Info Sehat

Cegah Berkembang hingga Parah, Ini 6 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

June 19, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Menurut healthy tadulako jurnal, sebanyak 8,3 juta kasus mengenai infeksi saluran kemih dilaporkan per tahun. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mengobati infeksi saluran kemih.

Infeksi ini dapat menyerang siapapun, baik pria maupun wanita. Penyakit ini tidak bisa dianggap sepele karena dapat menyebabkan komplikasi.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memahami bagaimana cara mengobati jenis infeksi yang satu ini.

Apa itu infeksi saluran kemih?

Penggambaran infeksi saluran kemih. Foto www.ausmed.com

Infeksi saluran kemih (ISK) atau dikenal juga dengan urinary tract infection merupakan infeksi yang dapat terjadi di bagian sistem kemih. Infeksi ini dapat terjadi di ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Umumnya kasus ini menimbulkan infeksi di kandung kemih dan uretra.

Infeksi ini lebih sering terjadi pada wanita, hal ini disebabkan uretra yang ada di wanita lebih pendek dari pada uretra pada pria, sehingga bakteri lebih mudah memasuki kandung kemih.

Infeksi ini dapat terjadi karena infeksi bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra, bakteri yang sering menyebabkan penyakit ini adalah Escherichia coli.

Cara pengobatan infeksi saluran kemih

Jika kamu merasakan gejala-gejala terkena infeksi saluran kemih, berikut ini cara untuk mengobati infeksi saluran kemih yang dapat kamu lakukan:

Menjaga tubuh terhidrasi

Minum air yang cukup adalah salah satu cara termudah untuk membantu mencegah dan mengobati ISK. Air dapat membantu organ saluran kemih membuang limbah dari tubuh secara efisien sambil mempertahankan nutrisi penting dan elektrolit.

Tidak ada rekomendasi yang pasti untuk berapa banyak orang harus minum setiap hari, karena kebutuhan air setiap orang berbeda. Namun, sebaiknya kamu minum setidaknya 6-8 gelas air setiap hari.

Setop kebiasaan menahan buang air kecil

Selalu buang air kecil sesegera mungkin ketika inginn kencing, hal tersebut membantu mencegah dan mengobati ISK. Sering buang air kecil dapat memberi tekanan pada bakteri di saluran kemih, untuk keluar sehingga dapat membantu membersihkan saluran kemih.

Ini juga mengurangi waktu di mana bakteri dalam urin terpapar ke sel-sel di saluran kemih, sehingga risiko mereka menempel dan membentuk infeksi juga semakin berkurang.

Cukupi asupan vitamin C

Mencukupi kebutuhan vitamin C, merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengobati infeksi ini. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga dapat menurunkan pH urine, sehingga kecil kemungkinan bakteri akan bertahan hidup.

Menurut National Institutes of Health direkomendasikan untuk wanita setidaknya mengonsumsi 75 mg vitamin C per hari, sedangkan pria membutuhkan sekitar 90 mg per hari.

Menjaga kebersihan saat berhubungan seksual

Hubungan seksual dapat memaparkan bakteri dan mikroba lain dari luar tubuh ke saluran kemih. Mempraktikkan kebersihan dalam berhubungan  seksual dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang dapat ditransfer selama melakukan hubungan seksual dan tindakan seksual lainnya.

Kamu dapat melakukan beberapa hal dibawah ini untuk tetap menjaga kesehatan saat melakukan hubungan seksual:

  • Buang air kecil sebelum dan segera setelah berhubungan seks
  • Menggunakan kontrasepsi seperti kondom
  • Mencuci alat kelamin, terutama kulup, sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual
  • Mencuci alat kelamin atau mengganti kondom jika beralih dari seks anal ke seks vaginal
  • Memastikan bahwa kamu dan pasangan seksualmu tidak sedang terkena infeksi saluran kemih

Membasuh organ intim dari arah depan ke belakang

Banyak ISK terjadi karena bakteri dari dubur atau feses mendapatkan akses menuju ke uretra atau saluran kencing yang terjadi karena salah dalam membersihkan area kelamin.

Setelah buang air kecil, bersihkan dengan cara yang mengusap dari arah depan ke belakang. Gunakan kertas toilet yang terpisah untuk membersihkan alat kelamin dan anus.

Mengonsumsi antibiotik sesuai resep dokter

Antibiotik biasanya adalah pengobatan pertama yang akan dokter resepkan untuk infeksi saluran kemih. Golongan antibiotik yang diresepkan dan berapa lama penggunaan tergantung pada kondisi kesehatan dan jenis bakteri yang ditemukan dalam urine.

Antibiotik dapat membunuh bakteri penyebab infeksi di saluran kemih sehingga kamu bisa segera sembuh. Antibiotik harus dihabiskan sampai tuntas sesuai dosis dan mengikuti petunjuk dokter, agar terhindar dari komplikasi akibat infeksi ini.

Itulah beberapa cara untuk mengobati infeksi saluran kemih yang dapat kamu lakukan. Jika sakit yang kamu rasakan tidak kunjung membaik, sebaiknya segera hubungi dokter untuk melakukan konsultasi agar menghindari terjadinya kemungkinan komplikasi.

 Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Jurnal Kesehatan Tadulako (2016). Diakses pada 14/06/20. FAKTOR RISIKO INFEKSI SALURAN KEMIH DI BAGIAN RAWAT INAP RSU MOKOPIDO TOLITOLI TAHUN 2012 | Hermiyanty | Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako)

National Institutes of Health (2019). Diakses pada 14/06/20. Vitamin C – Consumer

Healthline (2020). Diakses pada 14/06/20. Women’s Wellness: UTI Treatment Without Antibiotics

Healthline (2017). Diakses pada 14/06/20. 6 Home Remedies for UTI (Urinary Tract Infection)

WebMD (2019). Diakses pada 14/06/20. Antiobiotics for UTIs: What to Know

Medical News Today (2020). Diakses pada 14/06/20. Seven ways to treat a UTI without antibiotics

Mayoclinic (2019). Diakses pada 14/06/20. Urinary tract infection (UTI) – Symptoms and causes

    Berita Terkait
    register-docotr