Info Sehat

Apa Kamu Menderita Diare? Ini 3 Buah Sehat untuk Kamu Konsumsi!

January 2, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Pada dasarnya, penderita diare diharuskan lebih selektif dalam mengonsumsi makanan. Beberapa buah-buahan memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diare, namun bukan berarti penderita diare tidak boleh mengonsumsi buah.

Nah, agar kamu mengetahui apa saja daftar buah untuk diare yang baik dikonsumsi, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Alami Sakit Perut Karena Makan Pedas? Ini Penyebabnya!

Buah untuk diare yang baik dikonsumsi

Diare adalah suatu kondisi yang ditandai dengan feses yang encer, berair, serta frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering. Diare sendiri dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti sakit perut, kembung, atau bahkan mual.

Terdapat beberapa buah yang bisa menambah energi pada penderita diare, Berikut adalah beberapa jenis buah untuk penderita diare:

1. Pisang baik untuk diare

Memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna menjadikan pisang sebagai buah untuk diare yang baik untuk dikonsumsi.

Pisang merupakan salah satu makanan yang termasuk dalam BRAT diet, yakni makanan yang seringkali direkomendasikan untuk mengobati gangguan pada sistem pencernaan, seperti diare.

Pisang adalah sumber potasium yang baik, yakni mineral yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang ketika mengalami diare.

Di sisi lain, pisang juga mengandung pektin, serat larut air yang dapat membantu menyerap kelebihan cairan di usus, sehingga dapat mengurangi frekuensi diare.

2.  Apel

Selain pisang, buah yang baik dikonsumsi untuk penderita diare lainnya adalah apel. Sama halnya seperti pisang, apel juga mengandung pektin, yang mana dapat membantu memadatkan feses.

Perlu diketahui, apel bukan hanya dapat membantu mengobati diare saja, melainkan juga sembelit. Apel terdiri dari 64 persen serat tidak larut dan 32 persen serat larut. Serat larut sendiri ditemukan di bagian dalam apel, yakni daging buah. Sedangkan, serat tidak larut terdapat di kulit apel.

Bagi penderita diare, cara terbaik untuk mengonsumsi apel adalah tanpa kulit. Sebab, serat larut yang terdapat dalam apel dapat membantu membentuk konstitensi seperti gel pada feses serta mengatur pencernaan.

Agar apel lebih mudah unuk dicerna, kamu dapat menjadikannya sebagai jus apel tanpa gula atau saus apel.

Baca juga: Flu Perut (Gastroenteritis)

3. Kelapa

Buah untuk diare selanjutnya adalah kelapa. Air kelapa kaya akan elektrolit yang dapat membantu mengisi kembali cairan serta nutrisi yang hilang dari dalam tubuh.

Perlu kamu tahu, selain feses yang encer, dehidrasi merupakan masalah utama pada penderita diare yang dapat terjadi akibat kehilangan cairan.  

Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 46 kalori, 2 gram protein, 9 gram karbohidrat, 600 mg potasium, serta 252 mg sodium.

Melansir dari laman Livestrong.com, sebuah studi pada tahun 2005 menemukan bahwa kelapa memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri bawaan makanan, seperti Shigella dan Salmonella.

Meskipun penelitian menunjukkan kelapa dapat membantu meredakan diare, tetapi masih diperlukan banyak penelitian pada manusia.

Makanan yang harus dihindari bagi penderita diare

Setelah mengetahui daftar buah untuk diare, kamu juga perlu mengetahui makanan atau minuman apa saja yang sebaiknya dihindari ketika mengalami diare.

Nah, berikut ini adalah makanan dan minuman yang dianggap bisa memperburuk gejala diare yang harus dihindari.

  • Susu maupun produk susu
  • Makanan yang digoreng, berlemak, serta berminyak
  • Makanan pedas
  • Makanan olahan
  • Sayur mentah
  • Buah-buahan sitrus
  • Kopi, soda, minuman berkafein atau berkarbonasi lainnya
  • Pemanis buatan
  • Jagung
  • Bawang

Nah, itulah beberapa informasi mengenai buah untuk diare. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar buah-buahan atau makanan bagi penderita diare, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 21 Desember 2020. What to Eat When You Have Diarrhea 

Healthline (2020). Diakses pada 21 Desember 2020. BRAT Diet: What Is It and Does It Work?

Livestrong.com. Diakses pada 21 Desember 2020. Coconut to Stop Diarrhea 

Times of India (2020). Diakses pada 21 Desember 2020. Apples can relieve constipation and diarrhoea both, just have to be eaten differently 

 

 

    Berita Terkait
    register-docotr