah metode yang tepat.

Manfaat gaya hidup sehat salah satunya adalah mampu menurunkan berat badan secara sehat. Olahraga dan makan sehat memang dapat menurunkan berat badan, namun jika keduanya dilakukan bersamaan maka hasilnya akan sangat efektif.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Obesity, 439 wanita kelebihan berat badan menjalani gaya hidup sehat dengan melakukan diet, olahraga, atau kombinasi keduanya. 

Para peneliti menemukan bahwa memasangkan nutrisi yang lebih baik dengan olahraga teratur akan memberikan hasil terbaik.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat gaya hidup sehat selanjutnya adalah peningkatan kesehatan mental. Ya, bukan hanya kesehatan fisik, cara hidup sehat juga tingkatkan kesehatan mental.

Olahraga dan makan sehat adalah alat yang dapat membantu kamu mengelola stres, yang pada gilirannya meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur, yang juga sering memengaruhi suasana hati.

Melansir Mayo Clinic, saat berolahraga otak akan melepas endorfin, atau molekul yang membuat kamu merasa nyaman atau bahagia. Molekul-molekul ini sangat kuat sehingga dapat membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan.

Selain itu makan makanan tertentu juga bisa meningkatkan kesehatan mental lho. Coba simak beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mental pada artikel di bawah ini:

Baca Juga : Inilah 5 Jenis Makanan yang Mampu Menunjang Kesehatan Mental Kamu

4. Cegah cedera dan penyakit

Manfaat dari gaya hidup sehat yang selanjutnya adalah mencegah kamu terkena penyakit atau cedera kronis. Melansir JAMA, cara hidup sehat dengan tidak merokok, makan dengan sehat, dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengimbangi risiko genetik penyakit demensia.

Selain itu ada juga penelitian dari The BMJ yang dilakukan pada Januari 2020 lalu. Melakukan cara hidup sehat di usia paruh baya, ditambah dengan minum secukupnya dan menjaga berat badan yang sehat, dapat membantu kamu menjalani hidup yang lebih lama dan bebas dari penyakit.

Melansir JAMA Cardiology, semakin lama kamu menjalani cara hidup sehat di usia paruh baya, semakin kecil kemungkinan kamu terkena penyakit seperti hipertensi, diabetes, penyakit ginjal kronis, dan penyakit kardiovaskular di kemudian hari.

Cara hidup sehat di masa pandemi

Di tengah pandemi ini, menjaga kesehatan baik fisik maupun mental menjadi sangat penting. Menjalani hidup sehat di masa pandemi ini bisa meningkatkan imunitas yang pada akhirnya dapat menghindarkan kamu dari risiko tertular COVID-19.

Lalu, bagaimana cara hidup sehat di masa pandemi? Berikut beberapa tips menjalankan gaya hidup sehat di masa pandemi yang bisa kamu coba:

1. Batasi keluar rumah dan disiplin jaga jarak

Sebisa mungkin batasi waktu berinteraksi secara langsung dengan orang yang tidak tinggal satu atap dengan kamu. Semakin sering kamu keluar, maka semakin besar risiko tertular COVID-19.

Jika kamu harus keluar untuk belanja bahan makanan misalnya, jangan lupa untuk pakai masker, jaga jarak, dan gunakan face shield jika perlu.

2. Jaga kebersihan diri

Cara hidup sehat di masa pandemi selanjutnya adalah memastikan kamu selalu menjaga kebersihan diri. 

  • Biasakan untuk rutin mencuci tangan dengan sabut minimal selama 20 detik. Jika tak ada sabun kamu bisa pakai hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60 persen.
  • Jangan pernah menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dicuci.
  • Saat batuk atau bersih jangan lupa tutupi dengan siku atau gunakan tisu sekali pakai lalu buang.
  • Saat kamu pergi keluar rumah, cuci bersih baju dan juga sepatu yang kamu gunakan saat pulang

3. Hidup sehat dengan olahraga di masa pandemi

Karena harus membatasi interaksi di luar ruangan dengan orang lain, maka kamu bisa melakukan jenis olahraga yang bisa dilakukan dalam lingkungan rumah saja.

Kamu bisa olahraga dengan peralatan di rumah seperti galon untuk angkat beban atau kursi yang kokoh untuk step-up. Atau bisa juga latihan tanpa alat dengan melakukan squat, burpee, sit-up, plank, dan push-up.

Jika ingin berjalan, berlari, atau bersepeda di luar, lakukan saja di sekitar kompleks rumah kamu ya. Dan pastikan selalu disiplin jaga jarak!

Tips cara hidup sehat lainnya kamu bisa ikuti yang ada pada poin pembahasan sebelumnya ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Acmc.edu (2016) diakses 27 Juli 2020. https://www.acmc.edu/5-steps-to-a-healthier-lifestyle/
  2. Heart.org (2018) diakses 27 Juli 2020. https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults?utm_source=redirect_heartorg&utm_medium=referral&utm_campaign=301#.Vur7sPkrLIU
  3. Who.int (2014) diakses 27 Juli 2020. https://www.who.int/elena/bbc/fruit_vegetables_ncds/en/
  4. Medicinenet.com (2019) diakses 27 Juli 2020. https://www.medicinenet.com/healthy_living/article.htm
  5. City and County of San Francisco (2020) diakses pada 22 September 2020. https://sf.gov/stay-healthy-during-coronavirus-outbreak
  6. Time (2020) diakses pada 22 September 2020. https://time.com/5804130/covid-19-social-distancing-wellness/
  7. Live Strong (2020) diakses pada 22 September 2020. https://www.livestrong.com/article/289651-what-are-the-benefits-of-living-a-healthy-lifestyle/
    Berita Terkait
    register-docotr