Info Sehat

7 Cara Ampuh Menghangatkan Tubuh saat Menggigil Kedinginan

January 22, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Musim hujan sudah datang, dan umumnya cuaca cenderung akan lebih dingin daripada biasanya. Namun, tenang karena ada berbagai cara menghangatkan tubuh saat kedinginan!

Suhu dingin di musim hujan juga akan lebih terasa berat jika kamu sedang tidak sehat.

Tips cara menghangatkan tubuh saat kedinginan

Jika selama ini kamu punya masalah dengan cuaca dingin, kamu bisa simak beberapa tips cara menghangatkan tubuh di bawah ini!

1. Hentikan menggigil

Saat mulai gemetar dan menggigil, ini bisa jadi tanda kalau tubuh kamu butuh ke tempat yang lebih hangat, dengan cepat. 

Ketika suhu di permukaan kulit turun, menggigil juga akan mencegah suhu inti tubuh ikut turun. Menggigil terjadi karena kontraksi spasmodik dan relaksasi otot.

Kondisi ini menguras kalori, dan menghasilkan panas untuk menggantikan panas tubuh kamu yang hilang melalui konveksi atau konduksi.

Baca Juga : Mengenal Melioidosis: Penyakit yang Sering Terjadi di Daerah Beriklim Tropis

2. Fokus pada cara kamu bernapas

Cara menghangatkan tubuh yang berikutnya adalah dengan mengatur pernapasan kamu. Karena menggigil, kerap kali napas jadi tidak beraturan.

Menurut sebuah penelitian, sebuah teknik meditasi bernama “vase breathing” mampu menaikkan suhu inti tubuh hingga 101 derajat. 

Cara melakukannya adalah mulai dengan menarik napas dalam-dalam. Saat menghembuskan napas, kontraksikan otot perut dan panggul sehingga perut bagian bawah berbentuk vas atau pot yang membulat dengan lembut.

3. Gunakan pakaian hangat

Saat merasakan kedinginan, kamu bisa menghangatkan tubuh dengan cara mengenakan pakaian hangat.

Kenakan pakaian berlapis, pakai topi atau “kupluk”, sarung tangan, dan syal. Pakaian yang terbuat dari wol, katun, atau kain lembut adalah yang paling hangat.

Saat kamu berada di dalam ruangan, kenakan kaus kaki dan sandal hangat agar kaki kamu tetap nyaman.

Baca Juga : Apakah Bayi Bisa Merasakan Kedinginan dan Kepanasan di Dalam Kandungan?

4. Konsumsi makanan berlemak

Saat tubuh kedinginan dan kamu merasa lapar, coba pilih menu makanan yang cukup berlemak. Tapi pilihlah makanan dengan lemak sehat ya.

Lemak terkenal karena bergerak perlahan melalui sistem pencernaan. Saat tubuh mulai mencerna, kamu akan merasa hangat karena tubuh harus menyediakan energi untuk mencerna produk makanan itu.

5. Minum-minuman hangat dan hindari alkohol

Cara menghangatkan tubuh yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi minuman atau sup hangat. Cairan panas tidak benar-benar meningkatkan suhu internal tubuh, tetapi dapat memberi kamu kesan “memanas”.

Mulut adalah salah satu bagian paling sensitif dari tubuh. Cairan panas di area sensitif itu dapat memberi kamu perasaan hangat. Namun, kamu harus hindari alkohol ya!

Alkohol memang membuat badan terasa panas, tapi bukan dengan cara menarik panas dari organ vital tubuh kamu melainkan karena pembuluh darah di kulit mengembang.

Baca Juga : 7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali: Bisa Picu Penyakit & Keracunan

6. Gunakan selimut saat di rumah

Selain kaus kaki, selimut juga alat yang ampuh untuk menghangatkan tubuh saat kedinginan. Untuk tempat tidur yang nyaman, gunakan beberapa lapisan selimut untuk membantu memerangkap panas. 

Mulailah dengan lembaran flanel. Kemudian letakkan selimut paling lembut di bagian bawah, lalu lapisan tipis, dan terakhir selimut tebal di atasnya.

7. Tetap aktif

Cara menghangatkan tubuh yang lain adalah dengan tetap aktif bergerak. Bergerak dapat meningkatkan sirkulasi tubuh kamu.

Bergeraklah setidaknya sekali dalam satu jam dan hindari duduk diam dalam waktu lama. Bahkan olahraga ringan akan membantu kamu tetap hangat.

Kamu juga bisa jalan-jalan atau jogging. Jika di luar terlalu dingin, pergilah ke gym, atau cukup lakukan jumping jack, push-up, atau latihan lain di dalam ruangan.

Tidak hanya akan menghangatkan tubuh, cara ini membantu membangun dan menjaga otot kamu sekaligus membakar kalori dan membuat tubuh panas.

Apakah sering merasa kedinginan adalah tanda bahaya?

Beri tahu dokter jika kamu merasa lebih sensitif terhadap dingin daripada di masa lalu. Ini bisa jadi gejala masalah nutrisi, sel darah merah (anemia), pembuluh darah, kelenjar tiroid, atau thermostat otak.

Coba perhatikan seberapa sering hal itu terjadi, berapa lama itu berlangsung, dan apakah semakin parah. Dokter mungkin melakukan beberapa tes untuk mempersempit penyebabnya.

Kamu juga harus memerhatikan beberapa jenis obat. Obat untuk mengobati tekanan darah tinggi, termasuk alpha-blocker, beta-blocker, dan vasodilator langsung, dapat membuat kamu lebih sensitif terhadap dingin, seperti halnya beberapa kondisi medis, seperti hipotiroidisme. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WebMD. Diakses pada 17 Januari 2021. Ways to Warm Up if You’re Always Cold

Business Insider. Diakses pada 17 Januari 2021. 9 ways to trick your body into feeling warmer when you’re freezing

Live Science. Diakses pada 17 Januari 2021. 7 Scientific Tips for Staying Warm

British Heart Foundation. Diakses pada 17 Januari 2021. 8 wise ways to keep the heat in

    register-docotr