Info Sehat

Berapa Lama Sih Kita Boleh Merendam Teh Celup?

May 21, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Berapa lama biasanya kamu membiarkan teh celup berada di dalam air panas sebelum meminumnya? Atau bahkan kamu tetap membiarkan kantong tersebut di dalam gelas sampai kamu habis mengonsumsinya?

Nah sebenarnya, berapa lama ya kita boleh merendam atau mencelupkan kantong teh celup di dalam air. Apakah ada bahayanya jika kita terlalu lama merendamnya?

Mari simak jawabannya pada ulasan terkait kantong teh celup berikut ini ya!

Berapa lama boleh menyeduh teh celup?

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat membiarkan teh celup terendam air panas selama 3 hingga 5 menit.

Jika kamu ingin rasa teh yang lebih kuat dan pekat, jangan menambah waktu perendaman. Tapi, tambahkan jumlah kantong teh celupnya.

Jadi rendam 2 sampai 3 kantong sekaligus. Menggunakan metode ini juga dapat memberikan rasa yang lebih kuat, karena menawarkan sirkulasi air yang lebih baik di sekitar teh.

Jangan rendam teh celup terlalu lama

Jangan biarkan kantong teh celup terendam di dalam air lebih dari enam menit. Setelah teh direndam dalam air panas dalam waktu yang lama, ia mulai melepaskan tanin.

Tanin ini menambah rasa pahit, yang menurut banyak orang tidak menyenangkan. Tanin dalam teh sering memiliki efek positif pada kesehatan, dan seperti kebanyakan zat lainnya, paling sehat dalam jumlah sedang.

Telah dibuktikan bahwa tanin memiliki sifat antimikroba dan bekerja secara efektif melawan banyak bakteri, jamur, dan virus. Selain itu, mereka bekerja dengan baik dalam mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Durasi terbaik merendam teh celup berdasarkan jenisnya

Selain soal durasi waktu perendaman, temperatur dan jenis teh yang kamu buat juga berpengaruh.

Berikut beberapa tips soal berapa lama sebaiknya kamu menyeduh teh berdasarkan jenisnya:

1. Teh hitam

Jika kamu menyeduh teh hitam, waktu terbaik adalah 5 menit dengan suhu air sekitar 96,1 hingga 98,9 derajat Celcius.

Teh hitam sangat baik untuk kesehatan jantung. Dikatakan bahwa efek antipenuaannya lebih dari bawang putih dan wortel. Biasanya, semakin lama direndam, semakin sehat.

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki rasa “berumput” yang khas, dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti pencegahan kanker hingga pencegahan penyakit jantung.

Biasanya, seduhan selama kurang lebih 2 hingga 3 menit sudah cukup. Teh hijau tidak membutuhkan waktu lama untuk diseduh. Suhu air yang tepat untuk seduhan adalah 80 hingga 85 derajat Celcius.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kamu bisa mendapatkan lebih banyak polifenol semakin lama kamu membiarkan teh diseduh, tetapi 5 menit adalah batas maksimal.

3. Teh putih

Untuk merendam teh putih, kamu hanya membutuhkan 30 hingga 60 detik perendaman kantong teh. Dan untuk suhu air seduhannya, antara 80 hingga 85 derajat Celcius.

Teh putih umumnya punya rasa yang ringan dan manis. Namun ia memiliki lebih sedikit kafein dibandingkan varietas lainnya. Dibandingkan dengan teh hijau, ia memiliki antioksidan pelawan kanker yang lebih aktif.

4. Teh oolong

Teh oolong populer sebagai pilihan minuman penurun berat badan dan punya khasiat untuk kecantikan. Jenis teh ini juga punya rasa yang segar dan harum

Untuk waktu perendaman teh oolong, cukup direndam selama 3–5 menit. Untuk suhu air seduhan dan waktu perendaman, harus disiapkan dengan air 85 sampai 96 derajat Celcius (tidak mendidih).

Oolong harus dipanaskan sampai di bawah mendidih. Kamu juga bisa membiarkan air mendidih dan kemudian mendingin selama sekitar satu menit sebelum menambahkan teh.

5. Teh herbal

Kini ada juga jenis teh herbal yang datang dalam kemasan celup. Teh herbal biasanya dibuat dari campuran bunga dan tumbuhan seperti kamomil dan jahe. 

Karena bahan-bahannya bervariasi, begitu pula waktu dan suhu pembuatan teh celup herbal ini. Kamu dapat mengikuti panduan yang ada pada kemasan produk, karena mungkin teh herbal juga punya banyak jenis tersendiri.

Waktu yang tepat untuk menyeduhnya adalah 5-7 menit, dan suhu air untuk seduhan harus 96,1 derajat Celcius.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Ecooe. Diakses pada 20 Mei 2021. What Happens if You Leave A Tea Bag in too Long

Ecooe. Diakses pada 20 Mei 2021. Tea 101: How Long Should You Steep Tea

Mental Floss. Diakses pada 20 Mei 2021. How Long to Steep Your Tea, According to Science

Leaf. Diakses pada 20 Mei 2021. How Long Should Tea Bags Be Left in Water?

Tree hugger. Diakses pada 20 Mei 2021. How Long Should You Steep Tea?

    register-docotr