Info Sehat

9 Manfaat Lobak Putih, Salah Satunya Mendukung Penurunan Berat Badan, Lho!

October 5, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Lobak adalah sayuran yang memiliki berbagai jenis dan warna. Ada lobak berbentuk bulan atau memanjang. Serta memiliki beberapa warna, seperti merah, hitam dan putih. Masing-masing jenisnya memiliki manfaat tersendiri, termasuk manfaat lobak putih.

Lobak putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lobak putih juga bagian dari jenis lobak daikon, yang berasa dari China dan Jepang. Lalu apa saja manfaat lobak putih untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Mengenal lobak putih

Lobak putih atau lobak daikon adalah salah satu jenis yang dipanen selama cuaca dingin. Itu juga sebabnya, lobak daikon sering dianggap sebagai lobak musim dingin.

Selain berwarna putih, ada juga lobak daikon yang berwarna agak keunguan, kehijauan atau merah muda. Namun umumnya, lobak ini berwarna putih.

Kandungan nutrisi lobak

Meski bisa saja ditemui dalam bentuk bulat, lonjong atau silindris, atau dalam warna yang berbeda-beda, tapi kandungan nutrisi lobak secara umum terdiri dari:

Satu lobak dengan berat sekitar 228 gram mengandung:

  • 61 kalori
  • 14 gram karbohidrat
  • 2 gram protein
  • 5 gram serat
  • 124 persen dari kebutuhan harian vitamin C
  • 24 persen dari kebutuhan harian folat
  • 9 persen dari kebutuhan harian kalsium
  • 14 persen dari kebutuhan harian magnesium
  • 22 persen dari kebutuhan harian kalium
  • 19 persen dari kebutuhan harian tembaga

Karena kandungan nutrisi tersebut, terdapat berbagai manfaat lobak putih untuk kesehatan. Berikut manfaat tersebut.

Manfaat lobak putih untuk kesehatan

1. Mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh

Lobak adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C dapat meningkatkan sistem imun tubuh, karena dapat mendorong produksi limfosit dan fagosit yang dapat melindungi tubuh dari infeksi.

2. Baik untuk kulit

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika lobak adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan Vitamin C. Vitamin C berperan penting pada pembentukan kolagen dalam tubuh.

Kolagen mampu menjaga elastisitas kulit, sehingga akan menangkal penuaan seperti munculnya kerutan atau mengendurnya kulit. Kolagen juga berperan memperbaiki sel-sel kulit saat terjadi kerusakan.

3. Manfaat lobak putih sebagai antioksidan

Vitamin C yang ada di dalam lobak juga mengandung antioksidan. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas yang terkumpul dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis termasuk penyakit jantung, kanker dan juga stroke.

4. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lobak putih lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Alasannya, lobak dianggap sebagai sayuran yang tidak mengandung tepung yang artinya rendah karbohidrat. Sehingga dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayuran non-tepung memiliki lebih sedikit lemak tubuh dan kadar insulinnya lebih rendah.

Sementara kandungan serat yang tinggi dapat mengenyangkan perut dan rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Ini tentu saja menguntungkan kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, karena akan menekan asupan lainnya namun asupan nutrisi tetap terpenuhi.

5. Makanan yang baik untuk penderita diabetes

Sebuah penelitian mengungkap mengonsumsi lobak mungkin dapat memberikan manfaat kesehatan pada penderita diabetes. Karena lobak dapat memperlambat penyerapan gula dan mengurangi kadar glikemik dari sumber makanan lain.

6. Manfaat lobak putih untuk mencegah batu empedu

Lobak diketahui mengandung senyawa yang disebut glukosinolat. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol di hati. Kemudian akan membantu mencegah terbentuknya batu empedu dalam tubuh.

7. Mengontrol tekanan darah

Manfaat lobak putih yang perlu kamu ketahui lainnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Karena lobak putih mengandung kalium yang dapat menjaga aliran darah dan ini dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah.

8. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Kandungan lobak dapat membantu pembentukan kolagen dalam tubuh. Jika jumlah kolagen mencukupi maka akan bermanfaat untuk memperkuat pembuluh darah. Jika pembuluh darah kuat dan sehat tentunya akan membantu kelancaran sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh.

9. Mendukung pembentukan sel darah merah

Manfaat berikutnya terkait dengan kandungan folat dalam lobak. Folat adalah salah satu bentuk vitamin B yang terlibat dalam pertumbuhan sel, produksi sel darah merah. Sehingga mengonsumsi lobak dapat melancarkan pembentukan sel darah merah yang sehat dalam darah.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya! Kini, semua informasi kesehatan ada di genggamanmu!

Reference

Healthline, diakses 3 Oktober 2020
What Is Daikon Radish, and What Is It Used For?
NDTV Food, diakses 3 Oktober 2020
Health Benefits of Radish

    register-docotr