Info Sehat

Tips Memilih Alat Cek Gula Darah di Rumah

May 21, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Alat cek gula darah adalah hal yang penting untuk dimiliki, terutama bila kamu merupakan penderita diabetes. Alat ini digunakan untuk mengukur jumlah gula dalam darah sehingga membantu kamu mengontrol diabetes dengan lebih baik. 

Banyak jenis alat tes gula darah yang tersedia, mulai dari model yang dasar hingga model terbaru dengan banyak fitur dan pilihan. Dokter atau apoteker dapat membantu pasien diabetes memilih alat tes gula darah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Yuk ketahui beberapa hal berikut ini sebelum kamu memutuskan model mana yang akan dibeli.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Penggunaan Insulin yang Tepat

Memilih alat cek gula darah yang tepat

Sebelum membeli, ketahui dulu dasar penggunaan alat cek gula darah. (Foto:https://www.shutterstock.com/)

Saat memilih alat tes gula darah, penting untuk mengetahui dasar-dasar cara kerjanya.

Untuk menggunakannya, kamu harus terlebih dahulu memasukkan strip uji ke dalam perangkat. Kemudian kamu harus menusuk ujung jari yang bersih dengan jarum khusus untuk mendapatkan setetes darah.

Lalu, tempelkan strip tes ke darah dengan hati-hati dan tunggu hingga proses pengukuran gula darah muncul di layar. Jika digunakan dan disimpan dengan benar, pengukur gula darah umumnya akan akurat.

Setiap jenis alat pengukur gula darah berbeda dari segi jumlah fitur yang mereka tawarkan. Berikut ini beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih alat pengukur gula darah:

1. Memilih alat cek gula darah, pertimbangkan perlindungan asuransinya

Tanyakan kepada penyedia asuransimu mengenai perincian pertanggungan. Beberapa penyedia asuransi membatasi cakupan untuk model tertentu atau membatasi jumlah total strip tes yang diizinkan.

2. Biaya

Alat pengukur gula darah memiliki harga yang bervariasi. Pastikan untuk menghitung biaya pembelian strip tes karena orang dengan diabetes akan menggunakan banyak strip tes.

3. Kemudahan penggunaan

Beberapa alat lebih mudah digunakan daripada yang lain. Apakah meteran dan strip tes nyaman dan mudah dipegang? Bisakah kamu dengan mudah melihat angka di monitor? Cek fitur yang lainnya juga.

Baca juga: Tidak Boleh Rendah Apalagi Tinggi, Kadar Gula Darah Harus Normal

4. Fitur

Pada dasarnya, fitur utama yang harus kamu pertimbangkan saat memilih alat tes gula darah adalah sebagai berikut:

  • Keakuratan hasil tes
  • Ukuran alat
  • Ukuran sampel yang diperlukan untuk tes
  • Kemudahan prosedur tes
  • Kemampuan untuk Alternate Site Testing (AST)
  • Waktu tes cepat dan adanya hasil tes
  • Kemudahan portabilitas untuk memungkinkan tes di waktu luang
  • Tampilan mudah dimengerti
  • Pilihan memori
  • Biaya alat dan persediaannya.

Tanyakan mengenai fitur  spesial untuk memenuhi kebutuhan spesifikmu. Fitur spesial dapat mencakup tombol besar sehingga mudah digunakan, layar menyala ataupun audio yang mungkin berguna untuk orang dengan gangguan penglihatan.

5. Penyimpanan informasi

Pertimbangkan bagaimana alat pengukur gula darahmu menyimpan dan mengambil informasi. Beberapa alat dapat melacak semua yang kamu tulis dalam log, seperti waktu dan tanggal tes, hasil, dan tren dari waktu ke waktu.

Sebagian alat menawarkan kemampuan untuk berbagi hasil secara real time dengan doktermu melalui aplikasi smartphone.

Sebagian lagi menawarkan opsi untuk mengunduh hasil pengetesan ke komputer atau ke ponsel, kemudian mengirim hasil tes berupa email ke doktermu.

Perkembangan alat cek gula darah

Meskipun cara menusuk jari masih menjadi standar dalam tes gula darah, para peneliti sedang mengembangkan produk yang dirancang untuk menghilangkan rasa sakit saat melakukan tes. Berikut ini beberapa alternatif yang dapat digunakan:

  • Alternative Site Monitor

Alat ini memungkinkan penggunanya mengambil sampel darah dari area yang tidak terlalu menyakitkan daripada dari jari. Misalnya lengan, telapak tangan, atau paha. Pertimbangannya, alat ini tidak seakurat sampel dari ujung jari ketika kadar gula darah naik atau turun dengan cepat.

  • Continuous Glucose Monitoring (CGM)

Alat ini menggunakan sensor yang ditempatkan di bawah kulit untuk mengukur kadar gula darah. Kemudian mentransmisikan hasilnya ke perangkat kecil yang dikenakan di tubuhmu, smartphone, atau smartwatch.

Alat ini juga dilengkapi alarm yang dapat diatur untuk mengingatkan kadar gula dalam tubuh. Pertimbangannya, harganya yang mahal. Alat ini juga membutuhkan sensor yang harus diganti setiap 7 hingga 14 hari tergantung mereknya.

Penggunaan CGM juga masih membutuhkan pemeriksaan melalui alat pengukur gula darah tradisional untuk mengonfirmasi hasil dan memprogram perangkatnya.

Jika kamu sudah melihat semua pertimbangan ini dan masih ragu memilih alat pengukur mana yang akan dibeli, kamu juga bisa lho tanyakan rekomendasi alat ini pada dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr