Info Sehat

Ini Lho Berbagai Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

October 12, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Hampir semua penyakit meminta kamu untuk menjaga asupan makanan, tidak terkecuali hipotensi. Selain memperbanyak garam, konsumsi buah untuk darah rendah juga baik untuk penderita hipotensi.

Hipotensi atau tekanan darah rendah merupakan kondisi saat pengukuran tekanan darah kamu berada di bawah 90/60 mm Hg. Jika hipotensi berlangsung dalam periode yang pendek, maka kondisi ini bukan masalah kesehatan serius, beda halnya dengan hipotensi yang berlangsung lama.

Beberapa makanan dan buah yang aman untuk darah rendah bisa kamu konsumsi jika kamu mengatasi penyakit ini. Khusus buah, inilah buah untuk tekanan darah rendah yang bisa kamu andalkan:

Buah tomat untuk darah rendah

Sebuah kajian dari Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau menyebut tomat sebagai buah yang baik untuk penderita darah rendah. Dalam penelitian ini, para peneliti memakai jus tomat yang diberikan kepada 50 responden yang menderita hipotensi.

Para penderita hipotensi diminta untuk mengonsumsi selama 7 hari untuk kemudian dilakukan pengukuran tekanan darah di hari terakhir. 

Hasilnya, terdapat peningkatan tekanan darah yang signifikan yang dialami oleh para responden. Hal ini menunjukkan jika buah tomat baik dikonsumsi pengidap darah rendah.

Kandungan tomat yang membuatnya ramah terhadap penderita hipotensi adalah flavonoid, likopen serta garam. Itu sebabnya dengan kandungan garam yang tinggi ini tomat tidak direkomendasikan bagi penderita hipertensi.

Buah dengan kandungan air tinggi untuk tekanan darah rendah

Memastikan tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi) merupakan salah satu cara untuk menghindari dan mengatasi hipotensi. Karena itu, diperlukan buah dengan kandungan air tinggi untuk dikonsumsi penderita hipotensi, di antaranya adalah:

Buah semangka

Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi. Situs kesehatan Healthline mencatat setidaknya terdapat 92 persen air yang dikandung buah ini.

Dalam satu sajian semangka dengan berat 154 gram, terdapat 118 ml air. Semangka pun kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A dan magnesium.

Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori yang rendah. Itu berarti, kalau kamu makan semangka dalam porsi yang banyak pun kalorinya tetap tidak akan tinggi.

Semangka juga memiliki kandungan likopen yang merupakan antioksidan yang kuat. Komponen ini dapat mereduksi kerusakan oksidatif di dalam sel yang selama ini banyak dikaitkan dengan penyakit jantung dan diabetes.

Buah strawberry

Ditinjau dari kandungan airnya yang mencapai 91 persen, buah strawberry baik untuk dikonsumsi penderita darah rendah.

Dengan mengonsumsi strawberry, maka kebutuhan air harian dalam tubuh pun akan terbantu pemenuhannya. Tidak hanya itu, strawberry pun kaya akan antioksidan, vitamin C, folat dan mangan.

Jika kamu bosan memakan strawberry mentah, kamu bisa menjadikannya smoothies atau dibuat menjadi salad. Strawberry pun bisa dijadikan tambahan untuk sandwich.

Baca Juga: Benarkah Buah Bit Bermanfaat untuk Atasi Darah Rendah? Cek Faktanya!

Buah yang mengandung folat untuk darah rendah

Selain air, salah satu komponen penting untuk mengatasi darah rendah adalah folat. Karena komponen ini penting untuk mencegah anemia, salah satu penyebab darah rendah.

Ditinjau dari kandungan folatnya, berikut ini adalah buah untuk penderita hipotensi:

Jeruk

Situs kesehatan Blank Children’s Hospital mencatat kandungan folat dalam satu buah jeruk  bisa mencapai 40-50 mcg. Jumlah tersebut sama dengan 10 persen kebutuhan harian tubuh.

Tidak hanya folat, jeruk pun kaya akan potasium yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Setidaknya dalam satu gelas jus jeruk terdapat 14 persen potasium harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Situs kesehatan MedicalNewsToday menyebut asupan potasium yang tinggi mampu menurunkan risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

Selain itu, jeruk pun kaya akan kandungan air, dengan mengantungi kandungannya mencapai 88 persen. Seperti yang sudah disebutkan di atas, semakin tinggi asupan air, maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi yang berujung darah rendah.

Mammy apple

Berdasarkan laman NutritionData, dalam satu buah mammy apple terdapat 118 mcg folat. Jumlah ini sama dengan atau sama dengan 30 persen kebutuhan harian.

Buah ini juga kaya akan vitamin C yang mencapai 118 mg dalam satu buah mentahnya. Vitamin C yang tinggi dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan.

Demikianlah buah yang bisa dikonsumsi untuk penderita hipotensi jika dilihat dari kandungannya. Jaga terus asupan buah dan sayuran kamu, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. MedicalNewsToday, diakses 09 Oktober 2020. What to eat with low blood pressure
  2. Healthline, diakses 09 Oktober 2020. Raise Low Blood Pressure Naturally Through Diet
  3. WebMD, diakses 09 Oktober 2020. Understanding Low Blood Pressure — the Basics
  4. Healthline, diakses 09 Oktober 2020. 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated
  5. Media Neliti, diakses 09 Oktober 2020. EFEKTIVITAS PEMBERIAN JUS TOMAT TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPOTENSI
  6. Nutrition Data, diakses 09 Oktober 2020. Mammy-apple, (mamey), raw Nutrition Facts & Calories
  7. MedicalNewsToday, diakses 09 Oktober 2020. What to know about orange
  8. Blank Children’s Hospital, diakses 09 Oktober 2020. 18 Foods Filled with Folate Every Woman Should Know
    Berita Terkait
    register-docotr