Info Sehat

Benarkah Konsumsi Air Selada Bisa Membuat Tidur Lebih Berkualitas?

June 19, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan tentang cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas hanya dengan mengonsumsi air selada. Namun, apakah tren baru yang sedang beredar luas di media sosial ini benar? Simak penjelasannya yuk!

Apa itu air selada?

Air selada yang dimaksud yakni sisa cairan setelah seduhan daun selada dalam air panas. Jika tahu cara membuat secangkir teh, maka kamu dapat dengan mudah mengikuti tren air selada ini.

Beberapa orang bahkan memasukkan peppermint, chamomile, atau teh bebas kafein serta teh pendukung tidur lainnya untuk membantu membuatnya terasa lebih menggugah selera.

Apakah minum air selada dapat membuat tidur lebih berkualitas?

Dari beberapa sayuran atau buah sebagai pilihan lainnya, mengapa hanya selada yang bisa membuat tidurmu lebih berkualitas jika diminum bersamaan dengan air?

Melansir penjelasan dari laman Very Well Health, selada tertentu, seperti romaine, secara alami mengandung fitonutrien yang disebut lactucarium. 

Kandungan lactucarium tersebut kadang-kadang disebut sebagai “opium selada” karena efeknya yang menenangkan dan merangsang seseorang untuk tidur nyenyak. 

Penelitian tentang air selada dan tidur berkualitas

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Science and Biotechnology, para peneliti menyimpulkan bahwa selada romaine sebenarnya adalah sumber pendukung tidur dan mengandung antioksidan yang melindungi dari stres yang disebabkan oleh gangguan tidur.

Kemudian dalam penelitian lain, juga dilakukan pada hewan dan peneliti menemukan bahwa selada romaine membantu meningkatkan durasi tidur.

Meskipun ada beberapa penelitian yang menyoroti efek selada pada tidur, sampai sekarang tidak ada uji klinis yang dirancang dengan baik pada topik yang dilakukan dengan manusia sebagai subjek. 

Dan sampai itu tersedia, disarankan untuk mengambil klaim apapun tentang air selada dengan sebutir garam. Dengan demikian, minum air selada kemungkinan tidak akan membahayakan.

Ada juga perhatian khusus bagi orang yang menggunakan atau mengonsumsi obat pengencer darah, perlu kamu ketahui bahwa air selada berpotensi menimbulkan interaksi berbeda dengan obat tersebut. 

Oleh sebab itu, bagi kamu yang mengonsumsi beberapa obat-obatan, ada baiknya untuk selalu lakukan kontrol ke dokter sebelum mencoba air selada. Tujuannya, agar terhindar dari komplikasi yang bisa mengganggu kesehatan tubuh lainnya. 

Cara mendapatkan tidur yang berkualitas

Tidak ada obat tidur yang ampuh secara instan. Tentu saja harus melewati beberapa proses untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Seperti dilansir dari laman Very Well Health, berikut ini beberapa tips agar mendapatkan tidur yang berkualitas: 

  • Pastikan suasana kamar tenang dan santai.
  • Jaga kamar tidur pada suhu yang sejuk.
  • Batasi paparan cahaya terang (terutama yang dipancarkan oleh layar) di malam hari.
  • Hindari mengonsumsi kafein dan alkohol menjelang waktu tidur.
  • Jaga agar kamar tidur tetap gelap saat waktunya tidur dan jangan biarkan TV menyala.

Jika ingin menambahkan minuman atau makanan ke dalam diet untuk mendukung suasana tidur, beberapa opsi yang didukung oleh penelitian yaitu: 

  • Jus ceri asam3. 
  • Makanan dan suplemen yang kaya magnesium.
  • Teh chamomile dan ekstrak chamomile.
  • Akar valerian.

Dan jangan meremehkan kekuatan efek plasebo. Tindakan sederhana minum secangkir air selada hangat dapat membuat otak berpikir bahwa itu membantu tidur sehingga menyebabkan tubuh bisa cepat tertidur dan beristirahat.

Baca juga: Mengenal Sleep Hygiene: Metode Ampuh Mengatasi Masalah Insomnia

Apakah ada risiko kesehatan jika minum air selada?

Sebenarnya, minum air selada tidak berbahaya. Namun, jika kamu melakukannya untuk membantu tidur, perhatikan kuantitasnya.

Minum terlalu banyak cairan tepat sebelum tidur sebenarnya dapat menyebabkan gangguan tidur, karena kamu justru akan perlu ke kamar mandi beberapa kali di tengah malam. 

Juga, pastikan mencuci selada sebelum membuat minuman panas dari olahan tersebut, sama seperti kamu harus mencuci selada secara menyeluruh sebelum memakannya dalam salad.

Alasan orang-orang mengaku timbul rasa mengantuk setelah minum air selada adalah efek plasebo. Artinya banyak orang yang berbagi tentang kantuk yang disebabkan oleh air selada dan juga terpengaruh oleh keyakinan mereka bahwa hal itu berhasil.

Meskipun tren ini tidak akan merugikan jika mencobanya, tetapi sebenarnya ada pilihan alami lainnya yang lebih baik dan efektif untuk menginduksi tidur daripada minum air selada yang dibuat hanya dengan beberapa daun selada.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Verywellhealth.com (2021) diakses pada 18 Juni 2021. TikTokers Are Drinking Lettuce Water to Sleep Better. Does It Work?
  2. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2017) diakses pada 18 Juni 2021. Sleep-inducing effect of lettuce ( Lactuca sativa) varieties on pentobarbital-induced sleep
  3. Everydayhealth.com (2021) diakses pada 18 Juni 2021. Can Lettuce Water Actually Help You Sleep?

 

    register-docotr