Info Sehat

Bukan Cuma Kurang Tidur, Ini Penyebab Lainnya Muncul Mata Panda

May 1, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Bagi sebagian orang yang memiliki siklus tidur tidak teratur biasanya memiliki mata panda, yaitu lingkaran hitam di bawah mata. Namun tak hanya itu saja, ternyata ada beberapa penyebab lain dan seperti ini cara tepat untuk mengatasinya. 

Mengapa kurang tidur bisa sebabkan mata panda? 

Kurang tidur, tidur berlebihan, atau kelelahan ekstrem, dapat menyebabkan lingkaran hitam yang terbentuk di bawah mata. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan pucat, sehingga jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit terlihat.

Menurut Everyday Health, hal ini terjadi karena kurang tidur cenderung menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis membesar sehingga menimbulkan warna gelap. Terkadang, rasa lelah juga bisa membuat area di bawah mata tampak bengkak. 

Cairan bisa bocor ke kulit dan menyebabkan bengkak atau yang biasa disebut kantung mata. 

Penyebab lain timbulnya mata panda

Lingkaran hitam di bawah kelopak mata bawah sering terjadi pada pria dan wanita. Lebih parahnya pada sebagian orang kondisi ini sulit dihilangkan dan bisa menyerang siapa saja. 

Melansir penjelasan dari laman Healthline, berikut ini beberapa penyebab timbulnya mata panda: 

Usia

Penuaan alami adalah penyebab umum lingkaran hitam di bawah mata. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis. Kamu juga kehilangan lemak dan kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit.

Saat kondisi tersebut terjadi, pembuluh darah gelap di bawah kulit menjadi lebih terlihat menyebabkan area di bawah mata menjadi gelap.

Ketegangan mata

Menatap televisi atau layar komputer dapat menyebabkan mata tegang. Ketegangan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata bisa menjadi gelap.

Alergi

Reaksi alergi dan mata kering bisa memicu lingkaran hitam. Saat mengalami reaksi alergi, tubuh melepaskan histamin sebagai respons terhadap bakteri berbahaya. 

Selain menyebabkan gejala tidak nyaman termasuk gatal, kemerahan, dan mata bengkak histamin juga menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat di bawah kulit.

Alergi juga dapat meningkatkan keinginan untuk menggosok dan menggaruk kulit yang gatal di sekitar mata.

Tindakan ini dapat memperburuk gejala, menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan pembuluh darah rusak. Hal ini dapat menyebabkan bayangan gelap di bawah mata.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak menerima jumlah air yang tepat, kulit di bawah mata akan mulai terlihat kusam dan mata terlihat lebih cekung dari biasanya. Kondisi ini terjadi karena dekat dengan tulang di ada dibawahnya.

Eksposur berlebih sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh memproduksi melanin berlebih, pigmen yang memberi warna pada kulit. Terlalu banyak sinar matahari terutama untuk mata dapat menyebabkan pigmentasi pada kulit di sekitarnya menjadi lebih gelap.

Genetika

Sejarah keluarga juga berperan dalam mengembangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Hal ini bisa menjadi sifat yang diwariskan dan dapat terlihat sejak masa kanak-kanak, dan mungkin memburuk seiring bertambahnya usia atau perlahan menghilang. Kecenderungan kondisi medis lain juga bisa disebabkan akibat penyakit tiroid. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa si Kecil Sering Mengucek Matanya, Moms Harus Tahu!

Cara mencegah terjadinya mata panda

Orang dapat membantu mencegah munculnya lingkaran hitam dengan mengatasi faktor gaya hidup seperti dilansir dari Medical News Today

Cukup tidur dan mengurangi stres

Stres dapat meningkatkan munculnya lingkaran hitam, sementara istirahat dan kebiasaan gaya hidup sehat menurunkan perubahan warna.

Melindungi mata dari sinar matahari

Mengenakan kacamata hitam pelindung UV yang menutupi sekitar mata dan memakai tabir surya di sekitar mata dapat membantu mencegah atau mengurangi lingkaran hitam.

Berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat mempercepat proses penuaan tubuh dan dapat meningkatkan risiko lingkaran hitam.

Cara mengatasi mata panda 

Demi menghilangkan mata panda ini, kamu bisa mengatasinya dengan dua cara yaitu menggunakan bahan-bahan alami atau menggunakan perawatan medis. 

Cara alami 

Perawatan untuk lingkaran mata hitam tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Namun, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu mengatasi kondisi ini. Beberapa metode yang lebih umum meliputi: 

Gunakan kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar. Kondisi ini bisa mengurangi tampilan bengkak dan membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. 

Bungkus beberapa es batu dengan waslap bersih dan kompres pada mata. Kamu juga bisa membasahi waslap dengan air dingin lalu kompres ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk hasil yang efektif. Ulangi proses ini jika kain menjadi hangat atau jika es mencair.

Kualitas tidur yang baik

Tidur juga dapat membantu mengurangi munculnya mata panda. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit tampak pucat, sehingga lingkaran hitam menjadi lebih jelas. Pastikan kamu bisa tidur selama tujuh hingga delapan jam istirahat untuk mencegah lingkaran hitam muncul.

Posisi tidur

Meskipun kurang tidur dapat berperan dalam menghasilkan kantong hitam di bawah mata, namun tanpa disadari hal itu juga bisa disebabkan akibat posisi tidur yang kurang tepat. 

Angkat kepala dengan beberapa bantal untuk mencegah cairan menggenang di bawah mata yang dapat membuatnya terlihat bengkak.

Rendam dengan kantong teh

Menerapkan kantong teh dingin ke mata dapat meningkatkan penampilannya. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi retensi cairan di bawah kulit.

Rendam dua kantong teh hitam atau hijau dalam air panas selama lima menit. 

Biarkan dingin di lemari es selama 15 hingga 20 menit. Setelah dingin, tempelkan teh celup ke mata yang tertutup selama 10 hingga 20 menit. Setelah dikeluarkan, bilas mata kamu dengan air dingin.

Perawatan medis

Untuk solusi yang lebih efektif dan permanen, beberapa perawatan medis tersedia untuk mengurangi munculnya lingkaran hitam. Metode yang umum dilakukan banyak orang yaitu:

  • Pengelupasan kimiawi untuk mengurangi pigmentasi.
  • Operasi laser untuk melapisi kembali kulit dan meningkatkan pengencangan kulit.
  • Tato medis untuk menyuntikkan pigmen ke area kulit yang menipis.
  • Pengisi jaringan untuk menyembunyikan pembuluh darah dan melanin yang menyebabkan perubahan warna kulit di bawah mata.
  • Menghilangkan lemak berlebih pada kulit, menampilkan permukaan yang lebih halus dan lebih rata.
  • Implan bedah dari produk lemak atau sintetis.

Sebelum memutuskan prosedur kosmetik apapun, sangat dianjurkan mendiskusikan pilihan yang terbaik dengan dokter. Perawatan medis invasif bisa mahal, menyakitkan, dan seringkali membutuhkan waktu pemulihan yang lama.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 30 April 2021. What Causes Dark Circles Under Your Eyes?
  2. Mayoclinic.org (2019) diakses pada 30 April 2021. Bags under eyes
  3. Medicalnewstoday.com (2019) diakses pada 30 April 2021. What causes dark circles under the eyes?
  4. Everydayhealth.com (2012) diakses pada 30 April 2021. Is Insomnia Causing Your Dark Circles?  
    register-docotr