Info Sehat

7 Manfaat Tidur Berpelukan dengan Pasangan, Kamu Wajib Tahu!

December 8, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Terlalu sibuk dengan berbagai kegiatan dan begitu sampai di rumah langsung ingin tidur pulas? Jangan lupa untuk memeluk pasanganmu ya. Karena ternyata, tidur berpelukan dengan pasangan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuhmu dan juga pasangan lho.

Manfaat tersebut mulai dari meningkatkan keintiman hingga membantu kamu untuk mengurangi risiko terserang penyakit tertentu. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak ulasan manfaat tidur berpelukan dengan pasangan berikut ini.

7 manfaat tidur berpelukan dengan pasangan

Yakin tidak mau tidur berpelukan dengan pasangan? Kamu akan melewatkan kesempatan mendapatkan berbagai manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan ikatan di antara pasangan

Saat berpelukan tubuh akan melepas hormon oksitosin. Ini yang akan membuat kamu dan pasangan merasa penuh kasih sayang dan terhubung. Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan oksitosin juga membantu kamu terikat dengan orang-orang di sekitarmu.

Jadi, ini bukan hanya bermanfaat untuk pasangan, tetapi berpelukan dalam makna umum dapat dilakukan dengan orang-orang di sekitar. Semakin kamu sering berpelukan dengan teman-teman terdekatmu, akan semakin dekat hubungan persahabatan kalian.

2. Membantu untuk tidur pulas

Seperti yang sudah disebutkan, berpelukan dapat membantu tubuh melepaskan oksitosin. Hormon oksitosin memberikan efek yang menenangkan sehingga membantu kamu untuk tertidur pulas. Ini juga berkaitan dengan level stres yang berkurang setelah berpelukan.

3. Meredakan stres dan kecemasan

Membelai dan memeluk pasangan serta meregangkan tubuh dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Sebab, kegiatan yang sudah disebutkan itu dapat meningkatkan dopamin dan serotonin dalam tubuh.

Keduanya memiliki peran penting untuk mengatur suasana hati seseorang. Selain itu, dopamin juga berperan mengatur rasa senang di otak manusia.

4. Membantu untuk menyampaikan emosi

Emosi di sini dalam hal yang positif. Di mana satu penelitian menegaskan bahwa sentuhan adalah cara untuk menyampaikan emosi seperti cinta, syukur dan simpati di antara orang yang saling mencintai.

Uniknya, tidak cuma untuk pasangan, tetapi sebuah penelitian pada 2009 lalu, ditemukan hasil bahwa sentuhan juga dapat membangun komunikasi emosional dengan orang asing lho.

5. Menurunkan tekanan darah

Sentuhan lewat pelukan bisa memberi efek menenangkan. Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat ini didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa berpegangan tangan dan berpelukan dalam waktu singkat dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik.

Dengan kata lain, berpelukan dengan orang tersayang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Dengan menurunkan tekanan darah, berarti menurunkan pula risiko berbagai penyakit seperti stroke dan penyakit jantung.

Dilansir dari Webmd, peneliti mengungkapkan bahwa wanita telah terbukti bisa merasakan manfaat ini. Namun, tampaknya ini juga berlaku untuk pria.

6. Sebagai pereda nyeri

Berpelukan juga dapat menjadi terapeutik, dan mungkin memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit. Dilansir dari Healthline, sentuhan terapeutik adalah metode meletakkan tangan di dekat atau atas tubuh untuk menyeimbangkan energi dan meningkatkan penyembuhan alami.

7. Memperbaiki kehidupan seksual

Manfaat terakhir dari berpelukan dengan pasangan saat tidur adalah memperbaiki kehidupan seksual. Berpelukan setelah berhubungan seks ternyata dapat meningkatkan rasa kepuasan hidup.

Kamu dan pasangan juga akan menunjukkan emosi yang positif. Dengan kata lain, berpelukan dapat meningkatkan rasa kepuasan dan memiliki manfaat untuk hubungan dengan pasangan dalam jangka yang panjang.

Hal lain yang kamu bisa coba lakukan

Bukan cuma berpelukan, tapi luangkan sedikit waktu untuk melakukan pijatan untuk pasangan sebelum tidur. Pijatan dapat mendukung manfaat pelukan yang sudah disebutkan di atas.

Selain itu, pijatan sebelum tidur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu metode yang bisa kamu coba adalah pijat Swedia. Di mana teknik pijat Swedia terbukti secara ilmiah dapat memberikan manfaat berupa:

  • Memperbanyak sel darah putih, yang bertugas melawan penyakit
  • Mengurangi arginine vasopressin, yang dapat meningkatkan hormon stres
  • Menurunkan kadar kortisol atau yang seringkali disebut sebagai hormon stres
  • Terakhir, dapat membantu menurunkan kadar sitokin, yang dapat menyebabkan peradangan.

Demikian informasi mengenai manfaat berpelukan dengan pasangan saat tidur. Semoga memberikan informasi, dan bisa dicoba bersama pasangan ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline diakses 7 Desember 2020
How to Cuddle Like You Mean It
Webmd, diakses 7 Desember 2020
Health Benefits of Cuddling

    Berita Terkait
    register-docotr