Info Sehat

Berbagai Cara Alami untuk Mengatasi dan Mencegah Tumbuhnya Uban

October 28, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Rambut mulai beruban seringkali membuat percaya diri berkurang. Padahal perubahan warna rambut menjadi abu-abu atau putih adalah hal yang alami. Munculnya uban dapat terjadi seiring bertambahnya usia.

Semakin tua, pigmen rambut akan semakin berkurang, dan ini akan dialami oleh setiap orang. Jika kamu termasuk orang yang tidak nyaman dengan rambut beruban, berikut beberapa cara untuk mengatasinya secara alami.

Berbagai cara mengatasi uban dengan cara alami

Beberapa orang menganggap uban membuat mereka terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Karenanya, mereka berusaha untuk menutupi uban dengan berbagai cara. Berikut cara-cara alami yang bisa membantumu mengatasi warna rambut yang mulai berubah menjadi abu-abu.

Mengubah gaya hidup

Tahukah kamu uban bisa muncul lebih cepat jika gaya hidupmu tidak sehat? “Stres, merokok dan pola makan tidak seimbang adalah beberapa alasan mengapa kita mengalami munculnya uban lebih cepat,” ujar Caleb Backe, seorang ahli nutrisi, seperti dikutip dari situs Healthline.

Karenanya, jika ingin uban berkurang dan rambut kembali hitam, kamu perlu mengubah gaya hidup dengan melakukan:

  • Berhenti merokok: Karena merokok selain dapat memicu risiko penyakit seperti kanker juga dapat merusak dan mengecilkan folikel rambut dan memengaruhi pertumbuhan uban.
  • Makan seimbang: mulailah makan makanan bernutrisi seimbang dan dapatkan vitamin (Vitamin B, B12, D, E, A) serta mineral (zinc, zat besi, magnesium, selenium dan tembaga) yang cukup.
  • Melindungi rambut dari sinar matahari: sebaiknya gunakan topi atau pelindung lainnya saat melakukan kegiatan di luar ruangan.
  • Berhenti gaya hidup yang merusak rambut: seperti sering menggunakan alat styling rambut, menggunakan produk sampo yang keras, bleaching atau memutihkan rambut dan menggunakan sisir yang kurang tepat.

Menggunakan bahan-bahan alami

Menggunakan herbal atau tumbuhan alami dapat membantu mengembalikan warna rambut seperti semula. Beberapa yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • Minyak kelapa: gunakan setiap hari sebelum tidur, oleskan ke seluruh rambut dan biarkan hingga keesokan pagi baru kemudian cuci rambut seperti biasa.
  • Jahe: Kamu butuh memarut jahe sebanyak satu sendok teh dan dicampur dengan madu. Konsumsi setiap hari untuk membantu mengatasi pertumbuhan uban.
  • Olahan tebu yang disebut molase blackstrap: Mengonsumsinya satu sendok makan setiap hari diyakini dapat mengatasi pertumbuhan uban.
  • Amla atau phyllanthus emblica: Di Indonesia buah ini juga disebut malaka. Cobalah minum enam ons jus malaka setiap hari atau gunakan minyak malaka pada rambut untuk mengatasi uban.
  • Biji wijen hitam: Biji wijen dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan uban jika dikonsumsi sebanyak satu sendok makan, dua hingga tiga kali seminggu.
  • Ghee atau mentega yang dimurnikan: Oleskan pada rambut dengan merata dan pijat lembut. Lakukan dua kali seminggu untuk mengatasi munculnya uban.
  • Bawang bombay: Meski aneh, tapi khasiatnya dipercaya ampuh mengatasi uban. Caranya, haluskan bawang bombay dan gosok ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya. Lakukan dua kali seminggu.
  • Jus wortel: Bukan cuma baik untuk kesehatan mata, mengonsumsi jus wortel setiap hari baik untuk rambut hitammu juga, loh.
  • Enzim katalase: Cobalah mengonsumsi makanan yang kaya enzim katalase seperti bawang putih, kol, ubi, brokoli, dan kacang almond.
  • Minyak almond: Oleskan minyak almond yang sudah dicampur jus lemon dan jus malaka ke seluruh permukaan rambut. Lakukan dua kali sehari selama tiga bulan untuk mendapat hasil maksimal.
  • Rosemary: Mencampur rosemary dalam makanan tentu sudah biasa, kini kamu perlu mencampur 8 ons rosemary kering dengan minyak zaitun extra virgin ke dalam satu toples. Kemudian tunggu hingga 4-6 minggu. Kemudian gunakan sebagai minyak rambut.

Menggunakan pewarna rambut alami

Ada beberapa sumber makanan yang ternyata juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami. Walaupun tidak secepat pewarna berbahan kimia, pewarna alami ini bisa kamu coba untuk menutupi uban.

Lakukan pewarnaan rambut beberapa kali hingga hasilnya memuaskan, menggunakan bahan-bahan berikut:

  • Rambut pirang: teh bunga kamomil, kulit lemon, bunga marigold
  • Rambut merah: jus bit, jus wortel dan kelopak mawar
  • Rambut coklat: kopi, kayu manis
  • Rambut hitam: kenari hitam, teh hitam, daun sage, jelatang

Dua resep pewarna rambut lainnya yang bisa kamu coba:

  • Menggunakan lada hitam: campur satu sendok lada hitam yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok teh jus lemon ke dalam setengah cangkir yoghurt tawar. Oleskan ke rambut dan biarkan selama satu jam sebelum dibilas. Lakukan tiga kali dalam seminggu.
  • Gunakan daun lawsonia inermis (henna): gunakan daun yang sudah berbentuk bubuk. Campur dengan secangkir teh hitam atau kopi. Diamkan selama 6 jam, tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun extra virgin dan oleskan ke rambut. Bilas setelah 1-3 jam.

Meski dapat diatasi, tapi kamu juga harus mengingat jika uban adalah hal alami yang tidak mungkin bisa dicegah seterusnya. Apalagi menurut penelitian, di usia 50 tahun, separuh orang akan memiliki separuh rambut yang beruban. Demikian tips mengatasi uban dengan cara-cara alami.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 27 Oktober 2020
15 Facts That Will Change Everything You Think About Going Gray
Healthline, diakses 27 Oktober 2020
Home Remedies for Gray Hair
DoctorNDTV, diakses 27 Oktober 2020
Amazing Home Remedies To Cover Your Grey Hair Naturally

    register-docotr