Info Sehat

Jangan Asal! Ini Cara Membersihkan HP yang Benar agar Bebas Kuman dan Bakteri

October 23, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Handphone alias HP menjadi barang yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari saat ini. Kamu pasti sering membawa HP kemana pun kamu berada, baik ketika berpergian bersama teman atau bahkan ketika di toilet.

Bahkan peneliti dari Universitas Arizona menemukan fakta bahwa ponsel membawa bakteri 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan tempat duduk toilet. Maka dari itu, sangat penting untuk membersihkan HP agar terbebas dari kuman dan bakteri.

Nah, untuk mengetahui cara membersihkan HP dengan benar, kamu dapat menyimak tips-tips di bawah ini!

Baca juga: Ini Fakta yang Sebenarnya di Balik Dugaan Bahaya Radiasi HP bagi Kesehatan

Cara membersihkan HP agar bebas dari kuman dan bakteri

Setiap kali kamu menyentuh HP, kamu dapat memindahkan bakteri dari tangan atau sebaliknya. Agar tidak merusak fungsinya, membersihkan HP tentu saja tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Nah, berikut ini adalah cara membersihkan HP yang benar agar bebas dari kuman maupun bakteri yang wajib kamu tahu.

Peringatan

Jangan gunakan bahan-bahan ini untuk membersihkan HP:

  • Pembersih jendela atau alat-alat rumah tangga
  • Pembersih semprotan aerosol
  • Acetone, benzene, toluene
  • Pemutih
  • Amonia
  • Bubuk abrasive
  • Hidrogen peroksida

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Kain microfiber bebas serat, seperti kain lensa untuk kacamata. Jangan gunakan tisu atau paper towel karena keduanya dapat meninggalkan residu pada layar, serta dapat menggores lapisan pelindung layar
  • ½ cangkir air bersih yang siap diminum, jangan gunakan air keran karena mengandung bahan kimia. Air bersih yang siap diminum juga tidak akan meninggalkan lapisan jika mengering
  • ½ cangkir isopropil alkohol 70 persen
  • Cotton bud

Cara membersihkan:

  • Matikan perangkat sebelum kamu membersihkannya. Pastikan juga kamu sudah mencabut HP ketika kamu sedang mengisi daya. Ini berguna untuk menghindari korsleting. Tak hanya itu, membersihkan HP ketika dimatikan juga dapat membuatmu melihat permukaan yang sedang dibersihkan lebih baik, serta menghindari telepon atau mengirimkan pesan secara tidak disengaja
  • Lepaskan casing atau penutup pelindung. Ini harus dibersihkan secara terpisah
  • Campurkan air bersih siap diminum dengan 70 persen isopropil alkohol. Campurkan kedua bahan ini dengan perbandingan 1:1 dalam botol semprot kecil. Kocok botol agar kedua bahan bisa tercampur dengan baik
  • Semprot kain microfiber. Semprotkan kain microfiber dengan sedikit campuran air bersih siap diminum dan isopropil alkohol. Jangan pernah menyemprotkannya langsung ke HP dan jangan terlalu membasahi kain
  • Bersihkan layar HP. Gunakan kain microfiber untuk menyeka seluruh ponsel. Pastikan untuk membersihkan bagian depan dan belakang. Bersihkan secara perlahan dan jangan terlalu keras
  • Bersihkan area kecil. Jika area kecil seperti ruang di sekitar lensa kamera atau tombol-tombol menunjukkan penumpukan kotoran, gunakanlah cotton bud untuk membersihkan area tersebut. Setelah sisa-sisa kotoran hilang, seka kembali area tersebut dengan kain microfiber yang sedikit basah
  • Biarkan HP mengering. Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah biarkanlah HP benar-benar kering minimal 15 menit sebelum memasukkan HP ke dalam casing.
  • Kamu dapat melakukan cara membersihkan HP ini setiap minggu

Baca juga: Fakta di Balik Temuan Virus COVID-19 Bertahan 28 Hari di Layar Ponsel

Cara membersihkan casing HP

Cara membersihkan ponsel dengan benar memang penting, tetapi kamu juga harus membersihkan casing HP. Sebab, kamu tidak akan mendapatkan manfaat jika kamu membersihkan HP dan memasukkannya kembali ke dalam wadah pelindung yang kotor.

Baik casing HP yang terbuat dari silikon, hard plastic, atau kulit, sebagian besar model casing HP memiliki tepi bertekstur untuk memberikan pegangan yang lebih baik pada HP.

Berikut adalah cara membersihkan casing HP berdasarkan bahan casing yang bisa kamu coba lakukan.

Casing HP dari silikon

Untuk mencuci casing HP yang terbuat dari silikon, kamu dapat mencucinya dengan air hangat dan sedikit sabun pencuci piring. Gunakan kain lembut untuk menggosok bagian tepi casing. Kemudian bilas dan biarkan casing kering sepenuhnya.

Untuk pembersihan sehari-hari kamu dapat membersihkannya dengan kain microfiber yang telah dibasahi oleh air bersih siap diminum dan larutan alkohol.

Casing HP dari hard plastic

Jika kamu memiliki casing HP yang terbuat dari hard plastic, kamu dapat membersihkannya dengan cara menyeka seluruh casing dengan campuran air bersih siap diminum dan larutan alkohol pada kain yang tidak berserat.

Gunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke dalam larutan air bersih siap diminum dan alkohol untuk membersihkan tempat tombol kecil dan area lensa. Keringkan dengan kain bersih bebas serat.

Ketika kamu ingin memasukkan kembali HP ke dalam casing, kamu harus memastikan casing benar-benar kering ya.

Casing HP dari kulit

Casing yang terbuat dari kulit harus dibersihkan dengan sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit. Untuk menjaga kualitasnya, kamu dapat menggunakan kondisioner kulit. Setelah dibersihkan, biarkan casing benar-benar kering sebelum memasukkan kembali HP. 

Nah, itulah cara membersihkan HP agar terbebas dari kuman dan bakteri, mudah bukan? Akan tetapi, kamu harus membersihkan HP secara berhati-hati ya agar tidak rusak.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

AARP (2020). Diakses pada 14 Oktober 2020. How to Clean Your Smartphone or Tablet Device Screen 

How-to Geek (2011). Diakses pada 14 Oktober 2020. How to Clean Your Dirty Smartphone (Without Breaking Something) 

The Spruce (2020). Diakses pada 14 Oktober 2020. The Right Way to Clean Your Cell Phone 

The University of Arizona (2012). Diakses pada 14 Oktober 2020. Why Your Cellphone has More Germs Than a Toilet 

    Berita Terkait
    register-docotr