Info Sehat

Bau Mulut Karena Gigi Berlubang? Ini Peyebab dan Cara Mengatasinya!

May 24, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bau mulut bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk karena gigi berlubang. Kondisi ini tentu perlu diatasi, karena gigi berlubang bisa merusak gigi bahkan menyebabkan penyakit yang lebih serius.

Baca juga: Bukan Cuma Dehidrasi! Ini Penyebab Mengapa Mulut Kamu Terasa Kering

Apa saja penyebab bau mulut?

Hampir setiap orang pernah menderita bau mulut dalam hidupnya. Pasalnya, penyebab kondisi ini sangat beragam. Di antaranya adalah:

  • Gigi berlubang
  • Mulut kering
  • GERD
  • Masalah kesehatan seperti diabetes, gagal ginjal, lever, tukak lambung, dan sumbatan di usus
  • Makanan berbau tajam
  • Merokok

Penyebab bau mulut karena gigi berlubang

Bakteri merupakan biang keladi bau mulut. Bakteri dapat bersembunyi dan sulit untuk dibersihkan ketika kamu menggosok gigi sekalipun.

Nah, bakteri penyebab bau mulut ini merupakan bakteri yang menghasilkan sulfur yang umumnya berada di permukaan lidah dan tenggorokan. Bakteri ini terkadang memecahkan protein dalam jumlah besar dan melepaskan komponen sulfur yang mudah menguap. 

Ketika makanan dan bakteri menumpuk di gigi, maka akan terbentuk plak. Selanjutnya bakteri di dalam plak akan menghasilkan asam yang memiliki kemampuan untuk mengikis email di permukaan gigi.

Email sendiri merupakan lapisan keras yang melindungi gigi dari pelapukan atau pembusukan. Ketika email ini melemah, maka risiko gigi berlubang pun akan meningkat.

Penyebab bakteri berkembang ketika gigi berlubang

Setiap orang memiliki risiko jika membiarkan bakteri berkembang. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi berlubang, di antaranya:

  • Terlalu banyak makan makanan dan minuman yang manis atau asam
  • Memiliki kebersihan gigi dan mulut yang buruk, seperti jarang sikat gigi atau menggunakan kawat gigi
  • Tidak menggunakan pasta gigi dengan fluoride
  • Mulut yang kering
  • Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia

Gigi berlubang ini biasanya paling banyak terjadi di bagian gigi paling belakang. Pasalnya, gigi-gigi ini memiliki alur dan cekungan yang bisa menjebak makanan dan membuatnya sulit untuk dibersihkan ketika sikat gigi. Itu sebabnya bakteri banyak berkembang pada area tersebut.

Bagaimana cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang?

Cara paling mudah mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang adalah pergi ke dokter gigi. Di sana dokter bisa melihat bagian gigi mana yang bermasalah dan akan melakukan tindakan.

Beberapa tindakan yang bisa dilakukan dokter untuk mengatasi gigi berlubang adalah sebagai berikut:

  • Menambal gigi: Dokter akan mengebor bagian gigi yang berlubang agar gigi yang rusak dapat hilang kemudian mengisinya dengan material seperti perak, emas atau resin komposit
  • Memasang mahkota gigi: Untuk kerusakan gigi yang parah, dokter akan memasang material pengganti mahkota gigi asli. Sebelumnya, gigi yang sudah rusak akan dicabut terlebih dahulu
  • Perawatan saluran akar gigi: Langkah ini dilakukan ketika gigi yang berlubang menyebabkan matinya saraf di gigi. Dokter akan mengangkat jaringan saraf, pembuluh darah dan bagian gigi yang busuk

Selain tindakan di atas, beberapa hal berikut ini juga bisa direkomendasikan dokter agar bau mulut kamu bisa hilang:

Jaga kebersihan gigi

Cara yang paling dasar untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan meningkatkan kebersihan gigi. Selain bau mulut bisa hilang, perawatan gigi yang baik bisa mencegah adanya gigi berlubang yang sebabkan bau mulut.

Untuk itu, sikatlah gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride serta gunakan benang gigi untuk membersihkan sela gigi.

Jangan lupa untuk makan makanan sehat dan kurangi asupan makanan atau snack yang mengandung gula yang tinggi.

Jangan lupa untuk berkunjung ke dokter untuk melakukan pemeriksaan rutin atau perawatan gigi berlubang kamu, ya!

Berkumur dengan baking soda

Berkumur dengan baking soda bisa jadi satu alternatif yang murah dan terjangkau dibandingkan berkumur dengan mouthwash. Langkah ini pun bisa menghilangkan bau mulut yang tidak hilang sekalipun kamu sudah menggosok gigi.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang bau mulut karena gigi berlubang yang perlu kamu pahami. Selalu praktikkan kesehatan gigi dan mulut yang baik, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 21 Mei 2021. What Causes Bad Breath Even After Brushing? Remedies, Treatment
  2. Healthline, diakses 21 Mei 2021. Bad Breath (Halitosis): Causes, Symptoms, and Diagnosis
  3. Healthline, diakses 21 Mei 2021. Signs of a Cavity: What Are the Symptoms of Tooth Decay?
  4. Healthline, diakses 21 Mei 2021. Tooth Cavities: Symptoms, Causes, and Treatments A cavity, also called tooth decay, is a hole that
  5. BetterHealth Channel, diases 21 Mei 2021. Halitosis or bad breath
  6. New Hampshire Center for Comprehensive Dentistry, diakses 21 Mei 2021. DO CAVITIES CAUSE BAD BREATH?
    register-docotr