Info Sehat

Jangan Didiamkan, Ini 6 Cara Aman untuk Mengatasi Masuk Angin

August 9, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Masuk angin menjadi istilah populer yang digunakan di Indonesia ketika seseorang merasa tidak enak badan. Masuk angin ditandai dengan serangkaian gejala seperti pilek, demam, kembung, menggigil, sering buang angin atau sendawa. Bagaimana ya cara mengatasi masuk angin? 

Agar tak keliru, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Apa Itu Angin Duduk dan Bagaimana Mengobatinya?

Apa itu masuk angin?

Biasanya masuk angin dikeluhkan ketika daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh mudah diserang bakteri atau virus.

Masuk angin merupakan serangkaian gejala yang timbul pada tubuh akibat penyakit tertentu. Beberapa penyakit dapat menimbulkan serangkaian gejala yang dikenal sebagai masuk angin. Mulai dari gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, demam berdarah, malaria, hingga penyakit jantung.  

Cara tepat dan aman mengatasi masuk angin 

Ada beberapa cara mengatasi masuk angin yang bisa kamu coba di rumah. Cara berikut ini dapat meredakan berbagai gejala yang kamu alami selama masuk angin. 

Jaga asupan cairan tubuh

Cara mengatasi masuk angin yang paling mudah dan perlu kamu lakukan adalah dengan menjaga cairan tubuh. Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan memperbanyak minum air putih.

Di samping itu, hindari dahulu ya minuman seperti alkohol, kopi, dan soda berkafein. Jenis minuman ini justru dapat memperparah dehidrasi.

Konsumsi makanan bergizi

Ketika tubuh mengalami penurunan daya tahan, pilihlah makanan-makanan yang bergizi seperti buah dan sayur untuk mengembalikan ketahanan tubuh. Kamu juga perlu memerhatikan waktu makanmu. Jangan sampai kamu malah telat atau melewati waktu makan yang seharusnya. 

Gunakan humidifier

Humidifier dapat menambah kelembapan udara dalam ruangan yang mampu membantu mengatasi hidung yang mampet. Gantilah air pada humidifier secara berkala dan ikuti instruksi penggunaan yang tertera pada produk.

Pilih minuman atau makanan hangat

Minuman hangat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi masuk angin, lho. Misalnya perasan lemon hangat yang dicampur madu, air putih hangat, atau sup kaldu bening. Minuman dan makanan tersebut dapat membantu melegakan pernapasan yang terhambat sekaligus mencegah dehidrasi.

Istirahat yang cukup

Ketika masuk angin menyerang, kamu pasti merasa tidak nyaman dengan tubuhmu. Bahkan tubuh bisa menjadi lemas atau pusing. Untuk itu cobalah istirahat sejenak dari kegiatanmu.

Dengan begitu, tubuh bisa menjadi rileks dan terasa lebih segar ketika bangun. Kamu juga perlu menghindari begadang karena dapat memperburuk kondisi tubuh. 

Minum obat

Jika mengalami gejala masuk angin yang berbarengan dengan masalah kesehatan lain seperti batuk, pilek, dan demam, kamu bisa mencoba minum obat pereda nyeri atau paracetamol yang dijual bebas di toko obat.

Bila gejala belum membaik juga, ada baiknya kamu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis serta obat apa yang tepat. 

Apakah perlu ke dokter?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masuk angin mungkin disebabkan oleh berbagai jenis penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga berat sekalipun. Bila masuk angin tak kunjung reda selama lebih dari 3 hari, kamu perlu waspada. 

Gejala seperti demam tinggi, badan lemas, menggigil, kembung dan sebagainya bisa sangat mengganggu. Untuk itu, segeralah hubungi atau kunjungi dokter sehingga kamu mendapatkan pemeriksaan medis. 

Cara mencegah masuk angin

Supaya tidak lagi terkena masuk angin, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut di antaranya:

  • Melakukan olahraga secara rutin. Luangkanlah waktu untuk berolahraga setiap hari setidaknya selama 30 menit. Hal ini penting untuk memperkuat daya tahan tubuh
  • Menggunakan jaket. Saat cuaca sedang dingin atau berangin jangan lupa untuk mengenakan pakaian hangat
  • Beristirahat. Jangan lupa menjaga pola tidur teratur
  • Selalu mengonsumsi makanan bergizi. Makanan seperti buah dan sayur idealnya harus selalu ada sebagai asupan harianmu. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah terkena penyakit
  • Minum vitamin. Untuk menjaga imunitas tubuh, terkadang kamu juga butuh asupan vitamin, lho.

Sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi masuk angin? Ketika kamu mengalaminya, segeralah lakukan cara-cara di atas ya. Tetapi bila gejala tak segera membaik, segeralah hubungi dokter. Pemeriksaan oleh dokter penting untuk mencari tahu penyebab masuk angin.

Punya pertanyaan atau keluhan lebih lanjut seputar masuk angin? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr