Info Sehat

5 Cara Mengobati Kista Secara Alami: Kompres Panas hingga Memanfaatkan Madu

September 14, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Cara mengobati kista secara alami sudah banyak dilakukan karena diketahui lebih aman dan bisa mengurangi ketidaknyaman. Kista sendiri merupakan benjolan keras yang berisi berbagai zat dan biasanya terbentuk di dalam tubuh.

Jenis yang paling umum adalah kista epidermoid yang biasanya tumbuh tepat di bawah kulit, sehingga terkadang mengganggu penampilan.

Untuk mengurangi benjolannya, yuk simak berikut beberapa cara mengobati kista secara alami yang perlu kamu ketahui lebih lanjut.

Baca juga: Alergi Buah: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Cara mengobati kista secara alami di rumah

Dilansir Medicinenet, kista biasanya terjadi hampir di semua jaringan tubuh dan memiliki ukuran bervariasi mulai dari mikroskopis, hingga cukup besar. Sebagian besar kista bersifat jinak, namun beberapa di antaranya mungkin mengandung sel ganas.

Untuk mencegah benjolan semakin besar berikut beberapa cara mengobati kista secara alami:

1. Kompres panas

Cara mengobati kista secara alami adalah menggunakan kompres panas. Panas dapat membantu mengurangi ketebalan cairan dalam kista. Nah, dalam kasus epidermoid akan membantu cairan di dalamnya untuk mengalir lebih cepat ke sistem limfatik.

Sistem ini sendiri membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan berperan sebagai pelindung terhadap infeksi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah panaskan air bersih sampai suhu hangat atau panas, jangan mendidih.

Tunggu air hingga mendingin atau berada di suhu yang dapat ditoleransi namun tetap panas untuk kontak kulit. Basahi kain bersih dengan air dan oleskan pada kista selama 20 hingga 30 menit. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan kesembuhan yang diinginkan. 

2. Tea tree oil

Minyak esensial dari tea tree oil atau Melaleuca alternifolia dapat membantu beberapa kista meski tidak secara langsung.

Penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil memiliki aktivitas antimikroba yang berarti mampu membantu membunuh bakteri, virus, jamur, dan patogen lainnya. 

Beberapa kista disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam sehingga menyebabkan infeksi pada kelenjar sebaceous. Sebagai antimikroba, tea tree oil dapat membantu membunuh infeksi bakteri yang disebabkan pertumbuhan rambut ke dalam.

Cara pemakaiannya adalah encerkan tea tree oil ke dalam air bersih hangat atau panas dengan rasio dua hingga tiga tetes per 1 ons air.

Oleskan campuran tersebut langsung pada kista beberapa kali sehari dengan kain bersih. Hindari mengoleskan langsung tea tree oil yang tidak diencerkan pada kista karena bisa mengakibatkan iritasi dan luka bakar.

3. Cuka sari apel

Cara mengobati kista secara alami tanpa operasi yang direkomendasikan lainnya adalah menggunakan cuka sari apel. Tidak ada penelitian yang menunjukkan cuka sari apel bisa menghilangkan kista, namun bahan ini terbukti memiliki sifat antimikroba. 

Mengingat cuka sari mungkin hanya efektif untuk jenis kista tertentu, seperti yang disebabkan oleh bakteri namun cara ini tetap patut dicoba. Cara pembuatannya adalah mencampurkan air dengan cuka sari apel lalu oleskan langsung ke kista beberapa kali dalam sehari.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggabungkan penggunaan cuka sari apel dengan obat rumahan, yakni kompres air panas. Jangan pernah mengoleskan cuka sari apel murni langsung ke kulit karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan, iritasi, hingga luka bakar.

4. Lidah buaya

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, di mana keduanya dapat membantu meredakan nyeri serta nyeri pada kista.

Tak hanya itu, lidah buaya juga bisa membantu mengurangi penampilan atau menghilangkan kista tertentu yang disebabkan oleh bakteri.

Meski dalam penelitian lidah buaya belum terbukti dapat mengurangi kemunculan kista, namun bahan ini diketahui dapat membantu meredakan ketidaknyaman dan rasa sakit. Cara penggunaannya cukup oleskan gel, krim, atau losion lidah buaya murni langsung ke kista.

5. Cara mengobati kista secara alami dengan madu

Cara mengobati kista secara alami tanpa operasi yang terakhir adalah dengan menggunakan madu. Sebuah tinjauan studi terbaru menunjukkan bahwa madu memiliki efek antimikroba dan anti-inflamasi sehingga bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat kista.

Untuk penggunaannya, cukup oleskan madu murni pada kista, biarkan selama beberapa jam agar penyembuhan rasa sakit menjadi lebih efektif. Bahan alami satu ini perlu diaplikasikan secara rutin untuk membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Baca juga: Panduan Tepat Memilih Sabun Muka untuk Kulit Berminyak, Yuk Simak Tipsnya!

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7.

Reference
  1. Healthline (2018), diakses 11 September 2020. 7 Home Remedies for Cysts: Do They Work?
  2. Medicinenet.com (2019), diakses 11 September 2020. Cysts
    register-docotr