Info Sehat

Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi yang Aman dan Sehat

May 20, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Kondisi kenaikan gula darah yang dibiarkan secara terus-menerus dapat membahayakan kesehatan. Namun banyak orang lebih memilih konsumsi obat-obatan sebagai cara mengatasi gula darah tinggi.

Padahal gaya hidup sehat serta asupan makan yang baik juga menjadi salah satu cara mengatasi gula darah tinggi loh.

Baca Juga: Tak Cuma soal Keturunan, Kenali Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

Cara mengatasi gula darah tinggi

1. Olahraga

Rutin melakukan olahraga juga menjadi salah satu cara menurunkan gula darah. Kamu bisa memulainya dari tahapan olahraga yang sedang saja. Gerakan olahraga sedang ini mampu menurunkan glukosa dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, rutin melakukan olahraga juga dapat membantu tubuh dalam pemanfaatan gula yang ada dalam darah. Tujuannya agar masuk ke dalam sel tubuh sehingga tak menyebabkan kadar gula naik secara drastis.

Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan adalah berenang, bersepeda, jalan cepat dan senam aerobik. Kamu perlu lakukan ini secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal ya.

2. Istirahat yang cukup

Seringkali kamu melupakan waktu untuk istirahat karena terlalu fokus untuk melakukan gerak badan. Padahal tidur menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kestabilan kadar gula darah agak tidak melonjak secara signifikan loh.

cara mengatasi gula darah tinggi
Kualitas tidur yang cukup. Foto: https://www.shutterstock.com

Tak hanya sekedar istirahat, kamu juga harus memiliki kualitas tidur yang baik. Hal tersebut mampu membuat tubuh sehat. Kamu yang memiliki kebiasaan tidur kurang baik seperti seringkali tidur dini hari perlu berhati-hati.

Hal tersebut dapat memengaruhi peningkatan sensitifitas insulin serta kadar gula darahmu. Waktu tidur yang sangat disarankan yaitu kurang lebih selama 7 hingga 9 jam per hari.

3. Cara mengatasi gula darah tinggi dengan menjaga asupan gula

Mulai atur untuk membatasi asupan gula untuk tubuh. Hal tersebut dapat menurunkan dan membuat normal kembali kadar gula darah. Cara melakukan pembatasan asupan gula ini sendiri juga bergantung pada kesadaran dari diri masing-masing.

Kedisiplinan dalam menjaga asupan makanan sangat dibutuhkan. Kamu bisa mengganti pemanis dari gula menjadi pemanis yang rendah kalori seperti jagung. Jika melakukan hal seperti itu fungsi insulin pada tubuhmu dapat meningkat.

4. Konsumsi ikan

Tak banyak diketahui bahwa ikan tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Selain itu ikan juga tidak memiliki kandungan gula. Tentu saja dengan begitu kamu dapat mengonsumsi ikan untuk menurunkan kadar gula secara alami.

asupan ikan
Perbanyak asupan ikan. Sumber gambar : https://pixabay.com

Caranya pun cukup mudah, kamu bisa mengonsumsi ikan sebanyak dua kali dalam satu minggu. Selain mengatasi diabetes, konsumsi ikan juga dapat menyelamatkan kamu dari penyakit jantung.

Hal tersebut dikarenakan kandungan asam omega-3 di dalam ikan. Namun perlu diingat sangat tidak disarankan kamu mengonsumsinya dengan cara pengolahan ikan yang digoreng dan juga ikan yang mengandung merkuri.

5. Asupan karbohidrat

Karbohidrat tentu menjadi salah satu asupan paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut disebabkan karena karbohidrat menjadi sumber energi utama agar tubuh dapat beraktivitas dengan baik.

Namun demi mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil, kamu sangat perlu mengatur asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut perlu dilakukan karena tubuh melakukan proses pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana dan sebagian besar adalah glukosa.

Setelah itu akan dilanjutkan bekerjanya insulin dengan memindahkan gula yang ada dalam tubuh ke darah di dalam sel agar menjadi energi.

6. Cara mengatasi gula darah tinggi yakni dengan menghindari makanan cepat saji

Sangat tidak mudah bagi kamu untuk menurunkan kadar gula darah bukan? Hal tersebut disebabkan karena kamu perlu mengontrol nafsu. Apalagi kamu yang pecinta junk food.

Tentu cara ini akan menjadi kabar yang sangat tidak menyenangkan, karena makanan cepat saji ini mampu membuat kadar gula darah melonjak secara drastis.

Namun perlu kamu ketahui bahwa jenis makanan ini tidak hanya berbahaya bagi penderita diabetes saja. Tetapi juga untuk kesehatan tubuh manusia. Cara ini menjadi salah satu yang paling ampuh untuk mengontrol atau menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca juga : Wajib Diketahui, Ini Deretan Obat Diabetes dan Efek Sampingnya

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2016) diakses 19 Mei 2020. 15 Easy Ways to Lower Blood Sugar Levels Naturally
  2. medicalnewstoday.com (2018) diakses 19 Mei 2020. How can you lower your blood sugar levels?
  3. diabetes.co.uk (2019) diakses 19 Mei 2020. How to Bring Down High Blood Sugar Levels
    Berita Terkait
    register-docotr