Info Sehat

Hati-Hati, Bukannya Rapi Behel Lepas Pasang Malah Bikin Gigi Berantakan!

December 5, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Saat ini tak hanya behel normal, banyak orang juga lebih memilih menggunakan behel lepas pasang. Namun apakah kawat gigi lepas pasang lebih efektif?

Serta apa saja kekurangan dan kelebihannya? Simak yuk penjelasannya. 

Apa itu behel?

Dilansir dari WebMD, behel atau yang disebut juga sebagai kawat gigi adalah peralatan gigi yang membantu memperbaiki masalah pada bentuk gigi. Contohnya seperti gigi berjejal, gigi bengkok, atau gigi yang tidak sejajar. 

Banyak orang melakukan pemasangan kawat gigi ketika memasuki usia remaja, tetapi orang dewasa juga mendapatkannya. Saat kamu memakainya, kawat gigi perlahan-lahan meluruskan dan menyelaraskan gigi sehingga mendapatkan gigitan yang normal.

Beberapa orang memasang kawat gigi juga untuk menyesuaikan dengan senyum mereka. Kemudian perlu juga kamu ketahui bahwa behel ada dua jenis yaitu permanen dan sementara atau behel lepas pasang.

Behel lepas pasang ini saat ini sering digunakan oleh para anak muda di Indonesia.

Apakah behel lepas pasang lebih efektif merapikan gigi?

Seperti kamu ketahui bahwa behel adalah alat yang seharusnya dipasang secara cekat dan hanya bisa dilepas dan dipasang oleh dokter gigi. Namun, sekarang banyak pihak yang menjual satu set behel, dengan klaim yang menyebutkan bahwa alat ini mudah dipasang dan dilepas sendiri.

Kawat gigi yang dipasang permanen, pada umumnya terdiri dari bracket (bagian berbentuk kotak berukuran kecil yang ditempelkan di permukaan gigi), kawat, karet, dan cincin yang dikaitkan ke gigi geraham.

Tujuan penggunaan beberapa alat tersebut berfungsi untuk merapikan bentuk gigi. 

Bukannya efektif, ternyata behel lepas pasang lebih berbahaya ketimbang behel normal yang dipasang secara permanen.

Kekurangan behel lepas pasang

Berikut ini deretan bahaya kawat gigi lepas pasang:

1. Bisa membuat gigi semakin berantakan 

Pemasangan kawat gigi itu bukanlah hal yang sederhana. Ada berbagai perhitungan yang perlu dilakukan, termasuk jarak antara bracket dengan gusi, diameter jenis kawat, hingga jenis karet yang digunakan.

Salah memasang bracket beberapa milimeter saja, bisa membuat gigi bergeser ke arah yang salah. Tak hanya seputar itu saja, namun juga soal jarak pemasangan bracket pun dibedakan antara satu gigi dengan gigi lainnya.

Pada gigi yang miring, aturan pemasangan bracketnya pun akan berbeda dari gigi yang lebih maju atau lebih mundur.

2. Picu berbagai penyakit 

Pemakaian kawat gigi lepas pasang ini juga bukan hanya soal susunan gigi loh. Behel lepas pasang bisa saja memiliki kawat dengan ujung tajam dan menusuk ke pipi bagian dalam atau gusi. 

Apabila hal itu sudah terjadi, besar kemungkinan kamu akan mengalami sariawan. Pada kondisi yang parah, luka juga dapat terjadi di dalam rongga mulut, bahkan hingga bisa memicu traumatik keratosis.

Kemudian pada umumnya, pemakaian behel normal selalu ada perawatan khusus untuk sikat gigi dan teknik membersihkan kawat gigi. Hal itu tentunya harus dilakukan dengan dokter. Namun bagaimana perawatan pada behel lepas pasang? Kamu harus kontrol pada siapa?

3. Perawatan yang kurang maksimal

Kawat gigi adalah alat yang hanya bisa digunakan jika ada indikasi medis dan diagnosis dari dokter gigi. Menggunakan kawat gigi hanya untuk fashion, sama halnya seperti menggunakan tongkat padahal bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Inilah Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Menggunakan Behel

Kelebihan kawat gigi lepas pasang

Selain deretan kekurangan seperti di atas, memang benar adanya kelebihan lain yaitu lebih murah. Jika berbicara soal harga tentu saja harga behel lepas pasang jauh lebih murah. 

Namun, dengan berbagai konsekuensi yang bisa muncul, di kemudian hari mungkin kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih besar loh akan lebih baik konsultasikan dulu keadaan giginya ke dokter gigi ya.

Beberapa contoh biaya tambahan yaitu untuk memperbaiki susunan gigi yang semakin berantakan, mengobati gusi yang meradang, hingga gigi yang berlubang akibat behel lepas pasang.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com (2020) diakses pada 22 November 2020. Braces
  2. Oralb.com (2020) diakses pada 22 November 2020. TYPES OF BRACES 

 

    register-docotr